Connect with us

Edu Health

Jejak Virus yang Terekam Sepanjang Sejarah Manusia

ilustrasi/foto source: via twitter

EDUPUBLIK.COM – Seringkali kita dengar penyakit-penyakit yang diakibatkan infeksi virus, tapi tahukah anda bahwa jejak virus ternyata telah terekam sejak dulu kala?

Kata “virus” mengacu pada racun, pertama digunakan dari bahasa Latin, “virulentus” yang dikenal pada sekitar tahun 1392.

Pengertian virus sebagai “agen yang menyebabkan infeksi penyakit” pertama kali digunakan tahun 1728, sebelum ditemukannya virus sendiri oleh Dmitry Iwanovsky tahun 1892.

Virus merupakan parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri.

Keberadaan virus diperkirakan telah ada sejak jaman sebelum masehi, dimana hal tersebut diduga akibat adanya beberapa penemuan-penemuan berupa catatan-catatan mengenai infeksi virus dalam bentuk hieroglyph di Memphis, ibu kota Mesir kuno (1400SM) yang menunjukkan gejala suatu penyakit poliomyelitis; dimana terlihat gambar lelaki dengan kaki pincang seperti ciri khas penyakit polio yang merusak saraf motorik.

Selain itu, penemuan makam dan identifikasi mumi juga menunjukkan dugaan bahwa Raja Firaun Ramses V meninggal akibat terserang oleh virus cacar air pada tahun 1196 SM.

Pada tahun 1880, Louis Pasteur dan Robert Koch mengemukakan teori bahwa mikroorganisme merupakan suatu penyebab penyakit. Setelah itu, pada tahun 1898, Loeffler dan Frosch melaporkan bahwa penyebab penyakit mulut dan kaki sapi dapat melewati filter yang tidak dapat dilewati bakteri. Namun demikian, mereka menyimpulkan bahwa patogennya berupa bakteri yang sangat kecil.

Pada tahun 1911, seorang ahli patologi dari Inggris, Francis Peyton Rous menemukan bahwa jika ayam yang sehat diinduksi dengan sel tumor dari ayam yang sakit, maka pada ayam yang sehat tersebut juga akan tumbuh sel-sel kanker.

Selain itu, Rous juga mencoba melisis sel tumor dari ayam yang sakit lalu menyaring sari-sarinya dengan pori-pori yang tidak dapat dilalui oleh bakteri, lalu sari-sari tersebut di suntikkan dalam sel ayam yang sehat dan ternyata hal tersebut juga tetap dapat menyebabkan kanker.

Rous menyimpulkan kanker disebabkan karena sel virus pada sel tumor ayam yang sakit yang menginfeksi sel ayam yang sehat.

Penemuan tersebut merupakan penemuan pertama virus onkogenik, yaitu virus yang dapat menyebabkan tumor. Virus yang ditemukan oleh Rous dinamakan Rous Sarcoma Virus (RSV).

Wendell Stanley merupakan orang pertama yang berhasil mengkristalkan virus pada tahun 1935. Virus yang dikristalkan merupakan Tobacco Mozaic Virus (TMV). Stanley mengemukakan bahwa virus akan dapat tetap aktif meskipun setelah terjadinya kristalisasi.

Siapa yang menyangka virus memiliki sejarah yang begitu panjang dalam kehidupan manusia. [mey]

Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EduOto