Connect with us

Ekonomi

Menimbang Arah Kebijakan Ekonomi Dua Pasang Capres dan Cawapres

Ilustrasi: grafik gambar/capres cawapres/foto dari berbagai sumber

JAKARTA – Pelaku pasar kini masih menebak-nebak arah kebijakan ekonomi dua pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk mengatasi masalah struktural dan fundemental perekonomian domestik.

“Siapapun capres-cawapres yang menang, pasangan pemimpin Indonesia lima tahun mendatang harus memiliki tim ekonomi yang kuat,” ujar Ekonom INDEF Bhima Yudhistira, di Jakarta, Minggu (12/8/2018).

Ia mengatakan jangan sampai permasalahan ekonomi dinomorduakan atau dikesampingkan karena lebih mementingkan permasalahan populis karena ingin merebut simpati rakyat.

“Permasalahan ekonomi saat ini tidak kalah penting dengan persoalan identitas. Pelemahan kurs rupiah, tekanan terhadap daya beli masyarakat, kondisi global yang dinamis, dan lemahnya kinerja ekspor mendesak untuk dicari solusinya,” katanya.

Calon Petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan partai koalisinya mengesampingkan Mahfud M.D dan akhirnya memilih ulama Ma`ruf Amin, Rais Aam Pengurus Besar Nadhalatul Ulama (PBNU) yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Indoensia (MUI), sebagai cawapres.

Sementara itu, mantan petinggi militer Ketua Umum Partai oposisi Gerindra, Prabowo Subianto, kembali mencalonkan diri setelah kalah dalam dua kali Pemilu Presiden. Prabowo memiliih Sandiaga Uno, mantan birokrat yang juga kenyang pengalaman sebagai pengusaha dan bankir investasi, plus pernah menyandang predikat sebagai salah satu dari 50 orang terkaya di Indonesia.

Dia menilai, pasar masih akan wait and seeuntuk bereaksi hingga pasangan Jokowi-Maaruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno mengungkapkan arah kebijakan ekonominya.

Beberapa masalah ekonomi yang perlu menjadi prioritas pasangan capres-cawapres, di antaranya adalah, depresiasi nilai tukar rupiah yang sudah mencapai enam persen sejak awal 2018.

Pelemahan nilai tukar ini telah berdampak kepada sektor riil, karena beban korporasi untuk belanja impor semakin tinggi, yang pada akhirnya beban itu bisa dikonversikan menjadi biaya yang harus ditanggung konsumen.

Sebagai contoh sederhana, harga telur ayam yang pada Juli 2018 lalu sempat menyentuh Rp30 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp22 ribu per kilogram dikarenakan impor pangan pakan ternak yang mahal.

Belum lagi, kata dia, tantangan ekonomi global karena ketidakpastian arah kebijakan ekonomi negara-negara maju.

Fundamental ekonomi Indonesia yang masih rentan dengan pembalikkan arus modal (capital outflow), dan juga kebutuhan impor yang masih tinggi menjadi pekerjaan rumah capres-cawapres.

Kebutuhan impor harus ditekan, sementara kinerja ekspor harus digenjot untuk menambah pendapatan sektor riil.

Menurut dia, masalah ketimpangan ekonomi juga perlu menjadi sorotan. Capres dan Cawapres perlu memiliki kebijakan, salah satu sasarannya untuk memperbaiki nilai tukar petani agar penghasilan petani bisa membangun kehidupan yang lebih layak.

Reaksi pasar sejauh ini masih cenderung netral. Jumat (10/8), ketika dua pasangan resmi mendaftarkan diri ke KPU sebagai kontestan Pilpres 2019, kurs rupiah sempat dibuka menguat, namun hanya sementara, dan ditutup melemah 41 poin menjadi Rp14.473 dibanding sebelumnya Rp14.432 per dolar AS.

Sementara Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 11,91 poin atau 0,20 persen menjadi 6.077,17. [ant]

Baca selanjutnya
Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi

Pembangunan Stasiun Manggarai Dilanjutkan

Published

on

ilustrasi/foto source: via twitter

JAKARTA – Dalam rangka penyelesaian pembangunan proyek Double-double Track (DDT) paket A stasiun Manggarai – Jatinegara phase I tahun 2018 ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melaksanakan kegiatan SO2 ( Switch Over II), pada Sabtu, (11/8).

