Connect with us

Politik

Oso Kembali Pimpin Hanura

credit: ketua umum hanura Osman Sapta Odang/via: twitter

JAKARTA – Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Hanura memutuskan beberapa poin, salah satunya sebanyak 34 dewan pimpinan daerah (DPD) Hanura sepakat meminta Osman Sapta Odang atau Oso kembali menjadi Ketua Umum Partai Hanura periode 2019-2024.

“Semua peserta rapimnas meminta Oesman Sapta kembali maju dicalonkan sebagai Ketua Umum dalam Munas nanti,” kata Ketua DPP Partai Hanura, Benny Ramdani dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis (21/11).

Dia mengatakan, peserta rapimnas meminta agar Munas Hanura secara aklamasi menetapkan Oesman Sapta sebagai Ketua terpilih untuk memimpin partai tersebut 2019-2024.

Benny mengaku belum mendapat pernyataan kesediaan dari Oso untuk kembali menjabat Ketua Umum Hanura. “Agar dikonfirmasi langsung pada Oso atau mungkin nanti ada waktu tersendiri beliau mendeklarasikan sikapnya,” ujarnya.

Benny mengatakan, peserta rapimnas mendesak agar Musyawarah Nasional (Munas) Partai Hanura dipercepat.

Menurut dia, DPP Partai Hanura akan segera menentukan tanggal dan lokasi penyelenggaraan munas pada Desember 2019 dan menindaklanjuti tiga keputusan lainnya.

“Semua peserta rapimnas agar munas dipercepat akan digelar Desember tahun ini. Tinggal nanti DPP akan menindaklanjuti tempat dan waktunya di mana,” ujarnya.

Dia mengatakan seluruh peserta Rapimnas dan anggota sayap partai meminta DPP Partai Hanura merevitalisasi kepengurusan di tingkat DPP maupun DPD.

Selain itu, menurut dia, para kader Hanura juga memberikan dukungan agar DPP Hanura melakukan penertiban terhadap aset partai yang sifatnya bergerak dan tidak bergerak yang tidak ada hubungannya dengan partai atau organisasi.

“Masih ada beberapa pihak yang menahan aset seperti kendaraan, padahal bukan bagian partai lagi. Ini harus diambil,” katanya pula.

Dia mengatakan Rapimnas Partai Hanura menghasilkan empat poin untuk ditindaklanjuti, yaitu pertama, mempercepat pelaksanaan munas, dari semula Februari 2020 menjadi Desember 2019; kedua, meminta kesediaan Oso untuk kembali menjadi Ketua Umum Hanura pada periode 2019-2024.

Ketiga, revitalisasi kepengurusan (DPD/DPC); keempat, DPP Partai Hanura segera menertibkan aset-aset partai yang tengah dalam penguasaan pihak-pihak yang tidak lagi terkait dengan Hanura baik secara hukum maupun secara organisasi. [rzy/ant]

Baca selanjutnya
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

PDIP Umumkan Usung Putra Jokowi Maju di Pilkada 2020

Published

on

photo credit: Gibran Putra Jokowi/via: facebook

JAKARTA – Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang baru diumumkan DPP PDI Perjuangan (PDIP) sebagai calon walikota Solo mengatakan bahwa pilkada bukan sekedar ajang kontestasi namun juga wahana untuk membantu serta menguatkan rakyat di tengah pandemi covid-19.

Hal itu disampaikannya saat menjadi salah satu calon kepala daerah yang menyampaikan pernyataan dalam rapat pengumuman calon kepala daerah PDIP di 45 wilayah di Indonesia, Jumat (17/7/2020).

Pernyataan disampaikan secara virtual di hadapan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Sekjen Hasto Kristiyanto, serta Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo serta Puan Maharani.

Gibran awalnya menyampaikan dirinya bersyukur dan menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas amanah menjadi calon walikota Solo.

“Rekomendasi ini bagi saya adalah suatu kehormatan sekaligus tanggung jawab untuk bisa memenangkan kontestasi pilkada kota Surakarta 2020. Saya dan Pak Teguh akan segera melakukan komunikasi intensif, koordinasi dan konsolidasi ke internal jajaran pengurus seluruh DPC, anak cabang, hingga tingkat ranting di PDI Perjuangan Kota Surakarta mengikuti arahan Ketua DPC FX Hadi Rudyatmo,” kata Gibran.

Dia juga menyebut nama Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto yang juga Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, yang disebutnya bersama Hadi Rudyatmo telah membimbing serta mengarahkan dirinya. Baginya, rekomendasi calon kepala daerah adalah juga momentum konsolidasi dan pemenangan agar bisa mendudukan kembali kader terbaiknya untuk memimpin.

“Dan marilah kita semua menjadikan pilkada kali ini tidak hanya sebagai sebuah proses politik dan demokrasi tetapi juga sebagai ajang gotong royong untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi covid 19,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Calon Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, mengatakan para calon kepala daerah di wilayah Timur Indonesia berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan partai kepada mereka. Pihaknya siap terus berjuang solid, bergerak bersama, gotong royong memenangkan Pilkada 9 Desember yang akan datang. 

