Connect with us

Edu Health

Grand Opening Oriskin Hadir di Bandung

Edupublik – Oriskin hadir dengan mengintegrasikan  kebutuhan wanita Indonesia untuk cantik secara menyeluruh dengan kualitas perawatan yang terbaik, Oriskin pilih Bandung sebagai kota ke-19 yang memiliki gerainya. Grand Opening Oriskin yang diadakan di gerai barunya di Jalan Cihampelas no.42 Bandung (12/08/2017).

Oriskin menawarkan beragam perawatan kecantikan dan kesehatan yang ditangani oleh para dokter & tenaga ahli profesional dibidang kecantikan. Treatment yang di tawarkan Oriskin ialah skin treatment, body treatment, hair treatment dan nail treatment.

Visi dan misi Oriskin ialah menjadi ultimate beauty care yang akan merawat dan mempercantik wanita Bandung. Tentunya dengan menghadirkan perawatan kecantikan terbaik, teknologi terdepan, dan dermatologis yang berpengalaman serta menggunakan produk-produk andalan berstandar Internasional.

photo credit: Grand Opening Oriskin di Jalan Cihampelas Bandung / dok. akbar

“Kita menggunakan bahan dasar alami semuanya dalam perawatan, seperti durian, manggis, kelapa dan berbagai macam jenis bunga, sehingga hasil yang diberikan juga menjadi maksimal,” jelas Dr. Rimenda Sitepu, kepala dokter Oriskin.

Oriskin juga menawarkan sistem membership bagi para pelanggannya.Dengan membership, pelanggan dapat merasakan variasi perawatan yang sesuai kebutuhan dan hasil yang maksimal.

Untuk Opening Oriskin Bandung memberikan promo spesial yaitu diskon 50% all treatment dan produk sampai akhir Agustus 2017.[rls/SA]

Baca selanjutnya
Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edu Health

Jejak Virus yang Terekam Sepanjang Sejarah Manusia

Published

on

ilustrasi/foto source: via twitter

EDUPUBLIK.COM – Seringkali kita dengar penyakit-penyakit yang diakibatkan infeksi virus, tapi tahukah anda bahwa jejak virus ternyata telah terekam sejak dulu kala?

Kata “virus” mengacu pada racun, pertama digunakan dari bahasa Latin, “virulentus” yang dikenal pada sekitar tahun 1392.

Pengertian virus sebagai “agen yang menyebabkan infeksi penyakit” pertama kali digunakan tahun 1728, sebelum ditemukannya virus sendiri oleh Dmitry Iwanovsky tahun 1892.

Virus merupakan parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri.

Keberadaan virus diperkirakan telah ada sejak jaman sebelum masehi, dimana hal tersebut diduga akibat adanya beberapa penemuan-penemuan berupa catatan-catatan mengenai infeksi virus dalam bentuk hieroglyph di Memphis, ibu kota Mesir kuno (1400SM) yang menunjukkan gejala suatu penyakit poliomyelitis; dimana terlihat gambar lelaki dengan kaki pincang seperti ciri khas penyakit polio yang merusak saraf motorik.

Selain itu, penemuan makam dan identifikasi mumi juga menunjukkan dugaan bahwa Raja Firaun Ramses V meninggal akibat terserang oleh virus cacar air pada tahun 1196 SM.

Pada tahun 1880, Louis Pasteur dan Robert Koch mengemukakan teori bahwa mikroorganisme merupakan suatu penyebab penyakit. Setelah itu, pada tahun 1898, Loeffler dan Frosch melaporkan bahwa penyebab penyakit mulut dan kaki sapi dapat melewati filter yang tidak dapat dilewati bakteri. Namun demikian, mereka menyimpulkan bahwa patogennya berupa bakteri yang sangat kecil.

Pada tahun 1911, seorang ahli patologi dari Inggris, Francis Peyton Rous menemukan bahwa jika ayam yang sehat diinduksi dengan sel tumor dari ayam yang sakit, maka pada ayam yang sehat tersebut juga akan tumbuh sel-sel kanker.

Selain itu, Rous juga mencoba melisis sel tumor dari ayam yang sakit lalu menyaring sari-sarinya dengan pori-pori yang tidak dapat dilalui oleh bakteri, lalu sari-sari tersebut di suntikkan dalam sel ayam yang sehat dan ternyata hal tersebut juga tetap dapat menyebabkan kanker.

Rous menyimpulkan kanker disebabkan karena sel virus pada sel tumor ayam yang sakit yang menginfeksi sel ayam yang sehat.

