Connect with us

Peristiwa

Gunung Merapi Erupsi

photo credit: Gunung Merapi yang terletak di Kabupaten Klaten, Megelang, Boyolali dan Sleman meletus freatik pada Jumat (11/5) sekitar pukul 07.32 WIB/via: twitter

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan Gunung Merapi yang terletak di Kabupaten Klaten, Megelang, Boyolali dan Sleman meletus freatik pada Jumat (11/5) sekitar pukul 07.32 WIB.

“Letusan disertai suara gemuruh dengan tekanan sedang hingga kuat dan tinggi kolom 5.500 meter dari puncak kawah. Letusan melontatkan abu vulkanik, pasir dan material piroklatik. Letusan berlangsung tiba-tiba,” ujar PVMBG dalam rilisnya, di Jakarta, Jumat (11/5/2018).

Jenis letusan, lanjut PVMBG, adalah letusan freatik yang terjadi akibat dorongan tekanan uap air yang terjadi akibat kontak massa air dengan panas di bawah kawah Gunung Merapi.

“Jenis letusan ini tidak berbahaya dan dapat terjadi kapan saja pada gunungapi aktif. Biasanya letusan hanya berlangsung sesaat. Gunung Merapi sebelumnya pernah terjadi letusan freatik,” kata PVMBG.

PVMBG mengatakan, tidak menaikkan status Gunung Merapi dan masih terus memantau perkembangan aktivitas vulkanik. Status Gunung Merapi hingga saat ini masih tetap normal (Level I) dengan radius berbahaya adalah 3 kilometer dari puncak kawah.

Masyarakat dihimbau tetap tenang. Belum ada laporan korban jiwa, aparat dan pihak terkait masih melakukan pemantauan.

Sementara itu, BPBD Sleman telah menginstruksikan masyarakat yang tinggal dalam radius 5 km seperti daerah Kinahrejo sudah diinstruksikan untuk evakuasi ke bawah di barak pengungsi. Masyarakat merespon dengan evakuasi mandiri ke tempat yang aman.

Para pendaki gunung Merapi dihimbau mengikuti rekomendasi dan tidak memaksakan diri mendekati puncak kawah.

Berdasarkan laporan sementara terdapat sekitar 120 orang yang mendaki dan mendekati Pasar Bubrah. Kondisinya semua selamat.

BPBD telah mendistribusikan masker. Hujan abu diperkirakan turun di sekitar Gunung Merapi khususnya di bagian selatan dan tergantung dari arah angin.

Dilaporkan hujan abu vulkanik terjafi di Tugu Kaliurang Sleman Yogyakarta. Posko BNPB terus berkoordinasi dengan BPPTKG PVMBG dan BPBD. [dade]

SUBSCRIBE EDUPUBLIK CHANNEL

Baca selanjutnya
Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Peristiwa

Ditjen PAS Ajak Warga Binaan Main Opera Ainun

Published

on

JAKARTA – Kementerian Hukum dan HAM Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, sangat antusias dengan adanya pengelaran Opera Ainun.

Dengan tampilnya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), di pagelaran yang spektakuler itu. Harapannya semakin membuat mereka yakin meski ditempat terbatas kreativitas mereka tanpa batas dan patut diapreasiasi oleh masyarakat luar.

“Sebagai wujud implementasikan pembinaan kepribadiaan dan kemandirian terhadap Warga Binaan, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) memboyong untuk tampil dalam pegelaran seni menajubkan bertajuk “Opera Ainun” yang akan diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki (TIM),” ujar Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Utami, saat acara “Opera Ainun”, di The East Tower, Lantai 24, Jakarta Selatan, Rabu (15/8/2018).

Pagelaran tersebut, akan berlangsung selama dua hari mulai 15-16 Agustus 2018. Opera Ainun diangkat berdasarkan novel yang tertulis oleh Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie yang menggambarkan segala sesuatu tentang cinta dari seseorang bernama Rudy Habibie. Saya yakin dengan tampilnya WBP di pagelaran itu, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menonton pagelaran itu.