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Ibu Ketua Umum memberikan kesempatan kepada kami sebagai Ketua DPD provinsi Papua Barat. Kami siap bertarung untuk memenangkan Pemilu 2020, juga Pemilu 2024 untuk kejayaan PDIP Papua Barat,” kata Markus. 

Calon Bupati Kota Bitung, Maurits Mantiri, mengatakan bahwa konsolidasi pilkada di wilayah Indonesia tengah terus dilakukan. Termasuk konsolidasi dengan anak ranting, musyawarah cabang dan anak cabang. Demikian pula dengan dukungan tokoh masyarakat yang sudah final. Jaringan relawan juga telah bersatu dalam rangka mencapai kepercayaan yang sudah diberikan oleh Ibu Ketua Umum dan DPP PDIP. 

“Kiranya kepercayaan yang diberikan Ibu Megawati Soekarnoputri ini benar-benar akan kami dapat bertanggungjawab ini wujud menjaga nama baik di Kota Bitung,” kata Maurits. [bs]

kontributor: bambang s

Continue Reading

Politik

Pesan Ketum PDIP: Calon Kepala Daerahnya Jangan Berleha-leha, Segera Turun Ke Rakyat

Published

on

JAKARTA – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri meminta agar para calon kepala daerah yang diusung partai itu, termasuk Gibran Rakabuming di Pilwalkot Solo, untuk tidak berleha-leha usai menerima rekomendasi maju dari partai. Semuanya harus segera bekerja keras turun di tengah rakyat untuk meraih kemenangan di pilkada.

Dalam salah satu poin amanatnya usai pengumuman calon kepala daerah di 45 wilayah yang dilaksanakan di kantor pusat DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Jumat (17/7/2020), Megawati mengucapkan selamat kepada yang sudah mendapatkan rekomendasi resmi.

“Tetapi tolong diingat. Ini di dalam perjuangan, baru tahap pertama. Kalian baru terpilih untuk menjadi calon. Sedangkan perjuangan adalah nanti bulan Desember. Oleh sebab itu, maka bergerak lah cepat turun ke bawah untuk mendapatkan simpati dari masyarakat, dari rakyat yang akan memilih,” kata Megawati.

Diingatkan Megawati, PDIP harus mencapai kemenangan besar di Pilkada 2020, sebagai batu lompatan meraih kemenangan di pemilu 2024 mendatang.

“Tidak bisa kita berleha-leha saja. Oh sudah ada rekomendasi di tangan saya, tidak bisa berleha-leha. Sepenuhnya harus terus dilakukan dengan kerja keras,” imbuhnya.

Dia mengatakan semua calon kepala daerah dari PDIP harus bersama-sama tetap menyatukan hati, pikiran, ucapan, dan tindakan ke dalam satu tarikan nafas dalam mewujudkan perjuangan dalam Pancasila dan Trisakti Bung Karno.

“Jangan pernah, jangan sekali-kali pernah kamu mengkhianat dirimu sendiri dengan ucapanmu sendiri. Kalau pikiran dan nuranimu jadi satu, Insya Allah kemenangan ada di tangan kita.Terus rapatkan barisan, bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh,” pungkas Megawati. [bs]

kontributor: bambang

Continue Reading

Politik

[PILKADA 2020] PDIP Umumkan Calon Kepala Daerahnya

Published

on

JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani membacakan nama calon kepala daerah-wakil kepala daerah untuk 45 wilayah yang akan bertarung di Pilkada Serentak 2020. Diantaranya termasuk Gibran Rakabuming-Teguh Santosa yang maju di Pilwakot Solo.

Pengumuman itu dilaksanakan dalam rapat yang dilaksanakan secara virtual dari Kantor Pusat DPP PDIP di Jakarta Pusat, Jumat (17/7/2020).

Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto memimpin rapat tersebut. Hadir juga Ketua DPP PDIP M. Prananda Prabowo. 

Berikut daftar nama kepala daerah yang diumumkan oleh Puan.

