Connect with us

Kampus

Jokowi ‘Groundbreaking’ Kampus UIII

EDUPUBLIK.COM, DEPOK – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), di Cimanggis, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, (5/6).

Universitas yang dibangun di atas 3 nilai dasar; nilai keislaman, wawasan dan proyeksi global, serta keindonesiaan. Pembangunannya sebelumnya telah dimatangkan pemerintah dalam kurun waktu dua tahun belakangan.

“Rencana pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia yang ini sudah dimatangkan dan direncanakan selama dua tahun,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengatakan, kendala awal yang dialami dalam pematangan rencana pembangunan tersebut ialah mengenai persoalan lahan.

“Semula kita menginginkan universitas tersebut berdiri di atas lahan seluas seribu hektare. Namun, urung terlaksana karena ketiadaan lahan seluas itu,” kata Jokowi.

Namun, lanjutnya, ternyata mendapatkan lahan 142 hektare. “Memang jauh dari seribu, tetapi setelah melihat di lapangan tadi, saya juga kaget. Ternyata 142 hektare itu sebuah lahan yang sangat luas. Alhamdulillah,” ujarnya.

Jokowi juga memuji desain bangunan dan tata ruang wilayah universitas yang disebutnya futuristik dan menggambarkan kemajuan.

“Saya harap agar Indonesia benar-benar menjadi pusat penelitian peradaban Islam. Sudah sewajarnya Indonesia menjadi rujukan bagi kemajuan peradaban Islam di dunia. Inilah nanti tempatnya,” kata Jokowi.

“Kita berharap ide-ide yang ada ini dapat mempercepat hadirnya kesejahteraan umat, mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan ide-ide yang mewujudkan Indonesia sebagai negara yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” tandas Presiden. [dade]

Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EduOto