Penemuan tersebut merupakan penemuan pertama virus onkogenik, yaitu virus yang dapat menyebabkan tumor. Virus yang ditemukan oleh Rous dinamakan Rous Sarcoma Virus (RSV).

Wendell Stanley merupakan orang pertama yang berhasil mengkristalkan virus pada tahun 1935. Virus yang dikristalkan merupakan Tobacco Mozaic Virus (TMV). Stanley mengemukakan bahwa virus akan dapat tetap aktif meskipun setelah terjadinya kristalisasi.

Siapa yang menyangka virus memiliki sejarah yang begitu panjang dalam kehidupan manusia. [mey]

Continue Reading

Edu Health

Rahasia Panjang Umur Masyarakat Jepang

Published

on

ilustrasi/foto source: via twitter

EDUPUBLIK.COM – Data WHO tahun 2017 menunjukan bahwa penduduk Jepang memiliki angka harapan hidup yang paling tinggi diseluruh dunia.

Para wanita di Jepang rata-rata memiliki angka harapan hidup dengan rata-rata 86,6 tahun; sedangkan pria jepang memiliki angka harapan hidup rata-rata 80,5 tahun.

Sebuah studi oleh Kayo Kurotani yang dipublikasikan tahun 2016 di British Medical Journal (BMJ) menemukan bahwa asupan makanan penduduk Jepang memiliki peran penting dalam menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Tingkat obesitas ditemukan hanya pada 3,5% dari total penduduk negara Jepang. Tingkat kanker payudara, kanker prostat, dan penyakit jantung pun juga lebih rendah dibandingan dengan populasi dunia.

ilustrasi/foto source: via twitter

Apa sebenarnya yang jadi rahasia umur panjang mereka? Berikut adalah beberapa kebiasaan ala Jepang yang bisa Anda adaptasi untuk dipraktekkan sehari-hari:
.
Pengaturan Pola Makan dan Masakan

Makanan tradisional Jepang sangatlah sederhana, yakni dengan direbus, dipanggang, atau ditumis sebentar.

Dengan cara masak seperti ini, makanan tidak akan melalui proses panjang memasak sehingga kerusakan yang terjadi maupun radikal bebas yang terbentuk dari setiap proses memasak akan menjadi sangat minimal.

Masyarakat Jepang juga cenderung memperhatikan estetika dan makanan disajikan dalam porsi kecil.

Selain itu, di Jepang konsumsi karbohidrat selain nasi sangat bervariasi; di antaranya udon / soba (jenis mie), dan roti gandum.

Kebiasaan ini membantu mengurangi asupan karbohidrat berlebihan pada tubuh sehingga mencegah obesitas, diabetes dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Teh hijau

Penduduk Jepang memiliki kebiasaan mengonsumsi teh hijau tanpa gula setiap hari. Teh hijau mengandung flavonoid, suatu kandungan dengan sifat antikarsinogenik dan antioksidatif.

Kebiasaan inilah yang diduga menjadi salah satu kunci untuk menurunkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan kanker.

Konsumsi Ikan dan Tofu

Menu ikan dan tofu (di Indonesia kita kenal dengan sebutan tahu) paling sering dijumpai di masyarakat Jepang.

Ikan merupakan sumber makanan ting0gi asam lemak Omega 3 yang penting untuk kesehatan otak dan jantung.

Sedangkan tahu merupakan sumber isoflavon tinggi yang baik untuk mekanisme hormon wanita dan bermanfaat dalam menurunkan risiko osteoporosis.

Aktivitas Fisik

Masyarakat Jepang lebih menyukai transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi karena pajak kendaraan bermotor yang cukup besar. Selain bersepeda, mereka juga rutin berjalan kaki dan berekreasi ke alam bebas.

Selain itu, Jepang memiliki tradisi “rajio taiso”, yaitu suatu rutinitas senam radio setiap pagi. Mayoritas anak-anak dan lansia ikut perpartisipasi.

Manfaatnya adalah peningkatan kesehatan bagi partisipan, di samping fleksibilitas dan fokus yang lebih baik disekolah serta jembatan komunikasi antar generasi.

Jadi jika Anda tertarik untuk hidup sehat demi umur panjang, yang harus Anda lakukan hanyalah mengubah sedikit gaya hidup Anda.