DAFTAR 45 WILAYAH DAN NAMA-NAMA CALON PILKADA SERENTAK TAHUN 2020

Prov. Papua Barat

  1. Kab. Manokwari Selatan: Markus Waran, ST, MSi dan Wempi Welly Rengkung, SE, MSi

Prov. Papua

  1. Kab. Boven Digoel: Martinus Wagi, SP dan Isak Bangri, SE

Prov. Maluku Utara

  1. Kota Ternate: Merlisa, SE dan Juhdi Taslim, SH, MH

Prov. Sulawesi Tenggara

  1. Kab. Wakatobi: Haliana, SE dan Ilmiati Daud, SE, MSi
  2. Kab. Konawe Utara: DR Ir Ruksamin, ST, MSi, IPM dan Abu Haera, SSos, MSi

Prov. Sulawesi Selatan

  1. Kab. Gowa: Adnan Purucita Ichsan dan Abdul Rauf Mallagani
  2. Kota Makassar: DR Syamsul Rizal MI, SSos, MSi dan dr Fadli Ananda, SpOG, MKes
  3. Kab. Pangkajene Kepulauan: Dr H Abdul Rahman Assegaf dan Ir Muammar Muhayang, ST, MM, IPM ASEAN, Eng

Prov. Sulawesi Tengah

  1. Kab. Sigi: Mohamad Irwan, SSos, MSi dan Dr Samuel Y Pongi, SE, MSi
  2. Kab. Banggai Laut: Drs H Wenny Bukamo dan Ridaya La Ode Ngkowe, SSi, MA
  3. Kota Palu: Drs Hidayat, MSi dan Hj Habsa Yanti Ponulele, ST, MSi
  4. Kab. Toli-toli: H Muchtar Deluma, SH, MH dan Drs Bakri Irus, Apt, MM

Prov. Sulawesi Utara

  1. Kab. Bolmong Selatan: Hi Iskandar Kamaru, SPt dan Deddy Abdul Hamid
  2. Kota Bitung: Ir Maurits Mantiri dan Hengky Honandar, SE
  3. Kab. Minahasa Selatan: Franky D Wongkar, SH dan Pdt Petra Rembang, MTh
  4. Kab. Minahasa Utara: Joune JE Ganda, SE dan Kevin W Lotulung, SH, MH

Prov. Kalimantan Utara

  1. Kab. Malinau: Drs Jhonny Laing Impang, MSi dan Muhrim, SE
  2. Kab. Bulungan: Dr H Sigit Muryono, MPd, Kons dan Markus Juk
  3. Kab. Tanatidung: Markus, SE, MM dan Hamjah M

Prov. Kalimantan Timur

  1. Kab. Kutai Kertanegara: Drs Edi Damansyah, MSi dan H Rendi Solihin

Prov. Kalimantan Selatan

  1. Kab. Banjar: H Rusli dan KH M Fadhlan Asy‘ari

Prov. Kalimantan Barat

  1. Kab. Ketapang: H Eryanto Harun dan Mateus Yudi, SE, MSi
  2. Kab. Melawi: H Dadi Sunarya Usfa Yursa, AMd dan Drs Kluisen
  3. Kab. Kapuas Hulu: Fransiskus Diaan, SH dan Wahyudi Hidayat, ST

Prov. Jawa Tengah

  1. Kota Surakarta: Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa
  2. Kab. Sukoharjo: Etty Suryani, SE, MM dan Drs Agus Santosa
  3. Kab. Pekalongan: Fadia Arafiq, SE, MM dan H Riswadi, SH
  4. Kab. Purworejo: Agustinus Susanto dan Rahmat Kabuli Jarwinto, SPd
  5. Kab. Wonosobo: Afif Nurhidayat, Sag dan H Muhammad Albar

Prov. DI Yogyakarta

  1. Kab. Sleman: Dra Hj Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa, SE
  2. Kab. Gunung Kidul: Bambang Wisnu Handoyo dan Benyamin Sudarmaji

Prov. Jawa Timur

  1. Kab. Kediri: Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa
  2. Kota Pasuruan: Raharto Teno Prasetyo dan H. Mochammad Hasjim Asjari, ST
  3. Kota Blitar: Drs Santoso MPd dan Ir Tjutjuk Sunaryo, MM
  4. Kab. Trenggalek: M Nur Arifin dan Syah Muhammad Natanegara
  5. Kab. Blitar: Drs Rijanto, MM dan Marhaenis Urip Widodo
  6. Kab. Mojokerto: H Pungkasiadi, SH dan Titik Mas’udah, SAg

Prov. Jawa Barat

  1. Kab. Pangandaran: H Jeje Wiradinata dan H Ujang Endin Indrawan, SH
  2. Kota Depok: Pradi Supriyatna dan Hj Afifa Alia, ST

Prov. Lampung

  1. Kab. Lampung Tengah: Loekman Djoyosoemarto dan Ilyas Hayani Muda
  2. Kab. Pesisir Barat: Pieter, SE dan H Fahrurrazi, SE, MM

Prov. Sumatera Selatan

  1. Kab. OKU Timur: H Lanosin Hamzah ST dan HM Adi Nugraha Purna Yudha

Prov. Riau

  1. Kab. Kuantan Singigi: H. Halim dan Konferensi, SP, MSi

Prov. Sumatera Utara

  1. Kota Pematang Siantar: Ir. Asner Silalahi, MT dan Dra. Susanti Dewayani, Sp.A
  2. Kab. Serdang Bedagai: Darma Wijaya dan H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP. [bs]

kontributor: bambang

Continue Reading

Terpopuler