Connect with us

NEWS

Himbauan KBRI Washington untuk WNI di AS

Edupublik.com – Pemerintah Indonesia melalui Perwakilan RI di AS mengikuti dari dekat berbagai perkembangan di sejumlah kota dan dampaknya terkait WNI di AS.

Dalam rilis yang diterima redaksi edupublik.com, terkait dengan kondisi tersebut, KBRI menghimbau WNI di AS agar selalu waspada, menjaga keamanan pribadi dan menghindari kerumunan massa.

WNI diminta tenang dan tidak berspekulasi dengan adanya berita yang tidak terkonfirmasi serta tetap menaati aturan dan himbauan Pemerintah setempat.

Perwakilan RI akan melakukan komunikasi melalui berbagai media untuk bisa menjangkau WNI di AS. WNI dpt hubungi Perwakilan RI di AS di nomor darurat. (azr)

Baca selanjutnya
Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edu Tekno

Krisis Lahan Subur, BPPT Dorong Masyarakat Konsumsi Pangan Selain Beras

Published

on

photo credit: Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologin (TAB-BPPT) Soni Solistia Wirawan, saat acara "Ketahanan Pangan Dengan Rekayasa Teknologi Pangan Non Beras", di Jakarta, (6/6)/dok. dade

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Pusat Teknologi Agroindustri (PTA) BPPT mengatakan dalam rangka mengatasi ketersediaan pangan pokok, sejak tahun 2015 mengembangkan beras non padi yang berasal dari sumber karbohidrat yang tersedia di negeri ini.

“Sumber karbohidrat yang dimaksud adalah sumber karbohidrat yang berasal dari bahan non padi seperti ubi kayu, ubi jalar, jagung, sorghum dan sagu,” ujar Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologin (TAB-BPPT) Soni Solistia Wirawan, saat acara “Ketahanan Pangan Dengan Rekayasa Teknologi Pangan Non Beras”, di Jakarta, (6/6/2018).

Dia mengatakan, segala upaya dan sumberdaya yang tersedia dikerahkan untuk menyediakan beras guna mencukupi kebutuhan pangan bangsa Indonesia yang berjumlah 250 juta jiwa lebih.

“Namun kita sadar untuk menyediakan beras 40 juta ton bukan perkara mudah, karena saat ini menghadapi beberapa keterbatasan seperti terbatasnya lahan subur, terbatasnya sumber air, rusaknya saluran air irigasi terbatasnya tenaga kerja petani, dan yang tidak kalah pentingnya adalah adanya perubahan iklim global yang berdampak terhadap penyediaan beras di negeri ini,” kata Dia.

Dia mengatakan, pangan karbohidrat non padi tersebut sebelumnya merupakan bahan pangan di daerah-daerah tertentu yang secara agroklimat tanaman padi kurang dapat tumbuh baik. Pangan karbohidrat non padi tersebut sering di sebut sebagai pangan lokal.

“Masyarakat daerah tertentu sudah terbiasa mengkomsumsi pangan lokal sebagai sumber karbohidratnya, namun keberadaan beras yang melalui program swasembada beras sangat berhasil menggeser keberadaan pangan lokal tersebut,” katanya.

Dia menuturkan, negara dan bangsa yang hanya menghandalkan pada satu bahan pokok saja akan mengalami goncangan politik maupun ekonomi manakala ketersediaan pasokan pangan pokoknya terganggu.

Penyediaan pangan pokok non padi, lanjutnya, menjadi salah satu solusi. Mengingat masyarakat Indonesia sudah terbiasa mengkonsumsi nasi dari beras maka melalui rekayasa teknologi bahan pangan lokal tersebut dibuat menyerupai bulir padat.

“Dengan membentuk bulir seperti beras maka diharapkan ketersediaan beras non padi dapat diterima oleh konsumsi di negeri ini,” katanya.

Dia mengungkapkan, data yang diperoleh dari Outlook Pangan Karbohidrat menyebutkan bahwa pada tahun 2015 di Indonesia ini terdapat 7 Provinsi yang mengalami difisit neraca beras padi.

