Connect with us
data-ad-client="ca-pub-5380071771854709" data-ad-slot="4198541131" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

International

Menteri Penerbangan Sipil India Resmikan Pameran Foto Bertajuk “A Moment of Reflection”

NEW DELHI – Eksebisi foto memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India yang diselenggarakan KBRI New Delhi telah menjadi sebuah momen nostalgia, refleksi, dan optimisme dalam menatap masa depan hubungan kedua negara.

Kehadiran Menteri Penerbangan Sipil India, Shri Hardeep Singh Puri, dalam membuka tersebut pada tanggal 27 Februari 2020 semakin menegaskan makna penting hubungan diplomatik India dan Indonesia.

Dukungan India dalam perang kemerdekaan Indonesia adalah signifikan, dan konektivitas udara telah berperan penting sebagai jembatan di awal kemerdekaan kedua negara.

Banyak yang tidak mengetahui bahwa tiga pahlawan nasional Indonesia, yaitu Komodor Muda Udara Adisucipto, Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh, dan Opsir Muda Udara Adisumarmo gugur dalam pesawat DC-3 Dakota India yang ditembak jatuh di Yogyakarta tahun 1947. Pesawat tersebut milik Biju Patnaik, warga negara India.

Dalam sambutannya membuka pameran foto bertajuk “A Moment of Reflection”, Menteri Hardeep Singh Puri menyampaikan penghargaan atas terselenggaranya pameran foto ini.

Menteri Penerbangan Sipil India, Shri Hardeep Singh Puri dan Dubes RI untuk India, Sidharto Suryodipuro

“Saya senang bahwa selain hubungan bilateral yang telah terjalin sejak 70 tahun yang lalu, juga terdapat keterikatan sejarah yang kental antara India dan Indonesia. India dan Indonesia telah berbagi persahabatan yang terbentuk melalui peradaban, keterikatan budaya, adanya perjuangan bersama melawan kolonialisme, dan keyakinan yang kuat terhadap nilai-nilai demokrasi, pluralisme, inklusifitas, dan penegakan hukum,” ujarnya.

Duta Besar Sidharto Suryodipuro mengatakan, “Walaupun hubungan Indonesia India mungkin sudah ada sejak 2000 tahun lalu. Namun baru 70 tahun yang lalu, hubungan di era modern resmi terjalin. Peran Biju Patnaik sangat signifikan, sebagai pelopor terbangunnya konektifitas udara antara Indonesia dan India. Kedepannya konektifitas udara akan memainkan peran yang semakin penting terhadap hubungan yang semakin kuat antara Indonesia dan India”.

Pameran yang dibuka untuk umum sejak tanggal 25 Februari 2020 merupakan hasil kolaborasi antara KBRI New Delhi dengan Nehru Memorial Museum and Library (NMML).

Pameran Foto Memperingati Tujuh Dekade Hubungan Diplomatik Indonesia-India

Pameran menampilkan foto koleksi KBRI New Delhi yang didapat dari riset selama dua tahun di berbagai lembaga di India dan Indonesia.

Di Indonesia, foto diperoleh diantaranya dari Kantor Berita Antara, Biro Protokol Pers dan Media Kementerian Sekretariat Negara, koleksi pribadi William Wongso, master chef Indonesia yang juga putera fotografer pribadi Presiden Soekarno, NMML, Arsip Nasional Republik Indonesia, National Archives of India, Rajiv Gandhi Foundation, dan Indira Gandhi Memorial Trust.

Para saksi sejarah perjuangan Indonesia-India juga hadiri dalam rangkaian pameran foto tersebut, diantaranya: Prof. Meutia Hatta, Duta Besar Navreka Sharma, Duta Besar Sudharsan Bhutani, Prof. S.D. Muni, Marsekal Utama Fajar Adriyanto, Duta Besar Rizali Indrakesuma, dan 4 panelis lainnya bernostalgia dalam sebuah talk show yang dikemas khusus menjadi momentum untuk refleksi dan upaya menolak lupa sejarah persahabatan bangsa Indonesia dan India.

Foto-foto yang dipamerkan menampilkan peristiwa mulai dari pertemuan pertama Presiden Soekarno dengan Perdana Menteri Jawaharlal Nehru, hingga pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Narendra Modi di Thailand tahun 2019 lalu , Biju Patnaik Pahlawan Indonesia.

Pada pameran foto, terdapat satu sudut yang dikhususkan untuk menampilkan foto-foto langka Biju Patnaik dengan para tokoh dan pemimpin Indonesia kala itu (1947).