Kegiatan ini berupa penonaktifkan sementara jalur 6 dan 7 pada Stasiun Manggarai dan untuk sementara waktu pelayanan KRL Bogor Line ke jalur 8 dan 10.

Setelah perpindahan tersebut, Kemenhub akan kembali melaksanakan penyelesaian tahapan pembangunan Stasiun Manggarai di jalur 6 dan 7 eksisting.

Pelaksanaan pemindahan jalur tersebut, akan berdampak pada perubahan pola operasi KRL Bogor Line, yaitu bertambahnya waktu perjalanan KRL sekitar 5 -10 menit.

“Terkait dengan kondisi tersebut, kita mengharapkan pengertian masyarakat pengguna jasa KRL atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan hingga penyelesaian Pembangunan Stasiun Manggarai sebagai Stasiun Central yang modern,” ujar Vice President Komunikasi Perusahaan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Eva Chairunisa, di Jakarta, Senin (13/8/2018).

Sebagai contoh, lanjut Eva, waktu perjalanan KRL lintas Bogor – Jakarta Kota dari yang semula 1 jam 55 menit menjadi 2 jam atau 2 jam 5 menit.

“Untuk itu, Kita menghimbau kepada masyarakat untuk dapat menyesuaikan waktu perjalanannya ketika menggunakan KRL, terutama pada lintas Bogor Line,” kata Eva.

Dia mengatakan, Dengan kondisi tersebut para pengguma jasa khususnya lintas Bogor -Jakarta kota/angke/kampung bandan/jatinegara dan sebaliknya dihimbau agar mengatur kembali perjalanannya dengan memilih keberangkatan lebih awal.

Karena kemungkinan akan terjadi perpanjangan waktu perjalanan sekitar 5 sampai dengan 10 menit khusus nya pada saat akan melintas di manggarai.

“Pengguna yang transit di stasiun manggarai juga diharapkan selalu mendengarkan himbauan petugas terkait informasi perpindahan jalur 6 dan 7 yang tidak dioperasionalkan lagi dan berpindah ke jalur 8 dan 10 untuk KRL tujuan Bogor,” katanya.

Dia menuturkan, guna mengantisipasi pelayanan penumpang dan pengoperasian kereta di Stasiun Manggarai, PT KCI akan menambah sejumlah petugas pengamanan dan pelayanan serta melakukan kordinasi bersama PT KAI Daop 1.

Guna mengoptimalkan pengaturan perpindahan penumpang dari dan ke jalur 8 dan 10 (Passangers Crossing) serta akan terus melakukan evaluasi pengaturan perjalanan KA selama proses ini berlangsung.

Pada saat selesainya pembangunan Stasiun Manggarai ini, lanjutnya, terjadi pemisahan jalur kereta api, yaitu antara kereta api jarak jauh, kereta api commuter jabodetabek dan kereta api bandara.

Dia mengatakan, stasiun Manggarai juga akan dibangun menjadi 3 lantai, dimana lantai 1 terdiri dari jalur KA Bekasi line 4 jalur dan KA Bandara 4 jalur, dengan peron 12 stamformasi, lantai 2 terdiri dari layanan penumpang ( Concourse) dengan luas kurang lebih 9.108 m2, kapasitas kurang lebih 17.800 orang dengan dilengkapi lift dan escalator bagi para difabel serta lantai 3 terdiri dari jalur KA Antar Kota 6 jalur dan Bogor line 4 jalur, dg peron 12 stamformasi.

“Stasiun Manggarai ini menjadi sangat strategis dan vital karena terdapat beberapa jenis pelayanan kereta api yang terintegrasi di dalamnya, yakni layanan KA Bandara, KA antar kota, dan KRL Jabodetabek, dengan terdapat beberapa lintas pelayanan KRL Jabodetabek yang dilayani, yakni Bogor Line, Bekasi Line, Depok Line, Tanah Abang Line, serta KRL Feeder,” katanya.

Nantinya, pada akhir tahun 2020, direncanakan seluruh pembangunan konstruksi DDT Paket A dan B (Dipo Cipinang dan jalur DDT stasiun Jatinegara-Cikarang) akan selesai.