“Ketujuh Provinsi tersebut adalah Papua, Papua Barat, Maluku Utara, Riau, Jambi, Bangka Belitung, dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Dari ke 7 Provinsi tersebut defisit berasnya mencapai 1,4 juta ton,” tandasnya. [dade]

Continue Reading

Edu Tekno

Pemerintah Rampingkan Izin Penyiaran

Published

on

photo credit: Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Ahmad Ramli/foto: @suprioagung via: twitter

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyederhanakan izin penyiaran dari empat peraturan menteri menjadi satu peraturan menteri serta menerapkan sistem “online single submission” (OSS).

“Peningkatan pelayanan publik dalam sektor penyiaran termasuk dalam agenda keempat dengan melakukan reformasi birokrasi untuk mewujudkan birokrasi yang bebas korupsi dan menciptakan iklim industri penyiaran yang kondusif,” ujar Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Ahmad Ramli, dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Menurutnya, upaya mewujudkan pelayanan perizinan yang prima harus didukung dengan peraturan Menteri Kominfo terbaru.

Dia mengatakan, peraturan itu mencakup pelaporan perubahan data perizinan, biaya izin, sistem stasiun jaringan, daerah ekonomi maju dan daerah ekonomi kurang maju dalam penyelenggaraan penyiaran.

Tujuan penyederhanaan regulasi tersebut, lanjutnya, untuk memastikan efektivitas dan efisiensi, percepatan waktu pelayanan atau proses perizinan penyiaran, adanya kejelasan proses, waktu dan sanksi untuk setiap tahapan proses perizinan.

Selanjutnya, kata dia, memberikan kepastian hukum untuk masyarakat dan industri penyiaran.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan seluruh pemangku kepentingan memahami dan mendukung langkah yang diambil oleh Kemenkominfo dalam penyederhanaan perizinan bidang penyiaran,” katanya.

Para pemangku kepentingan, kata Dia, diminta berkomitmen dalam mendukung penyiaran yang sehat, kompetitif, berdaya saing, dan bermartabat serta meningkatkan dan memperkuat tertib administrasi perizinan penyiaran sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan

“Kemudian mendukung percepatan perizinan secara daring dalam rangka menghadirkan pelayanan publik yang mudah diakses, transparan dan akuntabel serta menolak segala bentuk praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme dalam pengurusan perizinan penyiaran,” tandasnya. [ant]

Continue Reading

Nasional

Peringatan Nuzulul Quran, Jokowi tegaskan Relevansi Alquran di Era Digital ‘Disruption’

Published

on

photo credit: Jokowi dalam peringatan Nuzulul Quran tahun 1439H/2018M tingkat nasional, di Istana Negara, Senin (4/6)

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan meskipun kehidupan manusia saat ini sudah memasuki era digitalisasi, Alquran tetap sangat relevan menjadi ajaran dan sumber moral dan inspirasi.

“Alquran adalah hidayah dalam mengarungi gelombang digital disruption. Sehingga kita bisa terselamatkan, bisa tetap produktif, bisa tetap kompetitif, dan bisa tetap berprestasi,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya pada acara peringatan Nuzulul Quran tahun 1439H/2018M tingkat nasional, di Istana Negara, Senin (4/6/2018).

Sebagai bangsa, lanjutnya, bangsa Indonesia harus menjadi Khoiru Ummah, umat yang terbaik dan besar, kompetitif, berkemajuan, berkeadaban, dan disegani oleh bangsa-bangsa lain.

“Dengan hidayah dari Alquran dan penguasaan teknologi digital, Insyaallah bangsa Indonesia akan mendapatkan kemuliaan, mendapatkan karomah dari Allah SWT dan ditinggikan derajatnya,” ujarnya.

Jokowi mengatakan, turunnya Al quran menandai sebuah babak baru dalam sejarah peradaban manusia dan umat Muslim.

Dengan turunnya Alquran, lanjutnya, orang-orang bertaqwa mendapat hidayah, mendapat petunjuk, untuk keluar dari fase penuh kegelapan menuju fase yang sangat terang.

“Dengan turunnya Alquran kita menjadi tahu bahwa Allah SWT memerintahkan kita untuk menjadikan sabar dan sholat sebagai penolong bukan yang lain,” kata Jokowi.

