Connect with us

Edu Sport

20 Ribu Suporter China Bakal Ramaikan Asian Games 2018

JAKARTA – Kontingen China akan mengerahkan sedikitnya 20 ribu suporter pada ajang Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

“Mungkin bisa lebih dari 20 ribu suporter Tiongkok yang akan datang ke sini,” ujar Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Sementara itu, Dia mengatakan, untuk atlet dan ofisial dari kontingen China diperkirakan mencapai angka 1.000 hingga 1.500 orang yang dikirimkan pada pesta olahraga terbesar di Asia itu.

“China berambisi untuk menjadi juara umum sehingga mereka mengirimkan atlet, ofisial, dan supporter sebanyak-banyaknya,” kata mantan Dubes RI untuk Rusia itu.

Kontingen China, lanjutnya, akan dipimpin seorang utusan khusus yang telah ditunjuk oleh Presiden Xi Jinping.

Atase Imigrasi Kedutaan Besar RI di Beijing Tato J Hidayawan menambahkan bahwa ribuan anggota kontingen China itu ada yang bebas visa dan tidak.

“Kalau mereka yang tidak bebas visa akan dikenai kebijakan `visa on arrival` nol rupiah,” katanya.

Asian Games yang digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus – 2 September 2018 mendatang juga menjadi ajang pariwisata bagi para peserta.

Kementerian Pariwisata RI menargetkan 21 ribu kunjungan wisatawan China selama ajang multicabang olahraga tersebut digelar. [ant]

Baca selanjutnya
Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edu Sport

Asian Games 2018, Ada Bonus Bagi Atlet Peraih Medali

Published

on

photo credit: logo asian games 2018/dok

SURABAYA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyiapkan bonus bagi atlet beregu atau tim yang nantinya berprestasi meraih medali di ajang Asian Games ke-18 tahun 2018, yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus – 2 September mendatang.

“Kalau untuk atlet yang berlaga secara individu sudah ditetapkan bonusnya sebesar Rp1,5 miliar bagi yang berprestasi meraih medali emas di Asian Games 2018,” ujar Menpora Imam Nahrawi, di Surabaya, Sabtu (21/7/2018).

Selain itu, lanjutnya, bagi atlet yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) juga sudah disiapkan bonus berupa rumah jika berprestasi meraih medali di Asian Games 2018.

“Bonus rumah ini sudah disiapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR. Atlet PNS yang meraih medali emas dan perak akan dapat bonus rumah,” katanya.

Kini, lanjut dia, kemenpora tinggal menghitung besaran bonus bagi atlet beregu atau tim. “Untuk atlet beregu atau tim ini rumus hitungannya berbeda. Begitu pula bonus untuk pelatih, rumus hitungannya berbeda, pasti ada buat mereka, sedang kita siapkan,” ucapnya.

Dia mengatakan, persiapan penyelenggaraan tersebut di seluruh “venue” saat ini sudah matang. “Kami sudah tidak sabar lagi menunggu penyelenggaraannya tanggal 18 Agustus. Kita sudah siap menyelenggarakannya,” katanya.

Termasuk persiapan atlet-atlet Indonesia, menurut dia, semuanya sudah siap berlaga. “Minta doa dan dukungannya dari masyarakat Indonesia untuk kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018. Doakan juga atlet-atlet kita tidak ada yang cedera,” katanya.

Menpora berharap penyelenggaraan Asian Games tahun 2018 di Indonesia bisa menjadi kebanggaan dunia. “Kami harap penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia bisa memberi energi besar bagi dunia,” tandasnya. [ant]

Continue Reading

Edu Sport

Panitia Siapkan 25 Ribu Tiket Asian Games 2018 untuk Pelajar

Published

on

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) menyatakan pelajar di Jakarta dan Palembang mendapatkan jatah total 25 ribu tiket pertandingan Asian Games 2018, untuk meramaikan pesta multi-cabang olahraga tertinggi di Asia itu pada18 Agustus-2 September mendatang.

“Kami akan bekerjasama dengan pemerintah-pemerintah daerah untuk mendistribusikan tiket bagi para pelajar dengan jumlah total 25 ribu tiket,” ujar Ketua INASGOC Erick Thohir dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (11/6/2018).

