Connect with us

NEWS

[BOM MONAS] Begini Kata Jokowi

credit: bom monas/dok. wa

JAKARTA – Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan penanganan kasus ledakan granat di Monas kepada pihak Kepolisian untuk menginvestigasi lebih lanjut serta memastikan kondisi ibu kota saat ini aman dan terkendali.

“Kita serahkan ke pihak berwajib saja. Kita prihatin terhadap dua anggota TNI AD kalau saya tidak keliru yang alami luka-luka, kita prihatin semoga lekas sembuh dan bertugas kembali,” kata Fadjroel saat ditemui wartawan ketika melintasi kawasan Monas sisi utara, Selasa pagi (3/12).

Menurut Fadjroel, Presiden Jokowi pun mengetahui perihal ledakan yang terjadi di kawasan Monas bagian utara itu.

“Iya tadi pagi (Presiden tahu) dalam perjalanan ke sini. Dan beliau jam 09.30 WIB ada pertemuan dengan Menristek, kemudian Rektor UI dan pihak Jepang,” kata Fadjroel.

Fadjroel mengatakan belum ada arahan khusus dari Presiden namun jika ada indikasi tindak kekerasan harus diselesaikan dengan tegas oleh Kepolisian.

“Belum ada. Seperti biasa beliau selalu mengatakan segala tindak kekerasan apapun motifnya kita harus tegas. Setegas-tegasnya. Diserahkan ke pihak berwajib. Nanti setelah itu mungkin Pak Kapolri akan berikan laporan ke Pak Presiden,” ujar Fadjroel.

Sebuah ledakan terjadi di kawasan Monas saat beberapa anggota TNI berolah raga pada Selasa pagi. [ant]

Baca selanjutnya
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

International

KBRI Berlin: Hannover Messe 2021 Buka Peluang Relokasi Investasi Bagi Indonesia

Published

on

photo credit: dok kbri berlin/via: facebook

BERLIN – Duta Besar Republik Indonesia untuk Jerman Arif Havas Oegroseno mengatakan, mundurnya penyelenggaraan Hannover Messe ke tahun 2021 justru membuka peluang lebih besar bagi Indonesia untuk menjadi destinasi relokasi investasi.

Hal itu dikatakannya saat dialog hari kedua Hannover Messe Digital Days yang berlangsung tanggal 14 – 15 Juli 2020 silam.

Dia menyebutkan, bahwa selain target yang ingin dicapai Indonesia sebagai negara mitra Hannover Messe yang semula akan diselenggarakan April 2020, ada peluang baru yang dapat diraih dengan pengunduran pameran ini.

“Mungkin sedikit yang tahu, potensi Indonesia tidak hanya pariwisata. Indonesia sangat terbuka untuk bisnis. Peluang pengembangan industri 4,0 juga besar. Lebih dari itu, di masa pandemi COVID-19 ini, Indonesia sudah siap sebagai tujuan relokasi bisnis yang menjanjikan,” ujar Dubes Oegroseno, dalam keterangannya, Minggu (19/7).

Menurutnya, potensi besar yang dimiliki Indonesia antara lain Indonesia sebagai pusat inovasi, pusat internet ekonomi, serta pusat hub produk industri. Sektor industri menempati 70% dari total GDP Indonesia.

“Dan perlu diketahui juga bahwa Indonesia memiliki kapasitas besar di bidang inovasi teknologi industri,” katanya.

Selain itu, kata Dia, saat ini juga banyak perusahaan dari berbagai negara yang telah meelokasi bisnis mereka ke Indonesia. Diantaranya, dua perusahaan dari Jepang, dua dari Korea, satu dari Amerika dan masih ada sekitar 17 perusahaan lagi yang saat ini tengah merelokasi bisnisnya.

“Sebagian besar ingin mengembangkan bisnisnya terutama untuk basis rantai pasok (supply chain). Ini menjadi indikasi bahwa Indonesia juga siap dalam manajemen rantai pasok (supply chain) yang berkesinambungan dan basis jangkauan yang luas,” katanya.

Sementara itu, dialog yang dipandu oleh presenter Carmen Hentschel juga menghadirkan Marco Siebert, Direktur Internasional Deutsche Messe AG (DMAG).

Marco Siebert menyebutkan, bagi DMAG negara mitra memiliki posisi yang strategis dan ekslusif. Hannover Messe sudah pasti menjadi corong untuk menyampaikan kepada pelaku bisnis dan industri internasional tentang potensi dan perkembangan ekonominya, perkembangan industri, inovasi teknologi, riset dan informasi lainnya.

DMAG sebelum memulai diskusi tentang pencalonan Indonesia sebagai negara mitra juga telah melakukan riset tentang potensi yang dimiliki Indonesia. Dari data, statistik dan indikator-indikator ekonomi yang ada, DMAG sangat yakin Indonesia adalah masa depan ekonomi yang menjanjikan.

“Selain indikator ekonomi yang menjajikan, Indonesia juga memiliki karakter masyarakat yang menarik. Rata-rata mereka adalah smiling people, memiliki antusias tinggi, dan pekerja keras,” imbuh Marco.

Dubes Oegroseno menjelaskan bahwa potensi internet ekonomi Indonesia terus berkembang dari tahun ke depan. Bahkan pada saat pandemi sekarang ini, internet ekonomi Indonesia tidak terpengaruh dan justru meningkat jauh. Banyak inovasi baru bermunculan termasuk aplikasi mobile seperti aplikasi Hallo Dokter, yang berkembang sangat cepat.

