Connect with us

International

Jokowi Tiba Di Seoul

photo credit: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana, di Istana Changdeok di Seoul, Korea Selatan/facebook jokowi

SEOUL – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Seoul, Korea Selatan, Minggu (9/9), pada pukul 21.20 Waktu Setempat atau pukul 19.20 WIB dalam rangka kunjungan kenegaraan.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Kepala Negara beserta rombongan tiba di Pangkalan Udara Militer Seongnam, Seoul, Korea Selatan, usai menempuh penerbangan selama hampir 7 jam dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Setibanya di Pangkalan Udara Militer Seongnam, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana disambut langsung oleh Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi dan Kepala Protokol Negara Korea Selatan di depan pintu pesawat.

Keduanya kemudian dipersilakan turun dari tangga pesawat dan disambut Menteri Kelautan dan Perikanan Korea Selatan Kim Young Choon.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan langsung meninggalkan Pangkalan Udara Militer Seongnam menuju hotel tempatnya bermalam selama di Seoul, Korea Selatan.

Di hotel, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyambut kedatangan Presiden dan Ibu Iriana. Tampak pula dua orang putra-putri Indonesia berpakaian adat menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana seraya memberikan bunga sebagai ucapan selamat datang.

Sementara itu, Jokowi mengatakan, Tak biasanya Istana Changdeok di Seoul, Korea Selatan, menjadi lokasi penyambutan tamu negara Korea Selatan. Istana tua yang berdiri sejak 600 tahun lalu ini adalah situs warisan dunia UNESCO.

“Di sanalah saya dan Ibu Negara disambut dengan begitu hangat dan ramah oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in beserta Ibu Negara Kim Jung-sook, siang tadi,” ujar Jokowi.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang dan tarian Selamat Datang Hyang-ak-jeong-jae dipertunjukkan sesaat setelah kami melewati gerbang istana.

Setelah perkenalan antara masing-masing delegasi, kami kemudian menuju Secret Garden Area untuk berbincang ringan dengan suguhan teh.

Kunjungan kenegaraan ke Korea Selatan ini bertepatan dengan 45 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan, sekaligus membalas lawatan Presiden Moon Jae-In ke Indonesia tahun lalu. [dade]

EDUPUBLIK- BERITA TERBARU INDONESIA, DUNIA DAN PENDIDIKAN

Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EduOto