INASGOC, menurut Erick, tidak akan menggratiskan tiket pertandingan Asian Games 2018 menyusul pemberlakuan kartu identitas dalam pembelian tiket demi keamanan pertandingan internasional itu.

“Tentu kami berharap tiket yang terjual melebihi jumlah tiket terjual pada Asian Games Incheon 2014 yaitu 1,3 juta tiket. Tapi, kami harus memetakan potensi penjualan pada masing-masing pertandingan,” kata Erick.

Erick menjelaskan pemetaan potensi penjualan tiket baru dapat diketahui setelah pengundian pertandingan masing-masing cabang olahraga pada 5 Juli.

“Misalnya pertandingan sepak bola Jepang melawan China. Jika para pemainnya tidak terkenal, harga tiket mahal tentu akan membebani penonton,” kata Erick.

Selain tiket pertandingan, Erick memastikan tiket upacara pembukaan Asian Games akan terjual penuh menyusul animo masyarakat terkait upacara pembukaan dan kapasitas kursi di Stadion Utama Gelora Bung Karno yang hanya menampung separuh dari jumlah total kursi.

“Ketika upacara pembukaan, kapasitas yang dapat dipakai hanya setengah dari total kapasitas karena ada panggung yang menutup sebagian tribun penonton,” katanya.

Ia menambahkan akan ada penambahan daya tarik bagi para pembeli tiket Asian Games meskipun belum menyebut secara rinci.

“Kami masih akan membahas itu. Siapa tahu beli tiket dapat sepeda motor atau mobil, misalnya,” kata Dia.

Sebelumnya, Erick mengatakan harga tiket Asian Games 2018 mulai dari Rp30 ribu hingga lebih dari Rp100 ribu. “Harga rata-rata tiket Rp100 ribu. Sedangkan yang termurah Rp30 ribu,” tandasnya. [ant]

Continue Reading

Edu Sport

Demi Keamanan, Pembelian Tiket Asian Games 2018 Pakai Kartu Identitas

Published

on

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) menyatakan menetapkan aturan penggunaan kartu identitas berupa kartu tanda penduduk (KTP) atau surat izin mengemudi (SIM) bagi warga yang akan membeli tiket Asian Games.

“Kami akan mengelola para pembeli tiket Asian Games harus menunjukkan kartu identitas mereka ketika melakukan pembelian,” ujar Direktur Utama KiosTix Ade Sulistio Putra, di Jakarta, Senin (11/6/2018).

Ade mengatakan pemberlakuan kartu identitas para pembeli tiket Asian Games menyusul pengamanan penyelenggaraan di setiap arena pertandingan, termasuk ketika upacara pembukaan dan penutupan.

“Kami akan memberikan petunjuk tentang pembelian tiket yang aman dan nyaman bagi penonton,” kata Ade.

Satu kartu identitas, lanjutnya, dapat dipakai untuk membeli maksimal empat tiket Asian Games. Tapi, Ade belum memastikan apakah maksimal empat tiket itu untuk satu hari atau keseluruhan hari penyelenggaraan Asian Games.

“Kami akan mengalokasikan sebanyak 20 persen dari total tiket untuk dijual langsung di arena pertandingan. Sedangkan harga tiket bagi pengunjung asing lebih mahal sekitar 20 persen dibanding tiket untuk penonton lokal,” kata Ade yang mengaku tidak membedakan harga tiket secara dalam jaringan (online) ataupun tiket langsung.

Sebelumnya, Direktur Tiket INASGOC Sarman Simanjorang mengatakan pemilihan KiosTix sebagai mitra penjualan tiket Asian Games menyusul tiga kriteria yaitu sistem teknologi informasi yang berpengalaman dalam penjualan online, jaringan distribusi penjualan baik dalam dan luar negeri, serta performa perusahaan secara umum.

INASGOC akan mulai menjual tiket Asian Games pada 30 Juni melalui situs resmi, jaringan KiosTix, jaringan waralaba sponsor Asian Games, serta kios-kios suvenir Asian Games di Jakarta dan Palembang.

