Connect with us

Nasional

3,4 Juta Pemudik Melalui Jalur Laut, Menhub Siapkan 1.293 Unit Kapal

photo credit: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi/dok. Dade

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan penyelenggaraan siaga angkutan laut lebaran tahun ini dimulai 31 Mei hingga 1 Juli 2018.

“Guna mengantisipasi lonjakan penumpang telah disiapkan 1293 unit kapal untuk 3,4 juta penumpang,” ujar Menhub Budi, saat memimpin langsung Apel Siaga Angkutan Laut Lebaran 2018, di terminal penumpang pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, (31/5/2018).

Selain itu Menhub Budi berpesan supaya kapal yang digunakan untuk angkutan lebaran nanti sudah dilakukan uji petik kelaikan laut, terutama kapal penumpang.

“Ini menjadi tugas berat bagi perhubungan laut, tapi saya minta bekerja dengan ikhlas, agar para petugas selalu membantu terhadap para pemudik bareng guyub rukun,” kata Menhub.

Dia menambahkan, Agar diperhatikan penumpang dan membantu pemudik. “Dan Jangan ada pungli,” kata Menhub.

Lebih lanjut, Dia mengatakan, bahwa tahun 2018 ini, Kemenhub (Ditjen Hubla) juga menyelenggarakan mudik gratis kapal laut untuk pengendara sepeda motor.

“Saya berharap supaya masyarakat dapat memanfaatkan mudik gratis ini tujuan Priok-Semarang (PP),” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Agus Purnomo mengatakan dengan persiapan kesiap siagaan ini diharapkan masyarakat dapat melakukan perjalanan mudiknya dengan lancar, aman, selamat, tertib dan nyaman.

Dia mengatakan, perjalanan mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia pada saat datangnya Hari Raya Idul Fitri.

Pada saat itu, lanjutnya, terjadi perpindahan masyarakat dengan jumlah besar dan dalam waktu yang bersamaan.

“Sebagaimana arahan Menhub pada apel siaga tersebut, dalam kondisi seperti ini tentu saja harus diantisipasi dengan penyediaan sarana angkutan publik yang andal termasuk pada moda transportasi laut,” tandasnya. [dade]

Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EduOto