Lebih lanjut, Sri mengatakan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Tangerang, Lembaga Pemasyarakatan Anak Wanita Tangerang siap unjuk gigi dalam pagelaran tersebut.

“Tak ketinggalan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang, Lembaga Pemasyarakatan Khusus Narkotika Cipinang, serta Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Jakarta juga akan semarakkan pagelaran,” katanya.

Sementara itu, Second Chance Foundation, Evy Amir Syamsudin mengatakan sebuah Yayasan yang mendampingi WBP agar dapat menjadi mandiri. Kolaborasi ini, melibatkan warga-warga binaan untuk turut berpartisipasi sebagai ansambel dalam pementasan Opera Ainun.

“Opera Ainun akan menggunakan beberapa karya warga binaan sebagai cendera mata Opera Ainun. Hal yang paling penting adalah mencegah mereka yang telah terehabilitasi kembali terjerumus. Sayangnya stigma masyarakat terhadap warga binaan membuat hal ini kerap terulang,” kata Evy.

Beliau juga menambahkan bahwa tentunya hanya mereka benar-benar sudah terehabilitasi, mau memperbaiki kesalahannya dan berkelakuan baik yang diberikan kesempatan untuk berpartisipasi. Opera Ainun akan melibatkan Purwacaraka sebagai pencipta lagu dan musik, Titien Wattimena sebagai penulis naskah, dan Ari Tulang sebagai sutradara sekakigus koreografer.

“Untuk pemain yaitu, nama Farhan Purnama sebagai sutradara Habibie dan Andrea Miranda sebagai Ainun. Yang tak kalah ditunggu-tunggu, dalam pagelaran ini kami juga ikut sertakan penampilan WBP,” ujarnya. [dade]

Continue Reading

Peristiwa

Organisasi Indonesia Lions Club Bantu Korban Gempa Lombok

Published

on

photo credit: Organisasi Indonesia Lions Club Bantu Korban Gempa lombok, (13/8)/dok. Istimewa

LOMBOK UTARA – Organisasi District Governor 307-A1 Indonesia Lions Club ikut membantu korban Gempa Bumi Lombok dengan memberikan sumbangan langsung berupa, tenda, makanan dan kebutuhan bayi.

“Keberangkatan puluhan anggota organisasi tersebut dalam rangka memberikan bantuan kemanusiaan, berupa 2 ton barang-barang, antara lain makanan, kebutuhan bayi dan tenda untuk para pengungsi korban gempa,” ujar Gubernur Lions Club Distrik 307-A1 Sylviana Murni, dalam keterangannya, di Lombok Utara, NTB, Rabu (15/8/2018).

Mantan calon wakil gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, kedatangan mereka di Lombok sudah berkoordinasi dengan pemerintah NTB. Sehingga, distribusi bantuan pun berjalan dengan baik.

“Kordinasi yang telah dilakukan lions club dengan pemerintah daerah yakni Tuan Guru Bajang selaku Gubernur NTB dan juga komunikasi dengan kesbangpol serta pihak lainnya menghasilkan penyaluran bantuan dengan baik,” kata Dia.

Meski demikian, Dia mengakui, ketika berdialog dengan para korban, banyak kebutuhan-kebutuhan mereka yang belum tercukupi.

“Keinginan korban adalah bantuan dibangun nya kembali tempat tinggal,” kata Dia.

Dia mengatakan, usulan dari masyarakan pasti di support sebaik mungkin. Lion Club pasti akan mendukung bantuan fisik bagi korban yakni berupa bantuan pembangunan rumah ibadah, seperti musholah dan masjid. Tujuannya agar masyarakat bisa beribadah dengan baik.