Dia menuturkan, sejak turunnya pertama kali, Alquran sudah menjadi sumber inpirasi dan pedoman mulia dalam membawa kemajuan kehidupan manusia di muka bumi.

Dia menuturkan, di kalangan ulama dan para akademisi, Alquran telah menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Jokowi mengajak agar kita bisa membawa bangsa Indonesia untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hal tersebut, lanjutnya, untuk membuktikan bahwa kita benar-benar mengemban perintah Allah SWT untuk memakmurkan kehidupan di dunia.

“Dengan bersumber pada Alquran, marilah kita membangun kemaslahatan, membangun kedamaian, membangun kemajuan dan harmoni di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya.

Acara sendiri dimulai pukul 20.00 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran, surat Al Baqarah ayat 185 dan surat An Nahl ayat 90 oleh juara II MTQ Internasional di Iran tahun 2017, Zulaihah.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam peringatan Nuzulul Quran ini yaitu Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Tampak pula sejumlah menteri Kabinet Kerja, diantaranya Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Selain itu juga, hadir Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Sosial Idrus Marham, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, dan Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Acara tersebut juga dihadiri oleh para duta besar negara sahabat, anak-anak yatim, dan perwakilan masyarakat. [dade]

Continue Reading

Nasional

3,4 Juta Pemudik Melalui Jalur Laut, Menhub Siapkan 1.293 Unit Kapal

Published

on

photo credit: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi/dok. Dade

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan penyelenggaraan siaga angkutan laut lebaran tahun ini dimulai 31 Mei hingga 1 Juli 2018.

“Guna mengantisipasi lonjakan penumpang telah disiapkan 1293 unit kapal untuk 3,4 juta penumpang,” ujar Menhub Budi, saat memimpin langsung Apel Siaga Angkutan Laut Lebaran 2018, di terminal penumpang pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, (31/5/2018).

Selain itu Menhub Budi berpesan supaya kapal yang digunakan untuk angkutan lebaran nanti sudah dilakukan uji petik kelaikan laut, terutama kapal penumpang.

“Ini menjadi tugas berat bagi perhubungan laut, tapi saya minta bekerja dengan ikhlas, agar para petugas selalu membantu terhadap para pemudik bareng guyub rukun,” kata Menhub.

Dia menambahkan, Agar diperhatikan penumpang dan membantu pemudik. “Dan Jangan ada pungli,” kata Menhub.

Lebih lanjut, Dia mengatakan, bahwa tahun 2018 ini, Kemenhub (Ditjen Hubla) juga menyelenggarakan mudik gratis kapal laut untuk pengendara sepeda motor.

“Saya berharap supaya masyarakat dapat memanfaatkan mudik gratis ini tujuan Priok-Semarang (PP),” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Agus Purnomo mengatakan dengan persiapan kesiap siagaan ini diharapkan masyarakat dapat melakukan perjalanan mudiknya dengan lancar, aman, selamat, tertib dan nyaman.

Dia mengatakan, perjalanan mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia pada saat datangnya Hari Raya Idul Fitri.

Pada saat itu, lanjutnya, terjadi perpindahan masyarakat dengan jumlah besar dan dalam waktu yang bersamaan.

“Sebagaimana arahan Menhub pada apel siaga tersebut, dalam kondisi seperti ini tentu saja harus diantisipasi dengan penyediaan sarana angkutan publik yang andal termasuk pada moda transportasi laut,” tandasnya. [dade]

Continue Reading

Nasional

Jokowi Serahkan Zakat Melalui Baznas

Published

on

photo credit: Presiden Jokowi dan Wapres Jk serahkan Zakat kepada Baznas, di Istana Negara, Jakarta (28/5)/dok. Istimewa

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), di Istana Negara.

“Melalui zakat kita berbagi dengan para mustahik, para penerima zakat. Berbagi rezeki, berbagi rasa persaudaraan, berbagi ibadah, berbagi kebahagiaan, terlebih di bulan suci Ramadan saat ini,” ujar Jokowi, di Jakarta, Senin (28/5/2018).

