Connect with us
data-ad-client="ca-pub-5380071771854709" data-ad-slot="4198541131" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Edu Wisata

Angkasa Pura Buka Posko Angkutan Udara Natal 2016

Edupublik.com, Yogyakarta – Angkasa Pura (AP) I membuka Posko Angkutan Udara Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di 13 bandara yang berada di bawah naungannya, termasuk Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Posko itu beroperasi selama 22 hari dari H-7 Natal sampai H+7 Tahun baru, atau 18 Desember 2016 hingga 8 Januari 2017.

Posko yang diberi nama Nataru ini akan beroperasi sesuai jam operasional bandara dan disiapkan jaringan CCTV yang terkoneksi dengan posko monitoring di Kantor Pusat Angkasa Pura I di Jakarta serta contact person dari masing-masing bandara yang bisa dihubungi selama operasional posko berlangsung.

“Untuk mengantisipasi adanya antrean panjang di terminal, kami meminta maskapai penerbangan untuk menjaga ground time performance sehingga tidak ada penerbangan yang terlambat,” ujar Danang S Baskoro, Direktur Utama AP I di Yogyakarta, Kamis (15/12/2016).

Ia mengusulkan kepada beberapa bandara yang padat seperti I Gusti Ngurah Rai Bali untuk meminta maskapai mengganti pesawatnya dengan pesawat berbadan lebar atau wide body.

Pada angkutan Natal dan Tahun Baru kali ini, tutur Danang, AP I memperkirakan pergerakan penumpang di 13 bandara meningkat dari 5,247 juta menjadi 6,195 juta penumpang atau naik sekitar 18,07% jika dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara, pergerakan pesawat diperkirakan naik 13,44%, dari 41.200 pergerakan menjadi 46.700 pergerakan. “Peak season terjadi pada H-2 sampai H-1 Natal dan H sampai H+3 Tahun Baru,” ucap Danang. [rzy]

Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edu Wisata

Masuk TMII Harus Bayar Non Tunai

Published

on

photo credit: Taman Mini Indonesia Indah/via: FB TMII

EDUPUBLIK – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mulai menerapkan transaksi nontunai di pintu masuk kawasan dalam rangka menunjang kenyamanan wisatawan yang berkunjung, Kamis siang.

“TMII melalui PT Puri Indah Mandiri Lestari (PIML) sebagai pengelola pintu masuk TMII menggandeng Bank Mandiri untuk transaksi non-tunai di pintu masuk TMII,” kata Direktur Utama TMII Tanribali Lamo di Jakarta.

Menurut Tanribali kerja sama ini merupakan upaya pencegahan penularan COVID-19 di TMII yang mungkin terjadi lewat transaksi uang tunai.

Melalui kerja sama ini masyarakat yang ingin berkunjung ke TMII dapat membeli tiket masuk dengan menggunakan Kartu Mandiri e-Money, kartu debit dan kartu kredit Bank Mandiri atau bank manapun yang berlogo Visa, MasterCard, dan JCB, ataupun melalui metode pembayaran QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

Transaksi non tunai ini diterapkan pada Pintu Masuk TMII, di mana satu gerbang khusus non tunai untuk kendaraan akan ditempatkan. Untuk kemudahan pengunjung TMII, juga akan ditempatkan vending machine di Pintu 1 TMII yang dapat digunakan untuk melakukan pembelian dan top up kartu emoney.

Adapun seremoni peresmian kerja sama ini dilakukan oleh Direktur Utama TMII Tanribali Lamo dan Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto di pintu masuk utama TMII, Jakarta, Kamis (28/1).

Menurut Tanribali Lamo, kerja sama pembayaran secara elektronik ini adalah komitmen TMII untuk berinovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang mengedepankan kemudahan dan kenyamanan pengunjung.

“Kami juga berharap, kerja sama ini dapat menjadi salah satu nilai tambah bagi masyarakat saat berkunjung ke TMII bersama keluarga. Ke depan, tentu kami siap untuk mengembangkan kerja sama nontunai ini ke seluruh wahana di bawah manajemen BPP TMII” ujarnya.

Tanribali berharap kolaborasi ini dapat memudahkan serta meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke TMII, bahkan di masa pandemi karena pihaknya juga telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat di setiap wahana.