Penyelenggaraan Hannover Messe Digital Days merupakan inisiasi DMAG sebagai alternatif perubahan jadwal pelaksanaan Hannover Messe menjadi tahun 2021. Lebih dari 50 pembicara kunci menyampaikan gagasan terkait industri dan teknologi di tengah pandemi. [***]

sumber: kbri berlin

Continue Reading

Politik

PDIP Umumkan Usung Putra Jokowi Maju di Pilkada 2020

Published

on

photo credit: Gibran Putra Jokowi/via: facebook

JAKARTA – Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang baru diumumkan DPP PDI Perjuangan (PDIP) sebagai calon walikota Solo mengatakan bahwa pilkada bukan sekedar ajang kontestasi namun juga wahana untuk membantu serta menguatkan rakyat di tengah pandemi covid-19.

Hal itu disampaikannya saat menjadi salah satu calon kepala daerah yang menyampaikan pernyataan dalam rapat pengumuman calon kepala daerah PDIP di 45 wilayah di Indonesia, Jumat (17/7/2020).

Pernyataan disampaikan secara virtual di hadapan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Sekjen Hasto Kristiyanto, serta Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo serta Puan Maharani.

Gibran awalnya menyampaikan dirinya bersyukur dan menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas amanah menjadi calon walikota Solo.

“Rekomendasi ini bagi saya adalah suatu kehormatan sekaligus tanggung jawab untuk bisa memenangkan kontestasi pilkada kota Surakarta 2020. Saya dan Pak Teguh akan segera melakukan komunikasi intensif, koordinasi dan konsolidasi ke internal jajaran pengurus seluruh DPC, anak cabang, hingga tingkat ranting di PDI Perjuangan Kota Surakarta mengikuti arahan Ketua DPC FX Hadi Rudyatmo,” kata Gibran.

Dia juga menyebut nama Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto yang juga Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, yang disebutnya bersama Hadi Rudyatmo telah membimbing serta mengarahkan dirinya. Baginya, rekomendasi calon kepala daerah adalah juga momentum konsolidasi dan pemenangan agar bisa mendudukan kembali kader terbaiknya untuk memimpin.

“Dan marilah kita semua menjadikan pilkada kali ini tidak hanya sebagai sebuah proses politik dan demokrasi tetapi juga sebagai ajang gotong royong untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi covid 19,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Calon Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, mengatakan para calon kepala daerah di wilayah Timur Indonesia berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan partai kepada mereka. Pihaknya siap terus berjuang solid, bergerak bersama, gotong royong memenangkan Pilkada 9 Desember yang akan datang. 

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Ibu Ketua Umum memberikan kesempatan kepada kami sebagai Ketua DPD provinsi Papua Barat. Kami siap bertarung untuk memenangkan Pemilu 2020, juga Pemilu 2024 untuk kejayaan PDIP Papua Barat,” kata Markus. 

Calon Bupati Kota Bitung, Maurits Mantiri, mengatakan bahwa konsolidasi pilkada di wilayah Indonesia tengah terus dilakukan. Termasuk konsolidasi dengan anak ranting, musyawarah cabang dan anak cabang. Demikian pula dengan dukungan tokoh masyarakat yang sudah final. Jaringan relawan juga telah bersatu dalam rangka mencapai kepercayaan yang sudah diberikan oleh Ibu Ketua Umum dan DPP PDIP. 

“Kiranya kepercayaan yang diberikan Ibu Megawati Soekarnoputri ini benar-benar akan kami dapat bertanggungjawab ini wujud menjaga nama baik di Kota Bitung,” kata Maurits. [bs]

kontributor: bambang s

Continue Reading

Politik

Pesan Ketum PDIP: Calon Kepala Daerahnya Jangan Berleha-leha, Segera Turun Ke Rakyat

Published

on

JAKARTA – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri meminta agar para calon kepala daerah yang diusung partai itu, termasuk Gibran Rakabuming di Pilwalkot Solo, untuk tidak berleha-leha usai menerima rekomendasi maju dari partai. Semuanya harus segera bekerja keras turun di tengah rakyat untuk meraih kemenangan di pilkada.

Dalam salah satu poin amanatnya usai pengumuman calon kepala daerah di 45 wilayah yang dilaksanakan di kantor pusat DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Jumat (17/7/2020), Megawati mengucapkan selamat kepada yang sudah mendapatkan rekomendasi resmi.

“Tetapi tolong diingat. Ini di dalam perjuangan, baru tahap pertama. Kalian baru terpilih untuk menjadi calon. Sedangkan perjuangan adalah nanti bulan Desember. Oleh sebab itu, maka bergerak lah cepat turun ke bawah untuk mendapatkan simpati dari masyarakat, dari rakyat yang akan memilih,” kata Megawati.

Diingatkan Megawati, PDIP harus mencapai kemenangan besar di Pilkada 2020, sebagai batu lompatan meraih kemenangan di pemilu 2024 mendatang.

“Tidak bisa kita berleha-leha saja. Oh sudah ada rekomendasi di tangan saya, tidak bisa berleha-leha. Sepenuhnya harus terus dilakukan dengan kerja keras,” imbuhnya.

Dia mengatakan semua calon kepala daerah dari PDIP harus bersama-sama tetap menyatukan hati, pikiran, ucapan, dan tindakan ke dalam satu tarikan nafas dalam mewujudkan perjuangan dalam Pancasila dan Trisakti Bung Karno.

“Jangan pernah, jangan sekali-kali pernah kamu mengkhianat dirimu sendiri dengan ucapanmu sendiri. Kalau pikiran dan nuranimu jadi satu, Insya Allah kemenangan ada di tangan kita.Terus rapatkan barisan, bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh,” pungkas Megawati. [bs]

kontributor: bambang

Continue Reading

Terpopuler