Connect with us

Art and Science

Dinas Pendidikan Jawa Barat Kenalkan Cara Membatik dengan Teknologi Komputer

Edupublik.com, Bandung – Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menggandeng Piksel Indonesia dalam Workshop Mendesain Motif Batik berbasis teknologi komputer dengan menggunakan software jBATIK guna meningkatkan Kompetensi dan Kreatifitas Guru di lingkungan Provinsi Jawa Barat.

“Kegiatan Workshop ini mengangkat tema “Yuk Ngabatik dengan jBATIK”, yang dihadiri oleh guru-guru SMK bidang Batik, Kriya Tekstil dan Kulit, Tata Busana serta bidang Informatika, Animasi dan Multimedia,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Asep Suhanggan, di Bandung, Sabtu (26/8/2017).

Asep menuturkan, dengan kerjasama tersebut setidaknya ini telah meringankan tugas kami dalam meningkatkan kompetensi.

Ia juga mengatakan, Batik adalah termasuk suatu karya intelektual nenek moyang kita yang memiliki nilai filosofis tinggi dan ini harus kita pertahankan karena dengan membatik dapat menyeimbangkan otak kiri dan kanan karena adanya unsur imajinasi dan intuisi.

Dalam kesempatan yang sama, Chief Design Officer Piksel Indonesia Lukman, mengatakan, jBATIK adalah sebuah perangkat lunak desktop dengan sistem parametrik untuk menciptakan pola batik dan pola lainnya dengan menggunakan rumus fraktal sehingga menghasilkan sebuah pola.

“Dengan perangkat ini, siswa dapat bereksperimen membuat beragam bentukan baru dalam bentuk tiga dimensi (3D) dan mewujudkannya dalam perhiasan atau elemen arsitektural, baik dengan tangan atau menggunakan laser cutting, 3D printing, CNC atau dengan alat mekanikal lainnya,” kata Lukman.

Ia menambahkan, secara umum perangkat lunak ini dapat menjadi alat bantu dalam memberikan pemahaman mengenai tradisi batik karena dapat ditampilkan secara visualisasi.

Diharapkannya, kedepan nanti siswa dapat berperan secara aktif untuk membuat beragam desain-desain baru dengan bantuan perangkat lunak ini.

Sementara itu, Cucu Sutiana salah satu peserta workshop mengucapkan terimakasih atas kegiatan yang dilakukan Dinas Pendidikan Jawa Barat dan ini menambah pengetahuan kami sebagai guru dan diharapkan dengan perangkat lunak tersebut proses pembelajaran semakin interaktif serta memungkinkan siswa dapat bereksperimen,” ucapnya yang juga guru Tata Busana di SMKN 9 Bandung.

Dipengujung acara, peserta workshop disajikan karya-karya dari jBATIK dan foto bersama disertai pemberian sertifikat sebagai kenang-kenangan. [js]

Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EduOto