Dia mengatakan, sebagai umat muslim, memberikan zakat adalah menjalankan sebuah keindahan Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin.

Jokowi juga mengajak para menteri untuk menunaikan kewajiban zakatnya. Selain para menteri, hadir juga sekitar 300 pejabat tinggi termasuk pejabat eselon I dari berbagai kementerian dan lembaga negara, serta direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Semoga, lanjutnya, zakat yang kita keluarkan menyempurnakan ibadah puasa kita dan menyempurnakan ketaatan kita, ketakwaan kita kepada Allah SWT.

“saya mengajak para muzaki, para pemberi zakat, untuk memberikan zakat melalui BAZNAS, supaya lebih aman, lebih teratur dan bisa benar-benar tepat penyalurannya kepada para mustahik,” kata Jokowi.

Dia menuturkan, Berbeda dengan acara pada tahun-tahun sebelumnya, hari ini diundang juga publik figur dan muzaki dengan berbagai profesi seperti dokter, pengusaha kecil hingga tukang ojek untuk menunaikan zakat bersama-sama.

BAZNAS sendiri menyiapkan 30 konter di lingkungan Istana Negara untuk melayani pembayaran zakat. Pembayaran bisa dilakukan secara tunai maupun nontunai untuk memudahkan muzaki menunaikan zakatnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga masing-masing menyalurkan zakatnya melalui konter-konter tersebut untuk kemudian diikuti oleh para menteri dan pejabat eselon I kementerian maupun lembaga pemerintah, serta sejumlah direksi BUMN.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Bambang Sudibyo mengatakan, zakat makin berperan dan bersinergi dengan program-program pengentasan kemiskinan pemerintah.

“Penelitian Pusat Kajian Strategis (Puskas) BAZNAS pada 2017 menunjukkan bahwa distribusi dan pendayagunaan zakat berhasil meningkatkan pendapatan mustahik fakir miskin sebanyak 27 persen per tahun,” kata Bambang. [dade]

Continue Reading

International

Trump Batal Bertemu Dengan Kim Jong Un, Ini Penjelasan Gedung Putih

Published

on

Grafik gambar: Donald Trump/Kim Jong Un/foto: via twitter

EDUPUBLIK.COM, WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat Donald Trump memutuskan untuk membatalkan pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang sudah mereka rencanakan.

Keputusan itu diambil setelah Korea utara melanggar serangkaian janjinya dan memutus komunikasil langsung dengan Amerika Serikat, kata seorang pejabat senior Gedung Putih, Kamis waktu setempat, seperti dikutip Reuters.

Dalam briefing kepada wartawan seraya meminta namanya tidak disebutkan, sang pejabat juga mengutipkan ancaman Korea Utara baru-baru ini bahwa negara itu sudah siap menghadapi bentrok nuklir dengan Amerika Serikat.

“Kurangnya perhitungan yang aneh ini, yang dikombinasikan dengan janji-janji yang dilanggar selama pekan-pekan terakhir dan penghentian komunikasi langsung oleh Korea Utara dengan Amerika Serikat, menunjukkan kurangnya itikad baik yang besar,” kata pejabat AS itu.

“Ada jejak janji-janji yang dilanggar yang membuat Amerika Serikat berhenti,” sambungnya. [ant]

Continue Reading

Ekonomi

Resmi Beroperasi, Pesawat Kepresidenan Mendarat Mulus di Bandara Kertajati

Published

on

photo credit: pesawat kepresidenan mendarat di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, (24/5)/@jokowi via: twitter

EDUPUBLIK.COM, MAJALENGKA – Pesawat Kepresidenan yang ditumpangi oleh Jokowi mendarat mulus di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Kertajati. Bandara tersebut diproyeksikan untuk dapat melayani arus mudik Lebaran 2018.

“Menteri Perhubungan telah menyampaikan kepada saya insyaallah bisa (digunakan saat Lebaran) dan kurang lebih nanti tanggal 8 (Juni 2018) juga sudah ada penerbangan komersial yang masuk,” ujar Presiden Jokowi, di Majalengka, Kamis (24/5/2018).