Sementara itu, perwakilan Deputi IV Bidang Keamanan INASGOC Brigjen Pol. Adnas mengatakan penggunaan kartu identitas dalam pembelian tiket Asian Games akan menambah keamanan bagi para penonton.

“Kami akan menggelar simulasi terkait pengamanan ketika para penonton akan masuk ke pertandingan-pertandingan Asian Games,” kata Adnas. [ant]

Continue Reading

Edu Sport

Persija Juarai Piala Presiden 2018, tundukan Bali United

Published

on

photo credit: @persija_jkt/via: twitter

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Persija Jakarta sukses menjuarai Piala Presiden 2018 setelah menaklukkan Bali United dengan skor 3-0 pada pertandingan final di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu malam.

Dari tiga gol kemenangan Persija, dua diantaranya dicetak penyerang Marko Simic masing-masing dengan sundulan di menit ke-20 dan tendangan salto di menit ke 45+2, sementara satu gol lainnya diciptakan Novri Setiawan di menit ke-63.

Dalam pertandingan yang disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo bersama lebih dari 68.000 penonton di mana sebagian besar merupakan pendukung Persija, kedua tim bermain dengan tempo tinggi sejak awal pertandingan.

Persija, yang mengandalkan kecepatan Riko Simanjuntak di kanan dan Novri Setiawan di sisi kiri, sempat beberapa kali mengancam gawang Bali United yang dikawal Wawan Hendrawan.

Bali United yang cenderung mengandalkan pertahanan sembari sesekali mencoba serangan balik melalui sisi sayap akhirnya kebobolan di menit ke-20.

Gol tersebut berawal dari tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Bali United yang dieksekusi Rezaldi Hehanusa. Bola yang meluncur menyilang disundul dengan sempurna oleh Marko Simic yang berdiri bebas. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Persija.

Bali United berusaha keras membalasnya. Peluang anak-anak asuh Hans Peter Schaller datang di menit ke-41 melalui sepakan keras sang kapten Fadil Sausu, tetapi bisa digagalkan oleh Andritany Ardhiyasa.

Sibuk menyerang, Bali United justru kembali kemasukan gol di menit ke-45+2. Berawal dari kemelut di depan gawang Bali United, bola dioper ke Rohit Chan yang berada di sisi serang kiri Persija.

Rohit Chan kemudian melepaskan umpan silang yang disambut dengan tendangan salto Simic. Bola meluncur mulus ke gawang Wawan Hendrawan dan mengubah skor menjadi 2-0 yang bertahan sampai babak pertama usai.

Di paruh kedua laga, Bali United berinisiatif menyerang sejak peluit dibunyikan wasit asal Bandung Oki Dwi Putra Senjaya.

Hasilnya, baru lima menit pertandingan berjalan, tim berjuluk Serdadu Tridatu hampir menggetarkan gawang Persija jika tendangan bebas terarah Fadil Sausu tidak ditepis dengan baik oleh Andritany Ardhiyasa.

Akan tetapi, lagi-lagi Persija yang sukses mencuri gol tepatnya di menit ke-63. Bermula dari serangan cepat ke sisi kiri pertahanan Bali United, bola dialirkan ke tengah di mana di sana ada Rohit Chan.

Rohit melakukan gerakan tipuan yang memperdaya bek Bali United. Seolah-olah hendak menendang, pemain berkebangsaan Nepal itu ternyata memberikan bola ke Novri Setiawan yang berdiri bebas. Tanpa pengawalan berarti, Novri melesakkan bola ke gawang Wawan Hendrawan dengan kaki kirinya dan membuat skor menjadi 3-0.

Kedua tim memiliki beberapa peluang di sisa pertandingan, tetapi tak ada gol tambahan tercipta. Hasil ini membuat Persija Jakarta menjadi juara Piala Presiden 2018 dan berhak atas hadiah Rp3,3 miliar.

Ini adalah gelar kampiun Piala Presiden pertama kalinya bagi tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

Adapun Bali United sebagai “runner up” memperoleh hadiah Rp2,2 miliar.

Sementara, dari laga perebutan tempat ketiga Piala Presiden 2018, Sriwijaya FC berhasil menjadi yang terbaik setelah menundukkan PSMS Medan dengan skor 4-0 dan dengan demikian meraup hadiah Rp1,1 miliar.

