Connect with us

International

Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak Ditangkap

photo credit: najib razak/foto milik: The Star/mohd sahar misni/source via twitter

KUALA LUMPUR – Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, ditangkap di rumahnya, di Jalan Langgak Duta, Kuala Lumpur, Selasa, (3/7/2018).

Gugus Tugas 1MDB yang dibentuk pemerintah Malaysia membenarkan telah menangkap bekas perdana menteri Malaysia itu pada pukul 14.35 waktu setempat, terkait SRC International Sdn Bhd yang terkait skandal 1MDB.

Gugus Tugas 1 MDB terdiri dari Abdul Gani Patail, Abu Kassim Mohamed, Mohd Shukri Abdul, dan Abdul Hamid Bador.

“Najib akan disidang pada 4 Juli 2018 besok pada pukul 08.30 pagi di Mahkamah Kuala Lumpur,” katanya.

Menurut informasi Najib Razak saat ini ditahan di penjara Suruhanjaya Pemberantasan Rasuah Malaysia (SPRM) di Putrajaya, Institusi ini setara dengan KPK di Indonesia. [ant]

Baca selanjutnya
Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

International

Trump Batal Bertemu Dengan Kim Jong Un, Ini Penjelasan Gedung Putih

Published

on

Grafik gambar: Donald Trump/Kim Jong Un/foto: via twitter

EDUPUBLIK.COM, WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat Donald Trump memutuskan untuk membatalkan pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang sudah mereka rencanakan.

Keputusan itu diambil setelah Korea utara melanggar serangkaian janjinya dan memutus komunikasil langsung dengan Amerika Serikat, kata seorang pejabat senior Gedung Putih, Kamis waktu setempat, seperti dikutip Reuters.

Dalam briefing kepada wartawan seraya meminta namanya tidak disebutkan, sang pejabat juga mengutipkan ancaman Korea Utara baru-baru ini bahwa negara itu sudah siap menghadapi bentrok nuklir dengan Amerika Serikat.

“Kurangnya perhitungan yang aneh ini, yang dikombinasikan dengan janji-janji yang dilanggar selama pekan-pekan terakhir dan penghentian komunikasi langsung oleh Korea Utara dengan Amerika Serikat, menunjukkan kurangnya itikad baik yang besar,” kata pejabat AS itu.

“Ada jejak janji-janji yang dilanggar yang membuat Amerika Serikat berhenti,” sambungnya. [ant]

Continue Reading

International

Najib Razak Jalani Pemeriksaan Komisi Anti Korupsi Malaysia

Published

on

photo credit: najib razak/foto milik: The Star/mohd sahar misni/source via twitter

EDUPUBLIK.COM, KUALA LUMPUR – Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, tiba di Kantor Pusat Komisi Anti-Korupsi Malaysia, Selasa, (22/5), untuk menjelaskan transfer dana mencurigakan sebesar 10,6 juta dolar Amerika Serikat ke rekeningnya.

Jumlah tersebut hanya sebagian kecil dari milyaran dolar Amerika Serikat yang diduga dikorupsi dari pengelola dana pensiun nasional 1MDB. Skandal yang menimpa pemerintahan Malaysia selama tiga tahun terakhir itu membuat Najib kalah dalam pemilu 9 Mei lalu.

Kekalahan Najib merupakan guncangan bagi dunia politik Malaysia karena menjadi kekalahan pertama bagi koalisi yang memerintah di negara Asia Tenggara tersebut sejak merdeka tahun 1957.

Pemimpin baru Malaysia, Mahathir Mohamad –dalam usianya yang sudah 92 tahun harus keluar dari masa pensiun untuk bergabung dengan kelompok oposisi demi mengalahkan mantan muridnya– memutuskan untuk kembali membuka penyelidikan 1MDB dan berjanji untuk mengembalikan uang negara yang hilang.