“Penerapan transaksi nontunai ini juga menjadi bagian dari protokol kesehatan yang diterapkan di TMII. Kami berharap, pengunjung dapat benar-benar merasa nyaman saat berada di lingkungan TMII,” katanya.

Sebelumnya TMII telah menggunakan metode non tunai dengan cara pembelian tiket secara daring melalui website TMII (https://ticket.tamanmini.com ).

“Dengan dukungan program dari Bank Mandiri ini, kami berharap dapat membuat transaksi di TMII menjadi semakin mudah dan aman,” kata Tanribali.

Di samping itu, kata dia, kerja sama ini juga akan berdampak positif dari sisi efisiensi karena pihaknya akan memiliki data transaksi pengunjung dengan lebih akurat.

Sementara Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan sinergi dengan TMII sejalan dengan visi Bank Mandiri untuk menjadi bank pilihan utama nasabah, antara lain melalui layanan perbankan digital yang handal dan simpel.

Harapannya, kemudahan bertransaksi ini akan menambah kenyamanan masyarakat saat berkunjung ke TMII.

“Tentunya kita semua berdoa agar program vaksinasi COVID-19 akan berhasil dan kehidupan akan kembali normal. Jika hal itu terjadi, tentu kita berharap pengunjung akan kembali ramai mengunjungi TMII. Oleh karena itu, kami juga berharap kerja sama ini dapat mempersingkat proses pembelian tiket masuk, serta tidak harus antre dan mempersiapkan uang kembalian,” kata Aquarius.

Aquarius menambahkan, pembayaran dengan metode QRIS juga dapat memberikan kemudahan dan kepraktisan karena QRIS tersebut dapat digunakan di seluruh aplikasi dompet digital yang sudah menerapkan QRIS pada aplikasinya.

Bahkan pihaknya juga menyiapkan program cashback 20 persen bagi pengguna LinkAja yang melakukan pembelian tiket TMII dengan metode pembayaran QRIS.

Program promo tersebut berlaku hingga 31 Januari 2021, dengan nilai cashback LinkAja maksimal Rp10.000.

“Kami tentu berharap kerjasama ini bisa terus dikembangkan agar dapat memberikan manfaat nyata kepada kedua belah pihak, serta para pengunjung TMII,” kata Aquarius. [ant]

Continue Reading

Edu Wisata

Taman Margasatwa Ragunan Siap Sambut Liburan Natal dan Tahun Baru

Published

on

credit: grafik gambar Taman Margasatwa Ragunan/dok. facebook

JAKARTA – Pusat Konservasi Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan menyatakan kesiapannya untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2020 dan untuk itu rapat internal sudah dilakukan.

“Siang ini kita gelar rapat internal, segala macam persiapan kita bahas dalam rapat ini,” kata Ketut Widarsana selaku Kepala Satuan Pelaksana Promosi dan Pengembangan Masyarakat Taman Margasatwa Ragunan, saat dikonfirmasi Antara di Jakarta, Senin (9/12).

Menurut Ketut, persiapan menghadapi natal dan tahun baru kali ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, di antaranya penyiapan personel, penambah jumlah operasional loket pelayanan dan pemasangan rambu-rambu lalu lintas maupun rambu-rambu petunjuk jalan.

Ia mengatakan pada hari biasa jumlah petugas pelayanan yang dikerahkan sebanyak 30 orang, jika pada saat musim liburan (peak season) bisa mencapai 100 orang.

“Petugas itu terdiri atas petugas pelayanan seperti pengatur parkir kendaraan, petugas pemandu masuk kendaraan, petugas kebersihan dan macam-macam terkait layanan,” kata Ketut.

Sementara itu, untuk loket pelayanan pada hari biasa hanya dibuka di pintu masuk Timur dan Barat dengan jumlah antara enam sampai tujuh loket masuk.

“Kalau peak season gini kita buka semua loket, ada 57 loket masuk,” kata Ketut.

Ragunan merupakan kebun binatang yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, berdiri sejak 1864 memiliki luas sekitar 147 hektare dengan koleksi satwa sebanyak 2.100 ekor satwa.