Sebagian besar dengan mengonsumsi makanan yang tepat, porsi kecil, ditambah dengan teh hijau tanpa gula dan jangan lupa meningkatkan aktivitas fisik dengan berolahraga. [mey]

Continue Reading

Edu Health

Ayoo Hidup Sehat Bersama Albusmin

Published

on

EDUPUBLIK, Bandung – Niatan untuk memulai pola hidup sehat dengan mulai berolahraga atau mengkonsumsi makanan sehat seringkali terhalang dengan padatnya aktivitas, dimana kemudian hidup sehat bukan lagi menjadi prioritas. Padahal sebenarnya hidup sehat bisa dijalani di dalam padatnya aktivitas.

Menurut Ahli Nutrisi dan Olahraga, Jansen Ongko M.Sc, RD, “Kebanyakan orang menganggap bahwa memulai gaya hidup sehat dan aktif membutuhkan upaya besar serta menyita banyak waktu. Contohnya harus berolahraga di pusat kebugaran atau meluangkan waktu untuk mempersiapkan bekal makanan sendiri. Padahal memulai hidup sehat tidaklah perlu sejauh itu” ucap Jansen.

Dia pun menambahkan, “Untuk tetap aktif sendiri sebenamya tidak membutuhkan tempat khusus, bahkan kita bisa berolahraga dimana saja, termasuk saat berada di dalam mobil atau di tempat kerja sekalipun. Semuanya ditentukan oleh kemauan dari dalam diri kita, jadi jangan beralasan tidak sempat berolahraga lagi ya”.

Jansen memberi saran untuk memulai hidup sehat dapat diawali dari hal-hal sederhana, seperti aktif bergerak sehingga kemudian muncul kesadaran dalam mengatur pola makan guna mengoptimalkan asupan nutrisi yang diperlukan tubuh.

General Manager PT. Prima Medika Laboratories, Daniel Thian, mengatakan, “Hidup sehat tentunya harus didukung oleh dua faktor, yaitu aktivitas dan nutrisi. Jika aktivitas jasmani sudah optimal, maka nutrisi yang diperlukan tubuh juga harus terpenuhi salah satunya bernama Albumin, yang merupakan bagian dalam plasma protein didalam darah yang berfungsi sebagai sarana transportasi nutrisi ke seluruh tubuh”.

PT. Prima Medika Laboratories menghadirkan Albusmin yang berasal dari ekstrak ikan gabus yang mengandung 80,55% Protein dan 33.07% Albumin. Selain itu, Albusmin juga memiliki kandungan Omega 3, 6, 9, Kalsium, Fosfor, Asam Amino serta mineral penting lainnya.

Albusmin termasuk sebagai produk jamu yang dapat dikonsumsi oleh remaja, dewasa hingga orang tua. Albusmin juga aman dikonsumsi setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan dan membantu mempecepat proses pemulihan.[rls/SA]

Continue Reading

Edu Health

Ini Khasiat Number One Bali Honey dari Lebah Apis Mellifera

Published

on

EDUPUBLIK.COM, Bandung – Khasiat madu dari masa ke masa tak pernah pudar, itu adalah pengetahuan awam. Namun, tahukah ada satu produk madu yang punya aneka khasiat terutama kesehatan dengan segala kelebihannya? Ini dia, ternyata!

“Perkenalkan, Number One Bali Honey ini madu bukan sembarang madu,” kata Inna pemilik nama lengkap Inna Musailimah Tri Santosa. Tanpa banyak bicara, wanita paruh baya yang masih tampak gesit diusianya, mempersilahkan para jurnalis yang hadir disitu untuk mencicipi produknya.

“Pakailah sendok plastik ini, lalu emut-mutlah di mulut,” tuturnya memberi tips. Tak pelak, berbagai reaksi positif dari mulut para para jurnalis yang tergabung dalam JBN (Jurnalis Bela Negara) yang hari itu (30/12/2017), berkumpul di Pasraman Widya Dharma Jalan Subagyo Lanud Husein Sastranagara Bandung, melontarkan testimoni secara spontan.

“Ini beda rasanya dengan madu biasa, lebih natural dibanding madu biasa lainnya. Rasa bunga dan buah, begitu terasa,” kata jurnalis Bagoes Rinto Hadi. Jurnalis lainnya, Mochammad Gun, menimpal: ”Benar ini, tak seperti madu biasa yang suka saya konsumsi. Kenapa bisa begini?”