Sejak tidak lagi berkuasa, Najib beserta istrinya yang dikenal gila belanja, Rosmah Mansor, tidak bisa lagi meninggalkan Malaysia. Selain itu rumah serta properti lainnya juga digeledah polisi.

photo credit: najib razak(stelan biru)/foto milik: The Star/mohd sahar misni/source via twitter

Najib memasuki gedung pusat Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) di Kuala Lumpur pada Selasa sambil melewati kerumunan wartawan. Najib terlihat santai dan tersenyum saat itu.

Najib sudah berulang kali membantah telah melakukan tindakan pelanggaran hukum sejak skandal 1MDB meruak pada 2015 lalu. Namun dia juga harus mengganti sejumlah pejabat MACC dan jaksa agung untuk menghentikan penyelidikan pertama skandal 1MDB.

Najib mengatakan bahwa dana sebesar 681 juta dolar AS yang didepositokan ke rekening pribadinya merupakan sumbangan dari seorang keluarga kerajaan Arab Saudi, dan membantah dugaan kalau uang tersebut berasal dari 1MDB.

Fokus awal dari penyelidikan baru MACC saat ini adalah bagaimana dana senilai 10,6 juta dolar AS dari SRC International bisa berakhir di rekening Najib.

SRC dibentuk pada 2011 pemerintahan Najib sebagai lembaga investasi asing di bidang energi dengan menggunakan uang negara. Lembaga awalnya adalah suatu unit di bawah 1MDB, yang kemudian dipindah di bawah otoritas Kementerian Keuangan pada 2012.

MACC bisa melacak jejak uang dari SRC karena transaksinya dilakukan melalui entitas Malaysia, sementara transfer 1MDB lainnya melalui bank asing.

Untuk menginvestigasi 1MDB, pemerintahan baru pada Senin membentuk satuan tugas khusus yang terdiri dari anggota MACC, kepolisian, dan bank sentral, untuk menjalin kerja sama dengan “badan penegak hukum Amerika Serikat, Swiss, Singapura, Kanada, dan negara-negara terkait lainnya.”

polisi malaysia usai menggeledah rumah najib razak/screen shot/source: twitter

Pada Selasa, Kementerian Kehakiman Amerika Serikat mengaku akan terus menginvestigasi 1MDB dan akan bekerja sama dengan otoritas Malaysia.

“Kami berkomitmen bahwa Amerika Serikat dan sistem finansialnya tidak terancam individu-individu korup dan para kleptokrat yang ingin menyembunyikan uang haramnya,” kata juru bicara Departemen Kehakiman Amerika Serikat dalam pernyataan tertulis kepada Reuters.

Pemerintah Amerika Serikat sudah mengajukan gugatan penyitaan pada 2016 dan 2017 lalu untuk mengembalikan aset senilai 1,7 milyar dolar AS yang diduga dikorupsi dari 1MDB.

Gugatan ini menilai bahwa uang senilai lebih dari 4,5 milyar dolar AS telah dicuci dari 1MDB melalui sebuah jaringan perusahaan cangkang di Amerika Serikat dan sejumlah negara lain. [ant]

Continue Reading

International

Minta Perlindungan Polisi, Begini Nasib Najib Razak

Published

on

photo credit: najib razak/source: via twitter

EDUPUBLIK.COM, KUALA LUMPUR – Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengkhawatirkan keselamatan dirinya untuk kemudian meminta perlindungan polisi.

Seperti dilaporkan Reuters, mengutip pernyataan juru bicaranya, sehari sebelumnya Najib mengeluhkan cara polisi menggeledah properti-propertinya untuk mencari bukti korupsi.

Setelah memerintah Malaysia selama hampir 10 tahun, Najib dan istrinya, Rosmah Mansor, dilarang meninggalkan Malaysia menyusul kemenangan oposisi dalam Pemilu 9 Mei.

Pemerintahan baru pimpinan mantan mentor yang berubah musuhnya, Mahathir Mohamad, menginginkan jawaban atas bagaimana miliaran dolar dana bisa hilang dari 1Malaysia Development Berhad (1MDB), lembaga dana negara yang didirikan Najib.