Salah satu kisah heroik yang dilakukan oleh Biju Patnaik adalah dalam upayanya menerbangkan Perdana Menteri Sutan Sjahrir ke India dan membawa Wakil Presiden Muhammad Hatta dalam suatu misi penyamaran dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Atas jasa dan keberaniannya tersebut, Biju Patnaik dianugerahkan penghargaan tertinggi dari Pemerintah Indonesia, yaitu penghargaan “Bintang Jasa Utama” yang diberikan pada tahun 1995.

Pada peresmian tersebut, turut hadir pula putra pertama Biju Patnaik, yaitu Prem Patnaik, dimana foto-foto langka terkait ayahnya menjadi ikon dalam pameran tersebut. Kehadiran Prem Patnaik yang juga mengenal baik Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputeri menjadikan momen pameran menjadi lebih berkesan.

Kedekatan Biju Patnaik dengan Presiden Soekarno ternyata menyimpan satu kisah yang tak kalah menarik, karena Biju Patnaik yang memberikan nama “Megawati” kepada Presiden RI ke-5 tersebut.

Di antara undangan, hadir pula Duta Besar berbagai negara serta Dekan Korps Diplomatik New Delhi, anggota parlemen, dan banyak perwakilan media televisi dan cetak India.

Nehru Memorial Museum and Library, NMML adalah lembaga milik pemerintah yang merupakan pusat riset utama dan kegiatan intelektual lainnya.

Bangunan yang dijadikan sebagai museum, merupakan rumah tempat tingal Jawaharlal Nehru hingga beliau menghembuskan nafas terakhirnya. Tepat di depan kamar Nehru, terdapat buffet yang pada salah satu sisinya terpajang foto Bung Karno dan keluarga. [rk]

Baca selanjutnya
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

International

Trump Akui Joe Biden Presiden AS

Published

on

photo credit: Presiden AS Terpilih Joe Biden/via: twitter

EDUPUBLIK – Dengan ancaman pemakzulan untuk kedua kalinya yang semakin meningkat, Presiden Donald Trump mengakui, pada Kamis (7/1) bahwa Joe Biden akan menjadi Presiden Amerika Serikat selanjutnya, sehari setelah para pendukungnya menyerbu Gedung Capitol AS dalam serangan yang mengejutkan terhadap demokrasi AS saat Kongres sedang mengesahkan kemenangan Biden.

Trump, yang pada Kamis pagi masih terus membuat klaim palsu bahwa pemilihan presiden itu telah dicuri darinya, mengatakan bahwa fokusnya kini untuk memastikan transisi yang lancar ke administrasi Biden dalam sebuah video yang dirilis pada Kamis malam waktu setempat. Biden, presiden terpilih dari partai Demokrat, dijadwalkan untuk dilantik pada 20 Januari.

Presiden itu mengecam kericuhan yang pecah pada Rabu, mengatakan bahwa para perusuh telah mencemarkan kursi demokrasi Amerika.”Melayani sebagai Presiden anda telah menjadi kehormatan terbesar dalam hidup saya,” kata Trump yang merupakan presiden dari partai Republik. “Dan untuk seluruh pendukung saya yang hebat, saya tahu anda kecewa, namun saya juga ingin anda tahu bahwa perjalanan hebat kita baru saja dimulai.”

Pernyataan itu merupakan pembalikan tajam bagi Trump, yang menghadapi seruan-seruan untuk pengunduran atau pengusiran dirinya dari kursi kepresidenan usai penyerangan yang terjadi pada Rabu. Selama berbulan-bulan Trump bersikeras dirinya telah menang dalam pemilihan 3 November lalu akibat terjadinya kecurangan yang luas, meski tak ada bukti atas pernyataannya itu.

Desakannya pada hari Rabu kepada ribuan pendukungnya untuk berjalan ke Gedung Capitol untuk memprotes hasil pemilihan memicu kumpulan massa yang menerabas barisan petugas kepolisian dan menginvasi Capitol, memaksa para anggota Kongres untuk bersembunyi demi keselamatan masing-masing.

Para perwakilan dari partai Demokrat di Kongres, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Nancy Pelosi dan pimpinan partai Demokrat di Senat Chuck Schumer, menyerukan kepada kabinet Trump dan Wapres Mike Pence untuk menggunakan Konstitusi AS untuk mencopot Trump atas “hasutan pemberontakan”.

