Connect with us

Hukum

Mendagri Datangi KPK Terkait Korupsi DPRD Malang

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Selasa, untuk berkonsultasi dengan pimpinan KPK terkait banyaknya anggota DPRD yang terjerat kasus korupsi.

“Yang pertama, saya mau konsultasi dengan pimpinan KPK terkait banyaknya anggota DPRD kita, DPRD Malang kemudian ada Sumatera Utara yang mana supaya pemerintahan jalan, saya mengeluarkan diskresi saja agar setiap keputusan politik pembangunan yang dilakukan oleh Pemda itu bisa berjalan karena yang namanya Pemda adalah seorang Gubernur, Bupati, Wali Kota termasuk DPRD,” kata Tjahjo saat tiba di gedung KPK, Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Untuk diketahui, KPK pada Senin (3/9) baru saja menetapkan 22 anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka tindak pidana korupsi menerima hadiah terkait fungsi dan kewenangan anggota DPRD Kota Malang periode 2014-2019.

Penetapan 22 anggota DPRD Kota Malang tersebut merupakan tahap ketiga. Hingga saat ini, dari total 45 anggota DPRD Kota Malang, sudah ada 41 anggota yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

“Kasus Malang kan kasus yang unik tinggal empat orang sementara. Yang kedua juga belum ada PAW (Pergantian Antarwaktu), makanya segera akan dikeluarkan diskresinya, akan kami konsultasikan dengan KPK,” ucap Tjahjo.

Selain itu, kata Tjahjo, pihaknya juga akan berkonsultasi dengan KPK terkait Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bermasalah hukum, khususnya kasus korupsi.

“Kedua, hari ini akan ada konferensi pers bersama dengan Ketua KPK yang berkaitan dengan ASN yang bermasalah hukum khususnya yang berkaitan dengan korupsi,” kata Tjahjo. [seno]

Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EduOto