Jokowi mengatakan, bandara yang saat ini dibangun di atas lahan seluas 1.800 hektare itu diperkirakan masih akan berekspansi lagi di masa mendatang mengingat luas lahan keseluruhan untuk pengembangan bandara tersebut dialokasikan seluas 5 ribu hektare.

“Saya kira bandara ini akan diperbesar agar pesawat-pesawat berbadan lebar bisa masuk ke Kertajati,” ujarnya.

Lebih jauh, Dia memastikan bahwa sejumlah bandara-bandara lain yang saat ini sedang dibangun pemerintah akan terus dikejar penyelesaian pembangunannya.

Dengan itu, lanjutnya, akan semakin banyak bandara-bandara besar yang siap beroperasi di Indonesia.

“Semua kita kejar. Setelah ini akan selesai Bandara Ahmad Yani di Semarang akhir tahun ini. Kemudian yang di Samarinda juga sama. Semuanya dalam proses konstruksi dan pembangunan. Yang di Yogya, Kulon Progo, kita harapkan akhir tahun depan insyaallah selesai,” tuturnya.

Adapun mengenai kemungkinan dioperasikannya BIJB sebagai bandara haji dan umrah pada tahun ini, Dia mengatakan bahwa pihaknya akan terlebih dahulu mendalami kemungkinan-kemungkinan itu.

Saat ini, Jawa Barat merupakan provinsi yang berkontribusi besar dalam memberangkatkan jemaah haji dan umrah.

Kehadiran BIJB ini diharapkan bisa menekan kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta dalam memberangkatkan jemaah sekaligus mendukung kemudahan transportasi masyarakat.

“Kita akan mendalami dulu. Kalau memang memungkinkan ya akan diberangkatkan dari sini,” katanya.

Jokowi saat memberikan keterangan terkait bandara kertajati resmi beroperasi, (24/5).

Turut hadir mendampingi Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. [dade/nurdin]

Continue Reading

Nasional

Hadapi Terorisme dengan Cara-cara yang Luar Biasa, Ini Penjelasan Jokowi

Published

on

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyatakan terorisme adalah kejahatan luar biasa yang dihadapi oleh mayoritas negara-negara di dunia. Untuk memeranginya, kejahatan tersebut juga harus dihadapi dengan cara-cara yang luar biasa.

“Kita semua tahu bahwa hampir semua negara di dunia menghadapi ancaman kejahatan terorisme ini. Ancaman terorisme bukan hanya terjadi di negara-negara yang sedang dilanda konflik, tapi juga di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa juga sedang menghadapi ancaman yang sama,” ujar Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, (22/5).

Selama ini, lanjutnya, perhatian kita disebut lebih banyak tertuju pada pendekatan hard power dalam menangani hal itu. Yakni dengan melakukan penegakan hukum yang tegas, keras, dan tanpa kompromi sekaligus memburu jaringan teroris hingga ke akarnya. Namun, hal tersebut dirasa belum cukup.

“Pendekatan hard power jelas sangat diperlukan, tetapi itu belum cukup. Sudah saatnya kita juga menyeimbangkan dengan pendekatan soft power,” katanya.

Jokowi mengatakan, selain memperkuat program deradikalisasi bagi para narapidana teroris sebagai pendekatan soft power yang telah dilakukan pemerintah, Jokowi juga menginstruksikan jajaran terkait agar langkah-langkah serupa juga diupayakan untuk membentengi masyarakat dari ideologi terorisme yang penuh dengan kekerasan.

“Saya minta pendekatan soft power yang kita lakukan bukan hanya dengan memperkuat program deradikalisasi kepada mantan napi teroris, tetapi juga membersihkan lembaga-lembaga mulai dari TK, SD, SMP, SMA/SMK, perguruan tinggi, dan ruang-ruang publik dari ajaran-ajaran ideologi terorisme,” kata Jokowi.

Langkah preventif ini, sambungnya, menjadi penting ketika kita melihat pada serangan teror bom bunuh diri di Surabaya dan Sidoarjo minggu lalu mulai melibatkan keluarga, perempuan, dan anak-anak di bawah umur. Hal tersebut, menurut Presiden, cukup memberikan peringatan bagi kita bersama.