Amandemen ke-25 dalam Konstitusi AS memperbolehkan jumlah mayoritas dari Kabinet untuk mencopot seorang presiden dari kekuasaan apabila dia tidak dapat melaksanakan tugasnya.

Namun seorang penasihat Pence mengatakan sang Wapres, yang harus menjadi pemimpin upaya semacam itu, menolak untuk menggunakan amendemen tersebut untuk mengusir Trump dari Gedung Putih.

Apabila Pence gagal untuk mengambil langkah, Pelosi memberikan sinyal bahwa dia akan mengumpulkan kembali anggota DPR untuk menginisiasikan proses pemakzulan terhadap Trump atas perannya dalam kericuhan pada Rabu, yang mengakibatkan kematian lima orang, termasuk seorang petugas kepolisian Capitol, yang kematiannya dikonfirmasi oleh anggota DPR Dean Phillips melalui Twitter.

Segelintir wakil rakyat dari partai Republik juga menyerukan pencopotan Trump. Laman editorial Wall Street Journal, yang dianggap sebagai suara terdepan dari pihak Republik, menyerukan pengunduran diri Trump pada Kamis malam.

Sejumlah anggota pemerintahan Trump, termasuk Menteri Transportasi Elaine Chao, yang juga merupakan istri Pimpinan Mayoritas Senat Mitch McConnell, mengundurkan diri sebagai sikap simbolis terhadap kekerasan itu. [rzy/ant]

Continue Reading

International

PM Singapura Menerima Suntikan Pertama Vaksin Covid-19

Published

on

photo credit: Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong/via: twitter

EDUPUBLIK – Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menerima suntikan pertama vaksin COVID-19 pada Jumat (8/1).

Kabar itu diperlihatkan melalui unggahan video Facebok, yang menunjukkan pria berusia 68 tahun itu disuntik di bagian lengan di salah satu rumah sakit setempat.

Singapura sejauh ini hanya merestui vaksin COVID-19 produksi Pfizer-BioNTech, tetapi pemerintah juga mengamankan dosis cukup untuk 5,7 juta populasi mereka termasuk dari produsen lainnya seperti Moderna dan Sinovac.

“Kami divaksinasi lebih awal untuk memperlihatkan kepada warga Singapura bahwa kami yakin vaksin tersebut aman dan ampuh,” kata Lee, menambahkan dirinya ditemani oleh pejabat kesehatan senior, Kenneth Mark, yang juga divaksinasi.

Negara kota itu meluncurkan program vaksinasi pertamanya pada akhir Desember, akan tetapi Lee mengatakan vaksinasi yang lebih luas untuk para petugas medis dari lembaga publik akan dimulai pada Jumat dan disusul oleh kaum lansia bulan berikutnya. [ant/reuters]

Continue Reading

International

CEO Alibaba Hilang Misterius

Published

on

credit: @jackmafoundation/via: twitter

EDUPUBLIK – Pendiri Grup Alibaba, Jack Ma, tidak tampil di depan umum sejak dua bulan terakhir, setelah dia mengkritik pemerintah China dalam pidatonya.

Dikutip dari Reuters, Rabu, (6/1), Jack Ma mengkritik sistem regulator China saat berbicara di sebuah forum di Shanghai, pada Oktober tahun lalu.

The Financial Times, dikutip dari Reuters, menuliskan Ma tidak tampil dalam acara “Africa’s Business Heroes” pada November lalu. Jack Ma menjadi salah seorang juri dalam acara tersebut.

Juru bicara Alibaba menyatakan sang miliuner tidak bisa hadir pada acara tersebut karena masalah jadwal yang berbarengan dengan kegiatan lain.

Regulator China sejak Oktober lalu mengkritisi bisnis dimiliki Jack Ma, termasuk diantaranya mengadakan penyelidikan antimonopoli terhadap Alibaba.

Sementara Ant Group, anak perusahaan Alibaba dalam bidang teknologi finansial, terpaksa menunda rencana melantai di bursa saham.

Ketua BDA China, perusahaan konsultan teknologi, Duncan Clark, berpendapat Jack Ma kemungkinan mengikuti saran untuk tidak tampil di depan umum terlebih dulu.

“Ini situasi yang cukup unik, berkaitan dengan Ant dan hal-hal sensitif seputar regulasi keuangan,” kata Clark.

Absennya Jack Ma di depan publik sempat menjadi pembicaraan utama di media sosial. [rzy/ant]

Continue Reading

Terpopuler