PSMS Medan sendiri sebagai peringkat empat mendapatkan hadiah Rp550 juta.

Berikut susunan pemain Persija dan Bali United di laga final Piala Presiden 2018.

Persija: Andritany Ardhiyasa, Ismed Sofyan (kapten), Jaimerson da Silva, Rezaldi Hehanusa, Maman Abdul Rahman (90` digantikan Gunawan Dwi Cahyo), Ramdani Lestaluhu (83` digantikan Fitra Ridwan), Rohit Chan (86` Nugroho Fatchur Rochman), Sandi Darma Sutte, Marko Simic (86` digantikan Bambang Pamungkas), Novri Setiawan, Riko Simanjuntak (90` digantikan Rudi Widodo).

Cadangan: Muhammad Darmawan, Gunawan Dwi Cahyo (90` menggantikan Maman Abdul Rahman), Asri Akbar, Fitra Ridwan (83` menggantikan Ramdani Lestaluhu), Nugroho Fatchur Rochman (86` menggantikan Rohit Chan), Bambang Pamungkas (86` menggantikan Marco Simic), Rudi Widodo (90` menggantikan Riko Simanjuntak).

Bali United: Wawan Hendrawan, Ahn Byungkeon (52` digantikan Ahmad Agung Setia Budi), Demerson Bruno Costa (79` digantikan I Gede Sukadana), Fadil Sausu (kapten), I Made Andhika Pradana Wijaya, Ricky Fajrin Saputra, Nick van der Velden, Muhammad (61` digantikan Irfan Bachdim), Ilija Spasojevic, Stefanol Lilipaly, Yabes Roni Malaifani (61` digantikan Mifrahul Hamdi).

Cadangan: I Made Wardana, Irfan Bachdim (61` menggantikan M. Taufiq), Agus Nova Wiantra, Dias Angga Putra, Ahmad Agung Setia Budi (52` menggantikan Ahn Byungkeon), I Gede Sukadana (79` menggantikan Demerson Bruno), Miftahul Hamdi (61` menggantikan Yabes Roni). [ant]

Continue Reading

Edu Sport

Persib Evaluasi Target Lima Besar Klansemen

Published

on

photo credit: bomber persib @mabes_bomber/via:twitter

EDUPUBLIK.COM – Persib Bandung mengevaluasi target finis peringkat lima besar klansemen akhir kompetisi Liga 1 Indonesia 2017. Tim ‘Maung Bandung’ acap kali melewatkan kemenangan dari sejumlah laga guna mengejar ketinggalan dari para rivalnya. “Memang target finis  di peringkat lima besar makin sulit bagi kami,” keluh Pelatih Persib, Emral Abus di Balikpapan, dua hari lalu.

Emral mengatakan, pengurus Persib memang menginginkan agar timnya minimal bertahan di peringkat lima penghujung akhir kompetisi. Persib menargetkan prestasinya sesuai sejarah tim yang selalu disegani dunia persepak bolaan tanah air.

Pertandingan terakhir, Persib ditahan saat laga tandang lawan Persiba di Stadion Batakan Balikpapan skor 2 – 2. Sempat unggul dalam permainan, kartu merah Febri Hariyadi merubah peruntungan pertandingan dan Persib puas pulang dengan 1 poin di Balikpapan.

“Seandainya Febri tidak kena kartu merah,  mungkin kita bisa meraih sesuai target kemenangan di Balikpapan,” sesalnya. Emral memang sesumbar mampu menekuk lawannya serta meraih poin penuh sebelum pertandingan di Balikpapan. Permainan anak anak Bandung cukup menjanjikan dimana Persib mencetak gol pertama lewat kaki Ezechiel N’Douassel hingga turun minum babak pertama.

Drama kartu merah menimpa Febri Hariyadi menjadi keuntungan Persiba mengurung pertahanan Persib. Gol Bryan Cesar Ramadan dan Marlon da Silva membalikan keunggulan tim tuan rumah yang  diselamatkan  gol cantik gelandang Persib, Kim Jeffry Kurniawan.

