Connect with us

Edu Tekno

Papua dan Papua Barat Akan Punya 6 Infrastruktur Kelistrikan Baru

Edupublik – Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat akan mempunyai 6 infrastruktur kelistrikan baru. Yang sedianya akan diresmikan Jokowi,(17/10). Keenam Insfrastruktur kelistrikan tersebut adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air Orya Genyem 2 x 10 MW,  Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro Prafi 2 x 1, 25 MW, Saluran Udara Tegangan Tinggi 70 kilo Volt Genyem – Waena – Jayapura sepanjang 174,6 kilo meter sirkit, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kilo Volt Holtekamp – Jayapura sepanjang 43,4 kilo meter sirkit, Gardu Induk Waena – Sentani 20 Mega Volt Ampere dan Gardu Induk Jayapura 20 Mega Volt Ampere.

Dengan diresmikannya 6 infrastruktur kelistrikan Papua dan Papua Barat tentunya akan mengurangi masalah kurangnya pasokan listrik di kedua provinsi tersebut.

Masalah listrik adalah masalah yang dihadapi semua provinsi di Indonesia karena saat Presiden berkunjung ke suatu daerah, masalah pertama yang disampaikan warga adalah kondisi biarpet.

Krisis listrik ini terjadi karena adanya keterlambatan dalam membangun pembangkit listrik. Secara bertahap, pemerintah terus berusaha mengatasi masalah krisis listrik dengan membangun pembangkit listrik yang tersebar di banyak wilayah di Indonesia.(azr)

Baca selanjutnya
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edu Tekno

Pendiri Perusahaan Ponsel Smartisan Dilarang Naik Kereta Cepat Di China

Published

on

grafik foto: milik smartisan/via facebook

EDUPUBLIK – Pendiri perusahaan ponsel China, Smartisan Technology, dilarang naik kereta cepat dan pesawat di negaranya sendiri karena perusahaannya tidak mematuhi keputusan pengadilan untuk masalah kontrak.

Pendiri Smartisan, Luo Yonghao, juga dilarang untuk bermalam di hotel mewah, bersenang-senang di klub malam mewah, klub golf, membeli properti, ikut asuransi premium dan menyekolahkan anak di sekolah swasta yang mahal, berdasarkan perintah dari pengadilan Danyang di China bagian selatan, dikutip dari Reuters.

Pengadilan mengeluarkan perintah tersebut karena Smartisan gagal memenuhi keputusan pengadilan terkait perselisihan kontrak dengan perusahaan elektronik setempat.

Luo melalui media sosial Weibo meminta maaf kepada para kreditur dan investor, dia berjanji akan membayar utang-utangnya.

Luo menyatakan Smartisan berutang 600 juta yuan karena bisnis menurun sejak tahun lalu, tapi, 10 bulan terakhir mereka menghasilkan 300 juta yuan.

Merk Smartisan di China memang tidak sebesar kompetitornya antara lain OPPO, Xiaomi dan Huawei. Luo, sang pendiri, terkenal dengan pernyataan-pernyataannya yang kontroversial di media massa, termasuk salah satunya akan mengakuisisi Apple.

ByteDance, perusahaan induk Tik Tok, membeli sejumlah hak paten dari Smartisan, dan sedang mengembangkan ponsel dari paten tersebut.

Smartisan pekan lalu meluncurkan ponsel baru, COO Wu Dezhou menyatakan kebanyakan tim mereka pindah ke ByteDance setelah akuisisi paten tersebut untuk mengerjakan ponsel dan perangkat keras. Luo, menurut Wu, sudah keluar dari tim karena alasan pribadi. [rzy]

Continue Reading

Edu Tekno

LKS 2019, Mechanical Engineering CAD Semakin Diminati

Published

on

ILUSTRASI

YOGYAKARTA – Mechanical Engineering Computer Aided Design (CAD) dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK setiap tahunnya menjadi bidang lomba dengan jumlah peserta yang tak banyak. Namun, pada LKS SMK tahun ini, jumlah peserta bidang lomba Mechanical Engineering CAD bertambah secara signifikan.