“Ini menjadi peringatan kepada kita, menjadi wakeup call, betapa keluarga telah menjadi target indoktrinasi ideologi terorisme,” tuturnya.

Dia mengingatkan, agar pendekatan hard power yang selama ini telah berjalan lebih dipadukan dan diperkuat dengan pendekatan soft power dengan turut menyasar pada langkah pencegahan berkembangnya ideologi terorisme di lapisan masyarakat yang lebih luas.

“Sekali lagi saya ingatkan ideologi terorisme telah masuk kepada keluarga kita, sekolah-sekolah kita, untuk itu saya minta pendekatan hard power dengan soft power dipadukan, diseimbangkan, dan saling menguatkan sehingga aksi pencegahan dan penanggulangan terorisme ini bisa berjalan jauh lebih efektif,” pungkasnya.

Sementara itu Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, mengatakan, berharap revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme dapat segera dilaksanakan.

“Dengan Undang-Undang baru bisa komprehensif dengan melibatkan banyak pihak tapi tetap menghargai nilai-nilai demokrasi dan HAM. Jadi penanganan pencegahan yang melibatkan banyak pihak,” kata Tito.

Aksi terorisme, menurutnya, adalah puncak gunung es. Sementara akar gunung es meliputi permasalahan komprehensif ekonomi, ideologi, keadilan, dan ketidakpuasan.

“Ini yang perlu ditangani, ada prosesnya untuk menuju aksi terorsime. Di Surabaya prosesnya cukup panjang. Dengan rapat tadi Presiden beri arahan baik hard power penegakan hukum, melibatkan stakeholder terkait BIN, TNI, BNPT, dan langkah-langkah komprehensif pencegahan dan pascaperistiwa terutama untuk ubah mindset ideologi terorisme,” kata Tito.

Tito mengatakan Polri juga mengajukan agar dibangun rutan dengan penjagaan maksimum.

“Ada masa penangkapan, penyidikan, penuntutan, persidangan di mana tersangka atau terdakwa ditempatkan di tempat khusus yang tidak sama dengan rutan Salemba dan Cipinang,” tandasnya. [dade]

Continue Reading

NEWS

Menteri Susi Lantik Pejabat Baru di KKP

Published

on

photo credit: Menteri Susi Lantik Pejabat Baru di KKP, (22/5)/dok. istimewa

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti secara resmi melantik empat Pejabat Tinggi Madya setara Eselon I lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Auditorium Tuna, Gedung Mina Bahari IV, Selasa (22/5/2018).

Pejabat yang dilantik ialah Nilanto Perbowo sebagai Sekretaris Jenderal, sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan; Zulficar Mochtar sebagai Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan;

Kemudian, Rifky Effendi Hardijanto sebagai Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal; dan Sjarief Widjaja sebagai Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia, sebelumnya Direktur Jenderal Perikanan Tangkap.

“Saya percaya anda semua akan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas yang diamanatkan,” ujar Menteri Susi sebelum pengambilan sumpah jabatan.

photo credit: Menteri Susi Lantik Pejabat Baru di KKP, (22/5)/dok. istimewa

Dia mengatakan, rotasi perpindahan dalam sebuah organisasi merupakan hal yang perlu dilakukan, terutama dalam menempatkan sumber daya manusia sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas.

“Pergantian manajemen adalah suatu hal yang biasa dalam perjalanan organisasi. Tentu kita mencari orang yang tepat dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing,” katanya

“Hari ini saya lega melihat tatanan baru di KKP. Saya yakin setiap individu mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan jabatan barunya,” dia menambahkan.

Kepada Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan yang baru, Susi memberikan pesan agar produk perikanan dapat bernilai jual di dunia pemasaran nasional maupun global, dan harus berhasil memasarkan hasil tangkapan nelayan tradisional.

“Saya amanahkan pemasaran untuk para nelayan yang utama. Saya tidak ingin mendengar nelayan tidak bisa memasarkan hasil tangkapannya,” kata Susi.

Kepada Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan yang baru, lanjutnya, Dia berpesan agar dapat terus menorehkan prestasi dan menunjukkan kinerja yang baik di bidangnya, terutama dalam pembangunan politeknik kelautan dan perikanan.

