Connect with us

EDUKASI

BMKG Dan ITERA Akan Membangun Laboratorium Penelitian Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

Edupublik.com, Jakarta  Proses menindaklanjuti dari Penanda Tanganan kerja sama ini merupakan kelanjutan dari Perjanjian Pelaksana Kerja Sama (PKS) tentang Pemanfaatan Sarana dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan di Bidang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika serta pengembangan Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan pada Kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

“Badan Meteorologi, Krimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) akan membangun Laboratorium Penelitian Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika di lahan milk ITERA dua hektar. Laboratorium Penelitian Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika tersebut akan menjadi bagian dari sarana belajar mengajar di ITERA dan sekaligus bermanfaat sebagai pengamatan mateorologi, klimatologi dan geofisika, serta kegiatan penelitian di bidang cuaca, iklim dan kegempaan,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya, saat acara “Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Institutut Teknologi Sumatera (ITERA)”, di Kantor Pusat BMKG, Gedung A lantai 1, Jln. Angkasa 1 No 2 Jakarta Pusat.

Laboratorium tersebut melengkapi Pengembangan Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan pada Kampus Insritut Teknologi Sumatera, ini akan di desain dan menggunakan peralatan-peralatan pengamatan MKG sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Badan Meteorologi Dunia (WMO) yang diharapkan dapat dijadikan data rujukan bagi dunia.

“Selain itu, di dalam kerja sama ini, BMKG juga ikut serta berperan aktif dalam pengembangan Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan yang baru akan diadakan di ITERA. Guna menunjang kegiatan ini, akan dibentuk Tim Khusus yang beranggotakan kedua belah pihak untuk menyusun kurikulum dan silabus Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan,” ujarnya.

Melalui kerjasama ini, pegawai BMKG pun akan diberikan kesempatan mengajar dan diikutsertakan dalam kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika yang diadakan oleh ITERA. Dengan kerja sama ini, diharapkan kegiatan pendidikan serta penelitian dan pengembangan di bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika di Indonesia dapat lebih ditingkatkan.

Sementara itu, Wakil Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Sukrasno menjelaskan implementasi dari kerja sama antara BMKG dengan ITERA tentang Pemanfaatan Sarana Prasarana, Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat yang MoU nya telah ditandatangani sebelumnya pada tanggal 6 Oktober 2016 oleh Kepala BMKG Andi Eka Sakya dan Rektor Intitut Teknologi Sumatera (ITERA), Ofyar Z. Tamin

“Ruang lingkup Perjanjian Pelaksanaan Kerja Sama antara BMKG dan ITERA ini meliputi :
pemanfaatan lahan ITERA untuk penempatan peralatan observasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika milik BMKG, pertukaran data dan informasi meteorologi, krimatologi, dan geofisika, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, penelitian dan pengembangan bersama, dan pengembangan Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan,” ungkap Sukrasno. [dade]

Baca selanjutnya
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EduHealth

EduOto

Terpopuler