“Ada beberapa provinsi yang sebelumnya tidak pernah mengirimkan perwakilannya untuk bidang lomba ini, sekarang sudah memiliki perwakilan untuk bertanding di LKS SMK 2019,” ujar Juri LKS 2019 Bidang Lomba Mechanical Engineering CAD, Sugiyarto Triwibowo, di Yogyakarta, Kamis (11/07/2019).

“Tahun ini luar biasa peminatnya. Sangat signifikan peningkatannya. Beberapa tahun terakhir (jumlah peserta) stagnan di angka 14-15 orang. Tahun ini meningkat jadi 20 peserta, jadi ada 20 provinsi yang turut serta dalam lomba ini,” tambahnya.

Dia mengatakan, ada beberapa provinsi yang sebelumnya belum pernah ikut, sekarang ikut, misalnya Papua dan Papua Barat. Apapun hasilnya, ini sudah luar biasa dan mereka bersedia dan mau untuk ikut.

“Selain Papua dan Papua Barat, provinsi lainnya yang baru pertama kali mengirimkan perwakilannya di bidang lomba ini adalah Kalimantan Utara. Sebagai juri LKS yang rutin berpartisipasi dalam LKS dan World Skills Competition (WSC),” katanya.

Dia mengaku, sangat senang akan keterlibatan provinsi-provinsi tersebut dalam LKS tingkat nasional ini. Ia menambahkan, bahkan untuk ajang kompetensi di tingkat dunia, yaitu WSC, tahun ini juga mengalami peningkatan pesat dalam jumlah peserta.

“Sebelumnya maksimal 27 negara, tahun ini ada 31 negara yang ikut bidang lomba Mechanical Engineering CAD,” katanya.

Menurutnya, peningkatan peminat dalam bidang lomba ini disebabkan oleh faktor menariknya mempelajari Mechanical Engineering CAD. “Menurut saya menantang, ya. Menantang dengan tidak harus mengeluarkan energi fisik, tapi lebih ke skill dan knowledge,” tutur Sugiyarto yang juga menjadi instruktur di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) BOE Malang, Jawa Timur.

Bidang lomba Mechanical Engineering CAD dalam LKS 2019 diikuti oleh siswa SMK jurusan Teknik Mesin. Sekilas, bidang lomba ini memang terlihat sulit. Namun, Sugiyarto memiliki strategi untuk memotivasi para peserta dalam mengerjakan semua modul lomba.

“Saya tidak pernah menyebut kata sulit. Saya mengajarkan ke anak-anak jangan pakai kata sulit, tapi menantang dan menarik. Nah, itu kata kuncinya! Karena itu sangat berpengaruh kepada motivasi. Kalau dianggap menantang dan menarik pasti menimbulkan motivasi yang semakin tinggi,” ujarnya.

Aspek pembelajaran di sekolah juga menjadi faktor sedikitnya peserta bidang lomba ini dalam LKS SMK. Menurutnya untuk pembelajaran di sekolah biasanya gambar mesin hanya sampai di gambar manual.

Namun ia mengakui sudah ada sekolah-sekolah yang mengajarkan siswanya sampai ke Computer Aided Design (CAD), yaitu membuat desain dengan menggunakan bantuan komputer.

“Kelebihannya banyak kalau kita mendesain dengan bantuan komputer atau CAD. Pada saat kita ingin membuat suatu modifikasi, maka dengan cepat kita akan mengerjakannya dan bisa kita cetak kapanpun, berapapun jumlahnya, bahkan bisa kita kirim ke manapun di dunia ini dengan bantuan jaringan internet,” katanya.

Dia mengungkapkan, di LKS SMK, Mechanical Engineering CAD adalah bidang lomba untuk perancangan gambar permesinan, hingga sampai modul  mechanical design challenge, yaitu tantangan untuk membuat suatu modifikasi produk.

“Jadi lomba ini menggunakan software Autodesk Inventor versi 2018. Ada empat modul yang dilombakan. Yang pertama adalah Mechanical Assembly and Detail Drawing for Manufacture. Itu biasanya diberikan dalam bentuk hardcopy, lalu mereka harus menggambar dalam bentuk tiga dimensi, kemudian ada perintah untuk membuat gambar kerja, rendering, dan animasi,” ungkapnya.