“Pak Sjarief saya pesan, BRSDM ini dijaga, dikembangkan. Karena dari sinilah akan lahir pemimpin bangsa yang paham betul akan kelautan dan perikanan. SDM akan menjadi prioritas pembangunan,” ujarnya.

Sementara terkait perikanan tangkap, Dia memberikan pesan agar terus dijaga.

“Di perikanan tangkap sekarang yang penting menjaga (sustainability). Yang kedua affirmative dan keadilan, bahwa ijin tangkap jangan hanya terkonsentrasi di satu atau dua perusahaan. Itu akan menimbulkan impression yang tidak baik dari masyarakat. Segera lakukan secepat dan seadil mungkin,” pesannya.

Lebih lanjut, Dia mengatakan, kepada seluruh jajaran pegawai KKP agar melakukan perampingan anggaran. Mulai dari kebutuhan belanja hingga perjalanan dinas.

“Saya harapkan anda semua dengan direktorat masing-masing disesuaikan. Misalnya buat cold storage jumlahnya dikecilkan, tapi ditingkatkan kualitasnya,” tandasnya. [lap/my]

Continue Reading

International

Najib Razak Jalani Pemeriksaan Komisi Anti Korupsi Malaysia

Published

on

photo credit: najib razak/foto milik: The Star/mohd sahar misni/source via twitter

EDUPUBLIK.COM, KUALA LUMPUR – Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, tiba di Kantor Pusat Komisi Anti-Korupsi Malaysia, Selasa, (22/5), untuk menjelaskan transfer dana mencurigakan sebesar 10,6 juta dolar Amerika Serikat ke rekeningnya.

Jumlah tersebut hanya sebagian kecil dari milyaran dolar Amerika Serikat yang diduga dikorupsi dari pengelola dana pensiun nasional 1MDB. Skandal yang menimpa pemerintahan Malaysia selama tiga tahun terakhir itu membuat Najib kalah dalam pemilu 9 Mei lalu.

Kekalahan Najib merupakan guncangan bagi dunia politik Malaysia karena menjadi kekalahan pertama bagi koalisi yang memerintah di negara Asia Tenggara tersebut sejak merdeka tahun 1957.

Pemimpin baru Malaysia, Mahathir Mohamad –dalam usianya yang sudah 92 tahun harus keluar dari masa pensiun untuk bergabung dengan kelompok oposisi demi mengalahkan mantan muridnya– memutuskan untuk kembali membuka penyelidikan 1MDB dan berjanji untuk mengembalikan uang negara yang hilang.

Sejak tidak lagi berkuasa, Najib beserta istrinya yang dikenal gila belanja, Rosmah Mansor, tidak bisa lagi meninggalkan Malaysia. Selain itu rumah serta properti lainnya juga digeledah polisi.

photo credit: najib razak(stelan biru)/foto milik: The Star/mohd sahar misni/source via twitter

Najib memasuki gedung pusat Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) di Kuala Lumpur pada Selasa sambil melewati kerumunan wartawan. Najib terlihat santai dan tersenyum saat itu.

Najib sudah berulang kali membantah telah melakukan tindakan pelanggaran hukum sejak skandal 1MDB meruak pada 2015 lalu. Namun dia juga harus mengganti sejumlah pejabat MACC dan jaksa agung untuk menghentikan penyelidikan pertama skandal 1MDB.

Najib mengatakan bahwa dana sebesar 681 juta dolar AS yang didepositokan ke rekening pribadinya merupakan sumbangan dari seorang keluarga kerajaan Arab Saudi, dan membantah dugaan kalau uang tersebut berasal dari 1MDB.

Fokus awal dari penyelidikan baru MACC saat ini adalah bagaimana dana senilai 10,6 juta dolar AS dari SRC International bisa berakhir di rekening Najib.

SRC dibentuk pada 2011 pemerintahan Najib sebagai lembaga investasi asing di bidang energi dengan menggunakan uang negara. Lembaga awalnya adalah suatu unit di bawah 1MDB, yang kemudian dipindah di bawah otoritas Kementerian Keuangan pada 2012.

