Site icon EDUPUBLIK – Media Edukasi Indonesia

Jokowi Buka Sail Selat Karimata 2016

Edupublik, Kayong Utara – Presiden Jokowi membuka acara puncak Sail Selat Karimata 2016, di Pelataran Pantai Pulau Datok, Desa Sutera, Kayong Utara, Kalimantan Barat, (15/10). Pada acara tersebut, Jokowi mengajak masyarakat untuk turut menjaga dan memanfaatkan sumber daya alam kelautan indonesia. Tak hanya di Pulau Karimata saja, tetapi juga di pulau-pulau lain yang tersebar di Indonesia.

“Sail ini harus jadi momentum kita bersama untuk menjaga, merawat, serta memanfaatkan sumber daya alam kelautan kita dengan baik. Juga momentum bersama untuk kembali pada jati diri kita sebagai bangsa bahari, mengembalikan kembali budaya bahari di tengah kita.” Ujar Jokowi.

Di hadapan masyarakat Kayong Utara, Ia berpesan agar semua pihak berupaya untuk menjadikan sektor kelautan dan perikanan sebagai penggerak ekonomi Indonesia. Kelestarian alam laut dan Kekayaan kita miliki harus kita jaga bersama-sama.

“Jaga laut kita dari pencurian ikan. Kita harus jaga laut kita dari pencemaran. Kita harua jaga laut kita dari kerusakan ekosistem. Laut bukan memisahkan antar bangsa. Tapi, laut justru menjadikan kita terhuhung satu dengan yang lain.” Ungkap Jokowi.

Lebih lanjut, jokowi juga mengatakan bahwa kekayaan wisata bahari Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Seperti diantaranya, Bunaken, Raja Ampat, Teluk Tomini, dan tentunya Selat Karimata.

“Akhirnya, tidak ada keraguan untuk menegaskan bahwa laut adalah masa depan kita bersama. Ayo kembali ke laut, kembali ke selat dan kembali ke samudera.” Tutup Jokowi.(azr)

photo credit: presiden jokowi

photo credit: presiden jokowi

Exit mobile version