Modul kedua adalah Mechanical Fabrication atau fabrikasi mekanik. Lalu ada modul Reverse Engineering, di mana peserta diberikan model asli benda atau suatu komponen, lalu mereka harus mengukurnya  dan menggambarnya di komputer, kemudian hasilnya menjadi gambar kerja. “Gambar kerja tadi itu kalau di kehidupan nyata di industri, itu akan jadi bahasa teknik yang dikirim ke operator untuk diproduksi. Kurang lebih seperti itu,” jelasnya.

Dalam bidang lomba ini, peserta memproduksi atau membuat gambar animasi termasuk proses rendering untuk presentasi, video animasi, atau gambar-gambar yang di-explode. “Kalau gambar di-explode itu sering kita jumpai pada manual book. Misalnya konsumen membeli suatu produk, lalu kalau dia ingin merakit atau membongkar biasanya dilengkapi gambar itu, dan gambar itu membuatnya di sini (Mechanical Engineering CAD),” katanya.

Saat memberikan penilaian, juri melihat kemampuan menggambar para peserta, baik dari segi pengetahuan (knowledge) maupun keterampilan (skill). “Apa yang kita nilai adalah hasil berupa gambar kerja atau dalam bentuk image rendering, atau animasi video. Kalau di tingkat dunia (WSC) sampai ke 3D Printing, jadi dicetak dalam bentuk tiga dimensi dengan material plastik tertentu,” jelasnya.

Peserta diberikan total waktu selama 16 jam dalam tiga hari lomba, dengan rincian Mechanical Assembly selama enam jam, Reverse Engingeering selama empat jam, Mechanical Design Challenge selama tiga jam, dan Mechanical Fabrication selama tiga jam.

“Sementara dalam World Skills Competition (WSC), bidang lomba ini memakan waktu selama 22 jam yang terdistribusi ke dalam empat hari,” tutupnya.

Penulis: Desliana Maulipaksi
Sumber: kemdikbud

Continue Reading

Edu Tekno

Babak Final PUBG Mobile, 16 Tim Perebutkan 1 Miliar

Published

on

JAKARTA – Babak final PUBG Mobile Indonesia National Championship (PINC) 2019, akan berlangsung pekan depan, di Stadion Tenis Indoor, Senayan, Jakarta, pada 13-14 Juli, mendatang. Sebanyak 16 tim akan belagak dalam kompetisi itu.

Tim-tim dari berbagai daerah yang lolos ke babak final itu, dalam keterangan tertulis Tencent Games dan RevivalTV, Sabtu, merupakan para pemenang laga kualifikasi regional PINC yang berlangsung sejak pertengahan April 2019 dan akan memperebutkan hadiah total Rp1 miliar.

Enam belas tim itu adalah Loenpia City Familia Esport (Semarang), AEROWOLF Limax (Surabaya), Bigetron Esports (Jakarta), SFI 4S (Jakarta), RRQ Capcorn (Bali), CMPB Fams (Makassar), PROFESSIONAL BAD (Medan), dan DRANIX MTRJEA AVENGERS (Manado).

Kemudian, tim GHOST ALLIANCE GRILLPAN (Yogyakarta), BOOM ACE (Pontianak), ONIC LULCLAZ PYB (Padang), FRONTIER ESPORT TEAM (Bandung), RRQ RYU (Bandung), NFTZero90 (Balikpapan), EVOS ESPORTS (Palembang) dan tim satu pemenang babak kualifikasi terbuka (open qualifier).

Turnamen ini juga menghadirkan acara khusus Ladies Tournament yaitu pertempuran antara tim-tim PUBG Mobile dengan keseluruhan anggota adalah pemain perempuan.

PUBG Mobile adalah sebuah permainan digital dengan genre battle royale, sebuah permainan yang dapat dimainkan sekaligus oleh 100 orang secara daring (online).

Pemain bisa bermain solo, tim dengan dua orang, dan tim yang terdiri dari empat orang. Mereka juga dapat mengundang teman untuk bergabung ke dalam permainan sebagai anggota tim.

Dalam pasar aplikasi Playstore, permainan itu telah dimainkan oleh lebih dari 50 juta pengguna Android di seluruh dunia. [ant]

Continue Reading

Terpopuler