“Apabila telah resmi beroperasi, Stasiun Manggarai akan menjadi Stasiun Sentral KA yang modern,” kata Dia. [dade]

Continue Reading

Ekonomi

Bappenas Ungkap Dampak Ekonomi Terkait Penyelenggaraan Asian Games 2018

Published

on

JAKARTA – Meski sempat mendapat kritik oleh beberapa kalangan yang salah satunya pemerintah dinilainya terlalu jor-joran mengeluarkan anggaran untuk perbaikan infrastruktur yang mencapai trilyunan rupiah daripada kepentingan dan kesejahteraan rakyat dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang 18 Agustus – 2 September 2018 mendatang.

Kritikan tersebut sempat ditanggapi oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga melalui Siaran Pers No 4/Kemenpora/4/2018. Bahkan Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menilai ajang empat tahunan tersebut diharapkan akan memberikan manfaat yang besar kepada bangsa Indonesia.

“salah satu manfaat yang dirasakan oleh masyarakat adalah dampak langsung ekonomi dari berbagai sektor dan non ekonomi bagi indonesia sebagai tuan rumah,” ujar Bambang.

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan, manfaat yang didapat dari sisi ekonomi adalah meningkatkan sektor pariwisata, meningkatkan aktivitas ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, mendorong pengembangan kota melalui pembangunan infrastruktur fasilitas olahraga, dan merupakan ajang promosi untuk citra positif bangsa.

“Berdasarkan perhitungan sementara Bappenas, dampak ekonomi dari pengeluaran pengunjung selama tinggal di Indonesia untuk Asian Games 2018 sebesar Rp 3,6 triliun dengan komposisi 88 % pengeluaran berasal dari penonton dan wisatawan, diikuti 4,67 % pengeluaran oleh atlet, 3,96 % pengeluaran awak media, 2,34 % pengeluaran ofisial, dan 0,77% pengeluaran sukarelawan,” paparnya beberapa waktu lalu (13/5).

Sependapat dengan Menteri PPN/Kepala Bappenas, Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir menjelaskan, penyelenggaraan Asian Games 2018 akan memberikan legacy dan membawa dampak positif yang besar bagi Indonesia.

“Bukan saja dari sisi dampak ekonomi, tetapi juga dampak sosial dan pengetahuan dari negara maju di Asia bahkan Dunia selain itu ajang Asian Games bukan hanya untuk mengadu prestasi melainkan juga sebagai ajang untuk menciptakan perdamaian di Asia dan khususnya Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Seniman sekaligus peraih rekor MURI melukis tercepat mengunakan lumpur Lapindo, M. Holis Satriawan mengajak masyarakat untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Asian Games.

“Asian Games bukan hanya tentang perlombaan olahraga belaka, tapi ini menjadi tolak ukur eksistensi sebuah bangsa, kami mengharapkan masyarakat Indonesia mendukung perhelatan akbar se Asia tersebut,” jelasnya. [ipung]

Continue Reading

Ekonomi

Resmi Beroperasi, Pesawat Kepresidenan Mendarat Mulus di Bandara Kertajati

Published

on

photo credit: pesawat kepresidenan mendarat di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, (24/5)/@jokowi via: twitter

EDUPUBLIK.COM, MAJALENGKA – Pesawat Kepresidenan yang ditumpangi oleh Jokowi mendarat mulus di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Kertajati. Bandara tersebut diproyeksikan untuk dapat melayani arus mudik Lebaran 2018.

“Menteri Perhubungan telah menyampaikan kepada saya insyaallah bisa (digunakan saat Lebaran) dan kurang lebih nanti tanggal 8 (Juni 2018) juga sudah ada penerbangan komersial yang masuk,” ujar Presiden Jokowi, di Majalengka, Kamis (24/5/2018).

Jokowi mengatakan, bandara yang saat ini dibangun di atas lahan seluas 1.800 hektare itu diperkirakan masih akan berekspansi lagi di masa mendatang mengingat luas lahan keseluruhan untuk pengembangan bandara tersebut dialokasikan seluas 5 ribu hektare.

“Saya kira bandara ini akan diperbesar agar pesawat-pesawat berbadan lebar bisa masuk ke Kertajati,” ujarnya.