“Selain satwa kita juga punya koleksi tanaman, juga ada pohon-pohon jumlahnya mencapai 50 ribuan,” katanya. Ragunan juga dilengkapi sejumlah wahana seperti Taman Satwa Anak-Anak, pusat primata termasuk di dalamnya terdapat Gorila.

Menurut Ketut, jika libur biasa jumlah kunjungan tertinggi bisa mencapai 20 ribu orang, tapi jika musim libur seperti tahun baru jumlah pengunjung Ragunan bisa mencapai 100 ribu orang dalam satu hari.

“Biasanya puncak kunjungan itu tanggal 1 Januari, pengunjung bisa mencapai 100 ribu orang,” kata Ketut. [ant]

Continue Reading

Edu Wisata

Tips Persiapan Liburan Dengan Harga Gledek

Published

on

ilustrasi: foto milik @mulkisalman via: instagram

JAKARTA – Liburan saat ini menjadi agenda wajib bagi hampir sebagian masyarakat. Kapan pun dan ke mana pun tujuannya, melepaskan penat dari rutinitas adalah sensasi terbaik yang ingin didapatkan dari setiap liburan.

Agar tujuan liburan bisa diwujudkan sesuai perencanaan serta lancar, ada baiknya persiapkan dulu segala sesuatunya sebelum liburan.

Berikut tips liburan dengan harga gledek dari tiket.com:

Tentukan Destinasi Liburan

Hal yang harus dilakukan adalah tentukan dulu destinasi liburanmu. Setiap orang memiliki preferensi tipe lokasi apa saja yang ingin dikunjugi, baik gunung ataupun pantai.

Pilih Jenis Transportasi untuk Liburan

Setelah memutuskan destinasi liburan, saatnya untuk memilih jenis transportasi yang akan digunakan. Pilih transportasi sesuai bujet maupun kebutuhan waktu.

Apabila durasi perjalanan yang menjadi pertimbangan silakan untuk memilih transportasi pesawat, apabila bujet yang menjadi pertimbangan silakan untuk memlih transportasi kereta api yang lebih ekonomis.

Penting untuk mengetahui detail jadwal dari masing-masing transportasi sebelum memutuskan transportasi apa yang akan dipilih melalui penyedia jasa online travel agent (OTA).

Tepat Memilih Lokasi Hotel

Di zaman yang serba praktis, akses informasi terkait destinasi serta akomodasi dapat dengan mudah didapatkan secara online.

Setelah mengetahui destinasi apa saja yang akan dituju, ada baiknya menyesuaikan lokasi hotel yang letaknya berada di tengah atau area destinasi yang akan dikunjungi.

Aplikasi OTA tiket.com membantu memberikan para pelancong kemudahan informasi lokasi hotel melalui fitur maps hotel untuk mengetahui lokasi ataupun destinasi liburan apa saja yang terdekat dengan hotel dipilih.

Setelah ketiga poin di atas telah dipersiapkan, hal yang utama yang pastinya akan menentukan jadi atau tidaknya liburanmu adalah pembelian tiket.

Tiket pesawat dan hotel adalah faktor pengeluaran yang paling besar, jadi yang harus dilakukan adalah mencari tiket murah.

Nah untuk mencari tiket murah, kini tak perlu cemas lagi, karena sebentar lagi tiket.com akan menghadirkan kembali promo harga gledek.

Lewat promo Online Tiket Week (OTW) kamu akan bisa menemukan tiket pesawat dan tiket hotel dengan “harga gledek”.

Akan ada banyak rute penerbangan baik domestik maupun internasional serta hotel yang akan mendapatkan promo ini.

Untuk itu tunggu rute kemana saja dan hotel apa saja yang akan ada promo besar-besaran.

Merencanakan liburan dengan menghemat biaya tiket pesawat dan tiket hotel, dapat dimulai dengan mengecek secara rutin aplikasi tiket.com.

karena akan ada banyak diskon penerbangan serta hotel di kota besar Indonesia hingga destinasi luar negeri di minggu ini.                          

Jadi, untuk Anda yang belum punya aplikasi tiket.com, langsung saja mengunduhnya secara gratis di Google Playstore dan App Store.

Gaes, mau ke mana? semua ada tiketnya!. [aa]

penulis: Alissa A

Continue Reading

Terpopuler