“Kami juga mendukung pembangunan tempat tinggal anti gempa dengan materil memanfaatkan sumber daya sekitar. Yang jelas kondisi sangat memprihatinkan dan masih membutuhkan banyak sekali bantuan,” tandasnya. [bng]

Continue Reading

Peristiwa

Organisasi Sayap Perindo Berikan Kaca Mata Gratis

Published

on

photo credit: ketua okk dpp baja/dade

JAKARTA –  Menyongsong hari jadinya ke-2 BAJA Perindo Menggelar berbagai bakti sosial. Salah satunya adalah pemeriksaan dan pengobatan mata serta pembagian kaca mata gratis Kelurahaan Koja Jakarta Utara.

Pada bakti sosial kali ini dibagikan sekitar 600 kaca mata baca (plus) kepada warga yang membutuhkan.

Ketua Organisasi Kaderisasi Keanggotaan Dewan Pimpinan Pusat BAJA, David Rahardja mengatakan 600 kaca mata yang akan kita bagikan hari ini, dalam rangka HUT BAJA yang ke-2, kerjasama dengan DaRah Foundation, untuk membantu masyarakat yang ada di RW 01, Kelurahan Koja Jakarta Utara.

“Pemilihan bakti sosial berupa pemeriksaan dan pengobatan mata serta pembagian kaca mata gratis ini berdasar permintaan masyarakat, dimana banyak warga usia lanjut di wilayah ini yang membutuhkan kaca mata baca,” ujar David, di Jakarta, Senin (13/8/2018).

Kegiatan ini dalam rangkaian HUT ke-2 BAJA Perindo yang puncaknya tanggal 25 Agustus, yang nantinya selain ada pemeriksaan mata juga ada pemeriksaan gula darah, kolesterol, lebih lengkap lagi lah di puncak HUT. Kita akan tindak lanjuti yang biasa kita lakukan adalah, minimal ada 10 warga yang sudah terdaftar.

“Itu baru kita lakukan operasi katarak. Jadi, kalau ditemukan katarak ataupun glukoma pasti akan kita tindak lanjuti,” ujar David.

Sementara itu, Ketua RW 01 Kelurahan Koja Ridwana menyambut baik kegiatan bakti sosial pembagian kaca mata gratis oleh BAJA Perindo ini.

“Saya menyambut baik bakti sosial ini, sengaja kita adakan di daerah ini. Supaya mereka melihat masih banyak anggota masyarakat yang butuh bantuan, yang berada di bantaran sungai dan ditempat-tempat yang kurang layak,” kata Dia.

Dia berharap, ada kelanjutan dari kegiatan-kegiatan seperti ini.

Kaca mata baca yang dibagikan BAJA Perindo kerjasama dengan DaRah Foundation ini selain memiliki manfaat dari kaca nya (plus/untuk baca), juga mengandung enam elemen pada framenya yang dapat mengurangi plus-minus-cilinder pada mata,” kata Ridwan.

Lebih lanjut, Ridwan mengungkapkan keenam kandungan yakni batu tourmalin, germanium untuk menangkal sel kanker, lon Negatif sebagai vitamin udara, Sinar Infrared jarak jauh, Nano Silver untuk membunuh kuman dan bakteri, serta ada anti radiasi untuk menghindarkan dari radiasi elektro magnetic. [dade]

Continue Reading

Peristiwa

Ditjen PAS Ajak Warga Binaan Doa Bersama Untuk Indonesia

Published

on

photo credit: ditjen pas ajak warga binaan doa bersama untuk indonesia/dok. dade (edupublik)

JAKARTA – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) menggelar kegiatan doa bersama untuk Indonesia, yang diikuti Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan serta Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM se-Indonesia.

“Pembinaan keagamaan merupakan bagian dari pembinaan kepribadian bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Pemasyarakatan tidak lagi dianggap sebagai lembaga ‘pembalasan’, namun sebagai proses theurapoutie dan tempat pembinaan untuk menyembuhkan seseorang yang pernah tersesat karena kelemahan yang dimilikinya,” ujar Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utama, di Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dilakukan agar WBP menyadari sepenuhnya kesalahan yang telah diperbuat sehingga tidak akan mengulangi perbuatannya.