Tak berapa lama Inna yang berpembawaan ramah, belakangan ia membocorkan info, ia memang berasal dari kota Solo (Jawa tengah), menjelaskan inilah bedanya dengan madu yang biasa kita konsumsi. “Ini berasal dari lebah asli Eropa (Apis Mellifera). Lebah ini terkenal paling cerdas dalam memilih sari bunga (nectar),” terang Inna sambil menambahkan, “Budidaya lebah ini, hanya khusus di Bedugul (Bali). Di sana masih luas hutannya, tanaman liar, aneka buah, dan bunga liar tumbuh subur. Makanya, punya taste dan khasiat yang kuat”

Khasiat Bagi Kesehatan

Menurut Inna, dirinya sebelum berani menawarkan keunggulan madu yang punya banyak khasiat kesehatan, sekeluarga telah lama mengkonsumsinya sebagai pengganti gula putih. “kami gunakan untuk memasak, membuat minuman, membuat kue, dan dikonsumsi rutin pagi dan sore,” papanya dengan menambahkan: “Sebaiknya Bali Honey tidak disimpan di dalam kulkas. Dan habiskan sebelum masa berlakunya selama 6 bulan”

So, bagi warga Bandung dan sekitarnya yang berminat merasakan khasiat dan sensasi madu merek Number One Bali Honey dapat mengontak Inna di nomor 085244787788. “Patokan harganya Rp.275.000, ukuran botol 600 gram,” begitu jelasnya dengan sesungging senyum. [HS/SA]

Continue Reading

Edu Health

Sarah Tsunami ‘Bayi Ajaib’, Kata Dokter RS Mata Cicendo: Kemungkinan, Terhindar dari Kebutaan …

Published

on

EDUPUBLIK.COM, Bandung – Secercah harapan dari ‘bayi ajaib’ Sarah Tsunami (11) yang terselamatkan oleh mukzizat Tuhan kala, bencana tsunami menerpa pantai Pangandaran pada Senin sore 17 Juli 2006, dengan korban lebih dari 500 orang, muncul di ruangan pemeriksaan refraksi mata di lantai 4 RS Mata Cicendo Bandung:”Bila anak manis ini dioperasi Insya Alloh penglihatannya sekitar 60% pulih. Tentu, masih dibantu kacamata. namun tak setebal sekarang,” kata dr. Irawati Irfani, Sp. M (K), M.Kes. pada Rabu, 13 Desember 2017.

Sejenak para pendampingnya yang diutus Ketua Umum DPP Gerakan Hejo, Eka Santosa, yang membawa Sarah siswa kelas 5 SDN 2 Bojong di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, agak terhenyak:”Bukankah selama ini Sarah menyandang low vision?”

“Hasil pemeriksaan hari ini, bila sekedar kacamatanya akan diganti, nanti akan semakin tebal. Sarannya, Sarah dioperasi untuk menempatkan semacam lensa. Tentu, harus persetujuan orang tuanya. Silahkan dipertimbangkan,” tambah dr. Irawati dengan bijak yang sebelumnya tampak sangat cermat, menyerap hasil pemeriksaan dari lima rekan sejawatnya.

Pertimbangan Orang Tua Sarah

Para pendamping Sarah hari itu di antaranya Joggie Natadisastra, Shahadat Akbar, dan kebetulan ada Olot (pemuka adat) Sahari dari Baduy Provinsi Banten, yang untuk kesekian-kalinya kelancarannya dibantu oleh staf Humas rumah sakit ini, Ria Darmasari beserta jajarannya. Sorenya, para pendamping ini setiba di kediaman Eka Santosa di Alam Santosa, Pasir Impun Kabupaten Bandung, tempat Sarah menginap di Pasir Impun bersama ibunya Juju Juariah (45) yang tuna netra sejak kelas 3 SD, melaporkan ihwal pemeriksaan mata Sarah.

photo credit: Sarah Tsunami di RS Mata Cicendo: / dok. Akbar

“Ahamdulillah hasil pemeriksaan mata Sarah hari ini sangat menggembirakan. Tentang saran operasi mata ini, kita kembalikan sepenuhnya kepada orang tua dan keluarganya,” papar Eka yang hari itu tampak bungah.

Bagi Eka sendiri yang pada era 2006 itu masih berkiprah sebagai anggota DPR RI, kembali mengingatkan dirinya akan kebesaran Tuhan. Telah terselamatkan ‘bayi ajaib’ Sarah, ia lahir beberapa jam sebelum bencana tsunami pangandaran terjadi. Selanjutnya, orok Sarah sempat terhempas dari dekapan ibunya yang tuna netra, lalu ditemukan beberap jam kemudian di antara tumpukan sampah.

