Connect with us

EduJatim

HMI Cabang Malang Dorong Pendataan Cagar Budaya Daerah

photo credit: HMI Cabang Malang Arik Abd Muhyi/dok

MALANG – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang mendorong pemerintah daerah untuk mendata dan pengelola cagar budaya untuk mendaftarkan cagar budayanya.

Hal ini disampaikan oleh Bidang Dikbudpar HMI Cabang Malang. Arik Abd Muhyi, mengatakan sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya, pemerintah daerah harus mendaftarkan objek yang diduga cagar budaya di daerahnya untuk kemudian ditetapkan menjadi cagar budaya oleh kepala daerah.

“Adanya UU Cagar Budaya tentu mengamanatkan kepada pemerintah untuk melakukan pelestarian cagar budaya. Pelestarian dilakukan dengan pencatatan, penetapan, pengelolaan, dan penerbitan izin membawa cagar budaya keluar wilayahnya,” kata Arik Abd Muhyi saat ditemui dikantor HMI Cabang Malang, Jumat (4/1/2019).

UU Cagar Budaya ini juga diperkuat dengan lahirnya UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Ia menegaskan UU Pemajuan Kebudayaan merupakan upaya negara meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia di tengah peradaban dunia melalui pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan kebudayaan.

“Apalagi di Wilyah Malang Raya yang meliputi Kota. Malang, Kab. Malang dan Kota Batu ini Objek Cagar budaya nampaknya banyak yang harus diperhatikan oleh Pemerintah daerah setempat” Ujar Punggawa Bidang Pendidikan Kebudayaan dan Pariwisata HMI Cabang Malang ini.

Sebagai upaya untuk turut melestarikan cagar budaya dan mendorong pengelola cagar budaya mencatatkan objeknya, melalui sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya.

“Bidang Dikbudpar HMI Cabang Malang kedepannya akan melakukan program kerja pendataan Cagar Budaya maupun situs sejarah dengan melibatkan Komisariat-Komisariat se HMI Cabang Malang dan Lembaga Keprofesian yang ada di HMI Cabang Malang,” tandasnya. [M94]

EDUPUBLIK- BERITA TERBARU INDONESIA, DUNIA DAN PENDIDIKAN

Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EduOto