Lebih jauh, Dia memastikan bahwa sejumlah bandara-bandara lain yang saat ini sedang dibangun pemerintah akan terus dikejar penyelesaian pembangunannya.

Dengan itu, lanjutnya, akan semakin banyak bandara-bandara besar yang siap beroperasi di Indonesia.

“Semua kita kejar. Setelah ini akan selesai Bandara Ahmad Yani di Semarang akhir tahun ini. Kemudian yang di Samarinda juga sama. Semuanya dalam proses konstruksi dan pembangunan. Yang di Yogya, Kulon Progo, kita harapkan akhir tahun depan insyaallah selesai,” tuturnya.

Adapun mengenai kemungkinan dioperasikannya BIJB sebagai bandara haji dan umrah pada tahun ini, Dia mengatakan bahwa pihaknya akan terlebih dahulu mendalami kemungkinan-kemungkinan itu.

Saat ini, Jawa Barat merupakan provinsi yang berkontribusi besar dalam memberangkatkan jemaah haji dan umrah.

Kehadiran BIJB ini diharapkan bisa menekan kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta dalam memberangkatkan jemaah sekaligus mendukung kemudahan transportasi masyarakat.

“Kita akan mendalami dulu. Kalau memang memungkinkan ya akan diberangkatkan dari sini,” katanya.

Jokowi saat memberikan keterangan terkait bandara kertajati resmi beroperasi, (24/5).

Turut hadir mendampingi Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. [dade/nurdin]

Continue Reading

Ekonomi

Jokowi Ajak Pelajar Saat Resmikan dan Mencoba Kereta Api Bandara Internasional Minangkabau

Published

on

photo credit: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana saat mencoba KA Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat, (21/5)/dok. istimewa

EDUPUBLIK.COM, PADANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kereta Api (KA) Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatra Barat, Senin (21/5). Kereta ini merupakan kereta bandara ketiga di Indonesia setelah KA Bandara Kualanamu dan KA Bandara Soekarno-Hatta.

Jokowi juga mengajak para pelajar di kota Padang untuk mencoba kereta bandara tersebut. Para pelajar tersebut merupakan perwakilan Ketua OSIS SMA dan SMK se-Provinsi Sumatra Barat.

“Kereta bandara seperti ini baru ada di Medan, kemudian di Jakarta, kemudian yang sekarang ada di Sumatra Barat di Padang,” ujar Presiden Jokowi.

Dia mengatakan, KA bandara tersebut diberi nama KA Minangkabau Ekspres dan sudah beroperasi perdana pada 1 Mei 2018.

Dengan adanya kereta bandara ini, Jokowi berharap, penggunaan mobil pribadi bisa dikurangi sehingga bisa mengurangi kemacetan, seperti halnya di Jakarta.

“Kenapa kereta dibangun di Jakarta Kota ke Bandara? Karena kita ingin mengurangi mobil pribadi. Kita ingin orang naik transportasi massal, busway, kereta, sebentar lagi ada MRT dan LRT. Tanpa itu pasti di seluruh dunia pasti akan macet. Di Sumatra Barat khususnya di Kota Padang, kita ingin hal yang sama,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dia mengatakan bahwa harga tiket kereta bandara di Padang ini juga sangat terjangkau. Perbedaannya dengan kereta bandara di Jakarta, kata Presiden, adalah kereta bandara di Padang dibiayai dari APBN, bukan swasta.

“Tiketnya sangat murah sekali. Kalau di Jakarta dikerjakan swasta kalau di sini dikerjakan APBN. Tadi saya ngecek langsung tiketnya. Di sini tiket tercantum Rp10 ribu. Artinya apa? Ya sangat murah sekali. Kalau Bapak, Ibu naik mobil ke airport, mungkin 1 jam. Hitung saja bensin berapa,” kata Jokowi.

Dia mengungkapkan, Bandara Internasional Minangkabau ini sedang dalam proses perluasan. Dari sebelumnya 2,7 juta penumpang per tahun menjadi 5,7 juta penumpang di akhir 2019.