Najib sejak lama membantah mengkorupsi dana 1MDB itu, tapi bantahan itu tidak berarti apa-apa karena reputasi istrinya yang suka bermewah-mewah.

Minggu pagi tadi pasangan ini meninggalkan Kuala Lumpur untuk menenangkan diri di negara bagian asal Najib di Pahang, setelah dipermalukan oleh penggeledahan polisi di rumahnya dan properti-propertinya di Kuala Lumpur beberapa hari terakhir lalu.

polisi malaysia usai menggeledah rumah najib razak

Sebelum rehat ke kampung halaman keluarganya, Najib meminta perlindungan polisi, kendati polisi sudah ditempatkan di luar rumahnya selama sepekan terakhir dan ke mana-mana selalu dikawal polisi.

“Najib telah mengajukan sebuah laporan polisi yang meminta perlindungan untuk dirinya dan keluarganya karena mereka mengkhawatirkan keselamatan diri mereka setelah Pemilu Ke-14 silam,” kata juru bicara Najib kepada kantor berita Bernama.

Surat kabar Malay Mail melaporkan bahwa Najib sudah mengajukan perlindungan polisi karena ada ancaman jelas kepadanya.

Dua hari lalu polisi menggeledah rumahnya untuk kemudian menyita 284 kotak kardus berisi barang-barang mewah milik keluarga Najib.

Sementara itu, badan antikorupsi Malaysia ingin Najib diperiksa lagi Selasa ini guna menjelaskan transfer 10,6 juta dolar dari sebuah unit 1MDB ke sebuah rekening bank milik Najib.

1MDB juga menjadi fokus penyelidikan antikleptokrasi terbesar yang dilancarkan oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat, demikian Reuters. [ant]

Continue Reading

SERUMPUN

Mahathir Mohamad umumkan Menteri dalam Pemerintahannya

Published

on

photo credit: perdana menteri malaysia mahathir mohamad umumkan menteri dalam pemerintannya/source: via twitter

EDUPUBLIK.COM, KUALA LUMPUR – Pasca pelantikan Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad langsung membentuk kabinetnya dan mulai mengumumkan nama tiga menteri dari 10 kementerian inti dalam pemerintahannya barunya.

Dia mengemukakan hal itu dalam jumpa pers di Markas PPBM, Wisma Selangor Kuala Lumpur, Sabtu (12/5/2018).

Dalam pengumuman tersebut Presiden Partai Pribumi Bersatu Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin sebagai Menteri Dalam Negeri, Sekjen DAP Lim Guan Eng akan memimpin Departemen Keuangan dan Presiden Parti Amanah Negara Mohamad Sabu menjadi Menteri Pertahanan.

Tujuh menteri lainnya yang belum disebutkan namanya adalah Menteri Perekonomian, Pendidikan, Sains dan Teknologi Multimedia, Pembangunan Pedesaan, Pekerjaan Umum dan Transportasi dan Kementrian Luar Negeri.

Mahathir juga mengatakan bahwa mereka akan dibantu oleh Majelis Pemimpin Utama Pakatan Harapan.

Majelis diantaranya akan dianggotai mantan Menteri Keuangan Tun Daim Zainuddin, mantan Gubernur Bank Negara Tan Sri Zeti Akhtar Aziz, mantan CEO Petronas Tan Sri Hassan Merican, ahli ekonomi Prof Dr Jomo Kwame Sundaram dan konglomerat Malaysia Robert Kuok.

Pada saat jumpa pers Jumat (11/5) Mahathir mengatakan pihaknya akan membentuk kabinet ramping atau small cabinet. [ant]

Continue Reading

International

Penembakan Di Sekolah Florida AS, 17 Tewas

Published

on

photo credit: education week @edweek/via: twitter

EDUPUBLIK.COM, FLORIDA – Penembakan di satu sekolah menengah di Florida, AS, menewaskan 17 orang pada Rabu (14/2), kata polisi setempat.