MACC bisa melacak jejak uang dari SRC karena transaksinya dilakukan melalui entitas Malaysia, sementara transfer 1MDB lainnya melalui bank asing.

Untuk menginvestigasi 1MDB, pemerintahan baru pada Senin membentuk satuan tugas khusus yang terdiri dari anggota MACC, kepolisian, dan bank sentral, untuk menjalin kerja sama dengan “badan penegak hukum Amerika Serikat, Swiss, Singapura, Kanada, dan negara-negara terkait lainnya.”

polisi malaysia usai menggeledah rumah najib razak/screen shot/source: twitter

Pada Selasa, Kementerian Kehakiman Amerika Serikat mengaku akan terus menginvestigasi 1MDB dan akan bekerja sama dengan otoritas Malaysia.

“Kami berkomitmen bahwa Amerika Serikat dan sistem finansialnya tidak terancam individu-individu korup dan para kleptokrat yang ingin menyembunyikan uang haramnya,” kata juru bicara Departemen Kehakiman Amerika Serikat dalam pernyataan tertulis kepada Reuters.

Pemerintah Amerika Serikat sudah mengajukan gugatan penyitaan pada 2016 dan 2017 lalu untuk mengembalikan aset senilai 1,7 milyar dolar AS yang diduga dikorupsi dari 1MDB.

Gugatan ini menilai bahwa uang senilai lebih dari 4,5 milyar dolar AS telah dicuci dari 1MDB melalui sebuah jaringan perusahaan cangkang di Amerika Serikat dan sejumlah negara lain. [ant]

Continue Reading

EduOto

Eduoto2 minggu lalu

PMJ ingatkan Cara Aman Mudik Bagi Pengendara Sepeda Motor

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombespol Argo Yuwono mengingatkan cara aman mudik yang menggunakan sepeda...

Eduoto4 bulan lalu

Benarkah Calon Pembeli Tesla Berpaling Ke Chevrolet Bolt, Ini Penjelasannya

EDUPUBLIK.COM, SAN FRANCISCO – Mobil listrik dari General Motors, Chevrolet Bolt, mendapatkan angin segar menyusul terus tertundanya produksi Tesla Model...

Eduoto4 bulan lalu

SUV termewah Mazda Mengaspal di Bandung, Ini Targetnya

EDUPUBLIK.COM, BANDUNG – Distributor resmi Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), mulai memasarkan SUV termewah dalam jajaran produk...

Eduoto5 bulan lalu

Sukses Memperkuat Penjualan, IGNIS Tampil Istimewa

EDUPUBLIK.COM, Bandung – Peluncurannya pada April 2017 lalu mencuri perhatian pencinta otomotif di Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki...

Eduoto1 tahun lalu

MCI Siap Promosikan Pariwisata dan Budaya Indonesia melalui Touring

Edupublik.com, Jakarta – Ketua Moge Club Indonesia (MCI) Brader Indra menyatakan di Tahun 2017 ini MCI akan mengadakan Tour Pariwisata...

Eduoto1 tahun lalu

Ini Kata Jokowi Terkait Tingginya Biaya Administrasi STNK

Edupublik.com, Pekalongan – Presiden Jokowi menepis sejumlah anggapan yang beredar bahwa terjadi kesimpangsiuran informasi yang masuk kepadanya terkait dengan penyesuaian...

Eduoto1 tahun lalu

Ini Alasan Pemerintah Menaikan Biaya Administrasi STNK

Edupublik.com, Jakarta – Pemerintah menaikan biaya administrasi pengurus STNK, SIM, dan BPKB. Beberapa poin peningkatan layanan menjadi keuntungan yang didapat...

Eduoto1 tahun lalu

Kapolri : Kenaikan Tarif STNK Usulan DPR

Edupublik.com, Jakarta – Kenaikan tarif STNK menuai berbagai kritik. Nilai kenaikan biaya yang terbilang besar membuat masyarakat resah. Di sisi...

Eduoto2 tahun lalu

Standar Khusus Armada Bus Transjakarta

Edupublik.com, Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana membuat standar atau klasifikasi khusus untuk seluruh armada bus yang akan dipesan...

Terpopuler