“Saya tanyakan Direktur Utama Angkasa Pura, kapan selesai Pak Dirut? Jawabannya insyaallah Pak 2019. Insyaallah 2019 akan selesai sehingga airport Bandara Internasional Minangkabau ini menjadi airport besar dengan kapasitas 5,7 juta penumpang,” kata Jokowi. [dade]

Continue Reading

Ekonomi

Lippo Group Siap Membantu Desa Melalui Sistem Ekonomi Digital

Published

on

photo credit: pendiri lippo group Mochtar Riady/foto: via twitter

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Pendiri Lippo Group Mochtar Riady menyatakan siap membantu perekonomian desa melalui sistem ekonomi digital.

Kesiapan tersebut dilakukan melalui cara penjaminan dan dukungan penuh yang akan dilakukan melalui Lippo Group.

“Saya sekarang mulai mempersiapkan bagaimana supaya digital masuk desa,” ujar Mochtar Riady, dalam keterangannya, di Jakarta, (21/5/2018).

Dia mengatakan, cara ini tentu berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi melalui sistem teknologi dan tujuannya adalah masuk dan menumbuhkan ekonomi desa.

Untuk mendukung agar ekonomi digital masuk ke desa, Mochtar mengaku siap menjadi penjamin dalam sistem e-commerce. Seperti Jack Ma dengan Alibaba Group, yang merupakan perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

“Kita semuanya harus memikirkan, bagaimana memanfaatkan ekonomi digital ini. Saya siap ikut bantu, terutama untuk membangun perekonomian di desa,” pungkasnya. [ant]

Continue Reading

EduOto

Eduoto7 hari lalu

Rivaldi Pengemudi Truck Volvo Terbaik Indonesia Asal Kalimantan Selatan

JAKARTA – Setelah menempuh perjuangan berat di babak seleksi nasional dan final nasional Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018 di...

Eduoto3 minggu lalu

Ini Pemenang Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018

JAKARTA – 8 pengemudi truk terbaik dari Indonesia berkumpul di Sirkuit Internasional Sentul untuk bersaing di ajang Volvo Trucks Indonesia...

Eduoto4 minggu lalu

Volvo tantang Pengemudi Truk Terbaik Indonesia, Tiket ke Swedia Menanti

JAKARTA – Volvo Truck Indonesia dan PT Wahana Inti Selaras menyelenggarakan Kompetisi langsung dengan mengemudikan Volvo FH, Volvo FM dan...

Eduoto3 bulan lalu

PMJ ingatkan Cara Aman Mudik Bagi Pengendara Sepeda Motor

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombespol Argo Yuwono mengingatkan cara aman mudik yang menggunakan sepeda...

Eduoto6 bulan lalu

Benarkah Calon Pembeli Tesla Berpaling Ke Chevrolet Bolt, Ini Penjelasannya

EDUPUBLIK.COM, SAN FRANCISCO – Mobil listrik dari General Motors, Chevrolet Bolt, mendapatkan angin segar menyusul terus tertundanya produksi Tesla Model...

Eduoto6 bulan lalu

SUV termewah Mazda Mengaspal di Bandung, Ini Targetnya

EDUPUBLIK.COM, BANDUNG – Distributor resmi Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), mulai memasarkan SUV termewah dalam jajaran produk...

Eduoto7 bulan lalu

Sukses Memperkuat Penjualan, IGNIS Tampil Istimewa

EDUPUBLIK.COM, Bandung – Peluncurannya pada April 2017 lalu mencuri perhatian pencinta otomotif di Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki...

Eduoto1 tahun lalu

MCI Siap Promosikan Pariwisata dan Budaya Indonesia melalui Touring

Edupublik.com, Jakarta – Ketua Moge Club Indonesia (MCI) Brader Indra menyatakan di Tahun 2017 ini MCI akan mengadakan Tour Pariwisata...

Eduoto2 tahun lalu

Ini Kata Jokowi Terkait Tingginya Biaya Administrasi STNK

Edupublik.com, Pekalongan – Presiden Jokowi menepis sejumlah anggapan yang beredar bahwa terjadi kesimpangsiuran informasi yang masuk kepadanya terkait dengan penyesuaian...

Eduoto2 tahun lalu

Ini Alasan Pemerintah Menaikan Biaya Administrasi STNK

Edupublik.com, Jakarta – Pemerintah menaikan biaya administrasi pengurus STNK, SIM, dan BPKB. Beberapa poin peningkatan layanan menjadi keuntungan yang didapat...

Advertisement banner 300x250

Terpopuler