Shriff Broward County Scott Israel mengatakan kepada pers bahwa 12 orang meninggal di gedung sekolah tersebut, seperti dikutip xinhua, Kamis (15/2/2018). Dua orang meninggal di luar gedung, satu orang di jalan di dekatnya dan dua orang lagi meninggal di rumah sakit akibat luka-lukanya.

Penembakan itu terjadi di Marjory Stoneman Douglas High School di Parkland, tepat di utara Miami. Sekolah tersebut menyatakan peristiwa itu berlangsung saat murid sekolah meninggalkan gedung.

Penembaknya diidentifikasi sebagai Nikolaus Cruz, yang berusia 19 tahun dan dipecat dari sekolah itu. Ia ditangkap tak lama setelah penembakan tersebut. Satu senapan semi-otomatis AR-15 ditemukan di tempat itu.

“Belasungkawa dan doa saya untuk keluarga korban penembakan yang mengerikan di Florida. Tak boleh ada murid, guru atau siapa pun juga yang merasa tidak aman di satu sekolah Amerika,” kata Presiden AS Donald Trump.

Peristiwa tersebut terjadi saat Parkland baru-baru ini dimasukkan ke dalam daftar 10 kota paling aman di Florida. [ant]

Continue Reading

EduOto

Eduoto1 bulan lalu

PMJ ingatkan Cara Aman Mudik Bagi Pengendara Sepeda Motor

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombespol Argo Yuwono mengingatkan cara aman mudik yang menggunakan sepeda...

Eduoto5 bulan lalu

Benarkah Calon Pembeli Tesla Berpaling Ke Chevrolet Bolt, Ini Penjelasannya

EDUPUBLIK.COM, SAN FRANCISCO – Mobil listrik dari General Motors, Chevrolet Bolt, mendapatkan angin segar menyusul terus tertundanya produksi Tesla Model...

Eduoto5 bulan lalu

SUV termewah Mazda Mengaspal di Bandung, Ini Targetnya

EDUPUBLIK.COM, BANDUNG – Distributor resmi Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), mulai memasarkan SUV termewah dalam jajaran produk...

Eduoto6 bulan lalu

Sukses Memperkuat Penjualan, IGNIS Tampil Istimewa

EDUPUBLIK.COM, Bandung – Peluncurannya pada April 2017 lalu mencuri perhatian pencinta otomotif di Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki...

Eduoto1 tahun lalu

MCI Siap Promosikan Pariwisata dan Budaya Indonesia melalui Touring

Edupublik.com, Jakarta – Ketua Moge Club Indonesia (MCI) Brader Indra menyatakan di Tahun 2017 ini MCI akan mengadakan Tour Pariwisata...

Eduoto2 tahun lalu

Ini Kata Jokowi Terkait Tingginya Biaya Administrasi STNK

Edupublik.com, Pekalongan – Presiden Jokowi menepis sejumlah anggapan yang beredar bahwa terjadi kesimpangsiuran informasi yang masuk kepadanya terkait dengan penyesuaian...

Eduoto2 tahun lalu

Ini Alasan Pemerintah Menaikan Biaya Administrasi STNK

Edupublik.com, Jakarta – Pemerintah menaikan biaya administrasi pengurus STNK, SIM, dan BPKB. Beberapa poin peningkatan layanan menjadi keuntungan yang didapat...

Eduoto2 tahun lalu

Kapolri : Kenaikan Tarif STNK Usulan DPR

Edupublik.com, Jakarta – Kenaikan tarif STNK menuai berbagai kritik. Nilai kenaikan biaya yang terbilang besar membuat masyarakat resah. Di sisi...

Eduoto2 tahun lalu

Standar Khusus Armada Bus Transjakarta

Edupublik.com, Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana membuat standar atau klasifikasi khusus untuk seluruh armada bus yang akan dipesan...

Terpopuler