Sebagai bagian dalam program pembinaan keagamaan tersebut, dari 250.000 WBP dan 44.000 Petugas Pemasyarakatan se-Indonesia mengikuti kegiatan berdoa bersama ini.

“Momentum ini tidak hanya sebagai bagian dari program pembinaan kepribadian saja, tetapi juga mendoakan Indonesia yang memasuki usia ke-73,” katanya.

Tidak hanya itu, kegiatan yang akan diikuti oleh pemeluk dari berbagai agama dan kepercayaan ini, lanjut Dia, bertujuan untuk kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Pemasyarakatan serta untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Dia mengatakan, meskipun hidup dalam keterbatasan, euforia penyelenggaraan kompetisi olahraga terbesar di Asia ini juga dirasakan oleh WBP.

“Pemasyarakatan telah mengalami tantangan yang cukup berat akhir-akhir ini. Kita harus melakukan introspeksi dan evaluasi,” katanya.

Lebih lanjut, Puguh mengatakan dengan doa bersama ini, kita benar-benar berharap bahwa kita akan terhindar dari segala godaan baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari serta dapat melaksanakan tugas dengan baik. Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018 juga menjadi kebanggaan serta tantangan tersendiri bagi Pemasyarakatan.

“Meskipun tidak terlibat secara langsung, Pemasyarakatan turut serta dalam memelihara keamanan dan ketertiban dengan melakukan langkah-langkah yang komprehensif sebagai dukungan atas terselenggaranya Asian Games 2018,” ucapnya.

Dia menuturkan, Doa bagi korban musibah gempa yang menimpa masyarakat di Bali dan Nusa Tenggara Barat juga menjadi bagian diadakannya penyelenggaraan doa bersama.

Musibah tersebut, lanjutnya, memberikan duka yang mendalam bagi Pemasyarakatan dimana terdapat beberapa UPT Pemasyarakatan yang mengalami kerusakan meskipun tidak menimbulkan korban jiwa.

“Kami turut berduka cita atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita di Bali dan Nusa Tenggara Barat khususnya bagi seluruh WBP dan Petugas Pemasyarakatan yang terdampak. Semoga diberi kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Esa,” tandasnya.

“Kegiatan bersama tersebut akan diselenggarakan serentak yang terhubung melalui media teleconference yang dipimpin oleh Ustad Arifin IIham,” tutup Dia. [dade]

Continue Reading

Peristiwa

Dua Juta Driver Ojol Bakal Demo Saat Pembukaan Asian Games 2018

Published

on

photo credit: aksi driver ojol, di jakarta/dok. istimewa

JAKARTA – Beredar kabar pada saat pembukaan Asian Games 2018 nanti akan diwarnai aksi demonstrasi oleh para driver ojek online (ojol).

Mereka menuntut salah satu perusahaan aplikasi transportasi yang jadi sponsor Asian Games itu mengembalikan tarif minimal Rp3 ribu/Km.

Selain itu, mereka juga meminta pemerintah untuk ikut turun tangan dan mengambil peran menekan pihak perusahaan transportasi tersebut. Rencananya demo yang akan digelar di Jakarta dan Palembang akan diikuti oleh 2 juta driver Ojol.

Menanggapi rencana demo tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, menyarankan agar para driver ojol tidak melakukan demo pada saat pembukaan Asian Games 2018, karena perhelatan tersebut membawa nama Indonesia di kancah internasional.

“Kalau menurut saya apa gunanya sih. Enggak usah lah. Ini event bawa nama besar Indonesia. Masa mau demo-demo kayak gitu, Tidak usah demo. Saya juga sudah komunikasi dengan mereka,” kata Rudiantara di stadion Gelora Bung Karno, Kamis (26/7/2018).

Senada dengan Rudiantara, Anggota Komisi V DPR RI, Jhonny Allen Marbun mengimbau kepada para driver ojek online untuk mengurungkan niatnya melakukan aksi demo saat pembukaan Asian Games 2018. Karena jika aksi tersebut dilakukan, maka nama Indonesia akan tercoreng di dunia Internasional.