Emran enggan mengomentari keputusan kontroversial wasit yang mengartu merah Febri Hariyadi ini. Dia berpendapat tim tuan rumah bermain ngotot serta pantang menyerah mengejar kemenangan di hadapan publik Balikpapan.

“Maklum saja, tuan rumah tentunya ingin hasil maksimal dengan bermain ngotot,” ujarnya. Persib cukup menyukuri bisa mencuri poin serta tidak menderita kekalahan dari tim lawan ini. Mereka memfokuskan tim menghadapi laga kandang pertandingan selanjutnya. “Kami syukuri saja hasil imbang di Balikpapan ini. Sudah maksimal bisa kami raih disini,” tuturnya.

Persib dijadwalkan menjamu tim Barito Putera di Stadion Jalak Harupat, Bandung pekan depan. Tim Sunda ini tertahan di pertengahan klansemen peringkat 10 lewat pengumpulan 36 poin dari 26 laga digelar.

Adapun Barito Putera tiba dengan percaya diri usai menaklukan tamunya Pusamania Borneo skor 2 – 1 di Banjarmasin. Peringkat para bubuhan Banjar ini mentereng berada di peringkat 8 lewat pengumpulan 41 poin dari 27 laga sudah digelar. [ika]

Continue Reading

EduOto

Eduoto7 hari lalu

Rivaldi Pengemudi Truck Volvo Terbaik Indonesia Asal Kalimantan Selatan

JAKARTA – Setelah menempuh perjuangan berat di babak seleksi nasional dan final nasional Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018 di...

Eduoto3 minggu lalu

Ini Pemenang Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018

JAKARTA – 8 pengemudi truk terbaik dari Indonesia berkumpul di Sirkuit Internasional Sentul untuk bersaing di ajang Volvo Trucks Indonesia...

Eduoto4 minggu lalu

Volvo tantang Pengemudi Truk Terbaik Indonesia, Tiket ke Swedia Menanti

JAKARTA – Volvo Truck Indonesia dan PT Wahana Inti Selaras menyelenggarakan Kompetisi langsung dengan mengemudikan Volvo FH, Volvo FM dan...

Eduoto3 bulan lalu

PMJ ingatkan Cara Aman Mudik Bagi Pengendara Sepeda Motor

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombespol Argo Yuwono mengingatkan cara aman mudik yang menggunakan sepeda...

Eduoto6 bulan lalu

Benarkah Calon Pembeli Tesla Berpaling Ke Chevrolet Bolt, Ini Penjelasannya

EDUPUBLIK.COM, SAN FRANCISCO – Mobil listrik dari General Motors, Chevrolet Bolt, mendapatkan angin segar menyusul terus tertundanya produksi Tesla Model...

Eduoto6 bulan lalu

SUV termewah Mazda Mengaspal di Bandung, Ini Targetnya

EDUPUBLIK.COM, BANDUNG – Distributor resmi Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), mulai memasarkan SUV termewah dalam jajaran produk...

Eduoto7 bulan lalu

Sukses Memperkuat Penjualan, IGNIS Tampil Istimewa

EDUPUBLIK.COM, Bandung – Peluncurannya pada April 2017 lalu mencuri perhatian pencinta otomotif di Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki...

Eduoto1 tahun lalu

MCI Siap Promosikan Pariwisata dan Budaya Indonesia melalui Touring

Edupublik.com, Jakarta – Ketua Moge Club Indonesia (MCI) Brader Indra menyatakan di Tahun 2017 ini MCI akan mengadakan Tour Pariwisata...

Eduoto2 tahun lalu

Ini Kata Jokowi Terkait Tingginya Biaya Administrasi STNK

Edupublik.com, Pekalongan – Presiden Jokowi menepis sejumlah anggapan yang beredar bahwa terjadi kesimpangsiuran informasi yang masuk kepadanya terkait dengan penyesuaian...

Eduoto2 tahun lalu

Ini Alasan Pemerintah Menaikan Biaya Administrasi STNK

Edupublik.com, Jakarta – Pemerintah menaikan biaya administrasi pengurus STNK, SIM, dan BPKB. Beberapa poin peningkatan layanan menjadi keuntungan yang didapat...

Advertisement banner 300x250

Terpopuler