“Nama Sarah diambil dari kata sarah dalam bahasa Sunda, yang menurut orang setempat berarti sampah. Tapi, dipikir-pikir nama sarah ini jadi indah ya?” serunya dengan wajah berbinar-binar  – “Sekali lagi kepada RS Mata Cicendo dan banyak pihak yang membantu ananda Sarah tanpa pamrih, saya ucapkan terima kasih.”

photo credit: Eka Santosa orang tua angkat Sarah Tsunami / dok. Akbar

Juju, ibunya Sarah di Pasir Impun, dalam pertemuan sore itu, masih mempertimbangkan kemungkinan mengiijinkan operesi mata anak semata wayangnya dari suaminya Utan (65). “Besok akan pulang dulu ke Parigi, berunding dengan bapaknya Sarah. Bila setuju, langsung mengurus surat-surat BPJS dari Puskesmas.  Tetapi, semua ini terpulang pada pada kesiapan Sarah sendiri”.

Kepada Sarah, Eka sempat bertanya dihadapan ibunya maukah dioperasi matanya seperti tadi ibu dokter sarankan di rumah sakit agar penglihatan lebih baik, dan kacamata Sarah tidak semakin tebal?

“Kayaknya, mau saja-lah,” jawab Sarah dengan nada suara pelan. Tatkala ada yang mengejar , kira-kira bila penglihatan Sarah semakin baik apa yang akan Sarah lakukan nanti? “Sarah mau ke kebun binatang seperti dulu, waktu punya kacamata pertama. Mau naik gajah, lihat jerapah, singa, harimau, sama ular. Juga Sarah mau jalan-jalan ke mal (toserba), terus mau baca buku biar lancar norolang, juga mengaji qur’an …” tuturnya dengan lugu yang bercita-cita ingin menjadi orang berguna. [HS/SA]

 

 

Continue Reading

EduOto

Eduoto1 bulan lalu

PMJ ingatkan Cara Aman Mudik Bagi Pengendara Sepeda Motor

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombespol Argo Yuwono mengingatkan cara aman mudik yang menggunakan sepeda...

Eduoto5 bulan lalu

Benarkah Calon Pembeli Tesla Berpaling Ke Chevrolet Bolt, Ini Penjelasannya

EDUPUBLIK.COM, SAN FRANCISCO – Mobil listrik dari General Motors, Chevrolet Bolt, mendapatkan angin segar menyusul terus tertundanya produksi Tesla Model...

Eduoto5 bulan lalu

SUV termewah Mazda Mengaspal di Bandung, Ini Targetnya

EDUPUBLIK.COM, BANDUNG – Distributor resmi Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), mulai memasarkan SUV termewah dalam jajaran produk...

Eduoto6 bulan lalu

Sukses Memperkuat Penjualan, IGNIS Tampil Istimewa

EDUPUBLIK.COM, Bandung – Peluncurannya pada April 2017 lalu mencuri perhatian pencinta otomotif di Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki...

Eduoto1 tahun lalu

MCI Siap Promosikan Pariwisata dan Budaya Indonesia melalui Touring

Edupublik.com, Jakarta – Ketua Moge Club Indonesia (MCI) Brader Indra menyatakan di Tahun 2017 ini MCI akan mengadakan Tour Pariwisata...

Eduoto2 tahun lalu

Ini Kata Jokowi Terkait Tingginya Biaya Administrasi STNK

Edupublik.com, Pekalongan – Presiden Jokowi menepis sejumlah anggapan yang beredar bahwa terjadi kesimpangsiuran informasi yang masuk kepadanya terkait dengan penyesuaian...

Eduoto2 tahun lalu

Ini Alasan Pemerintah Menaikan Biaya Administrasi STNK

Edupublik.com, Jakarta – Pemerintah menaikan biaya administrasi pengurus STNK, SIM, dan BPKB. Beberapa poin peningkatan layanan menjadi keuntungan yang didapat...

Eduoto2 tahun lalu

Kapolri : Kenaikan Tarif STNK Usulan DPR

Edupublik.com, Jakarta – Kenaikan tarif STNK menuai berbagai kritik. Nilai kenaikan biaya yang terbilang besar membuat masyarakat resah. Di sisi...

Eduoto2 tahun lalu

Standar Khusus Armada Bus Transjakarta

Edupublik.com, Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana membuat standar atau klasifikasi khusus untuk seluruh armada bus yang akan dipesan...

Terpopuler