Connect with us

Art and Science

Festival Kesenian Yogyakarta berlangsung Selama 3 Pekan

Edupublik.com – Festival Kesenian Yogyakarta ke-29 dengan mengambil tema besar “Umbar” dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, serta ditandai dengan pelepasan pawai jalanan yang diikuti oleh kelompok kesenian dari lima kabupaten/kota di DIY serta komunitas kesenian dari Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua.

“Festival ini dapat menjadi panggung hiburan rakyat, penyegaran dari hiruk-pikuk masalah-masalah politik,” ujar Sultan, seperti dilansir Antara, Kamis, (27/7/2017).

Sultan mengapresiasi perhelatan seni tahunan tersebut karena pencapaian seni yang dihasilkan dari proses kreatif dapat diperagakan di hadapan masyarakat di berbagai sudut ruang publik.

Ia berharap kualitas penyelenggaraan FKY dari tahun ke tahun dapat terus meningkat. Sebab dengan pengembangan proses kreatif dan keunikan yang khas mampu mencapai peradaban yang unggul serta mengembalikan nilai-nilai keluhuran, keutamaan dan jati diri Yogyakarta.

Sementara itu, Ketua Umum FKY ke-29, Roby Setiawan mengatakan festival seni ini akan berlangsung dari 27 Juli hingga 13 Agustus 2017 di Planet Pyramid, Jalan Parangtritis, Bantul.

Tempat ini, jelas Roby, dirancang sebagai ruang apresiasi sekaligus wadah untuk menemukan tradisi yang khas di dalam ekosistem kesenian di Yogyakarta. “Kami berharap mampu memicu kreativitas baru,” jelasnya.

Menurut dia, tema besar “Umbar” sengaja dipilih supaya FKY ke-29 ini dapat menjadi tempat melepas penat sekaligus memberikan kesegaran baru bagi masyarakat. [ant]

Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EduOto