“Pada event tersebut, seluruh atlet dari negara-negara Asia akan datang menuju Indonesia. Bahkan tak hanya atlet, para turis dan supporter juga diprediksi ikut datang menyemarakkan event empat tahunan.” jelasnya

Lebih tegas, Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Mohammad Iqbal mengatakan, bahwa Polri tidak akan mengeluarkan izin terhadap para driver yang akan melakukan demo pada saat pembukaan Asian Games 2018.

Pihaknya juga bakal menjalin komunikasi dengan pihak ojek online karena dengan dipercayanya Indonesia sebagai tuan rumah pesta olahraga terbesar di Asia itu merupakan sebuah kehormatan. Untuk itu, seluruh elemen masyarakat harus bersatu untuk menjaga nama baik Indonesia di mata dunia.

“Demo merupakan hak setiap warga negara untuk menyuarakan aspirasi, pendapat dan keluhannya. Meskipun demo dijamin oleh undang-undang, namun ada baiknya aksi demo tersebut harus dilakukan di waktu dan cara yang tepat,” kata Iqbal.

Dia mengatakan, mari kita tunjukkan bahwa kita adalah negara yang bersahaja menyambut tamu kita. Demo tidak dilarang, tetapi lebih baik dilakukan pada waktu dan tempat yang tepat untuk menjaga harkat dan martabat bangsa.

Sementara itu Kepala Keamanan rencana aksi demo tanggal 18 Agustus 2018, Ari, SH mengatakan bahwa Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) mendukung pelaksanaan dan perayaan Asian Games 2018.

“Garda tidak berdemo malah Garda ikut mendukung perayaan Asian Games dan menghormati NKRI” ujarnya, Minggu (29/7/2018).

Menurut Ari, aksi 188 nanti pihaknya hanya meminta kepada aplikator untuk mengembalikan tarif sebesar Rp3 ribu/Km, selain itu mereka juga menuntut aplikator memperhatikan nasib ojol jika terkena musibah.

“Aksi 188 ini hanya ingin menagih janji pemerintah saat aksi 273 yang diterima presiden dan aksi 234 di DPR RI dimana semua tuntutan dan permintaan Garda untuk aplikator dimentahkan” pungkas Ari yang juga yang juga Ketua Umum TEKAB. [isp]

Continue Reading

EduOto

Eduoto7 hari lalu

Rivaldi Pengemudi Truck Volvo Terbaik Indonesia Asal Kalimantan Selatan

JAKARTA – Setelah menempuh perjuangan berat di babak seleksi nasional dan final nasional Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018 di...

Eduoto3 minggu lalu

Ini Pemenang Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018

JAKARTA – 8 pengemudi truk terbaik dari Indonesia berkumpul di Sirkuit Internasional Sentul untuk bersaing di ajang Volvo Trucks Indonesia...

Eduoto4 minggu lalu

Volvo tantang Pengemudi Truk Terbaik Indonesia, Tiket ke Swedia Menanti

JAKARTA – Volvo Truck Indonesia dan PT Wahana Inti Selaras menyelenggarakan Kompetisi langsung dengan mengemudikan Volvo FH, Volvo FM dan...

Eduoto3 bulan lalu

PMJ ingatkan Cara Aman Mudik Bagi Pengendara Sepeda Motor

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombespol Argo Yuwono mengingatkan cara aman mudik yang menggunakan sepeda...

Eduoto6 bulan lalu

Benarkah Calon Pembeli Tesla Berpaling Ke Chevrolet Bolt, Ini Penjelasannya

EDUPUBLIK.COM, SAN FRANCISCO – Mobil listrik dari General Motors, Chevrolet Bolt, mendapatkan angin segar menyusul terus tertundanya produksi Tesla Model...

Eduoto6 bulan lalu

SUV termewah Mazda Mengaspal di Bandung, Ini Targetnya

EDUPUBLIK.COM, BANDUNG – Distributor resmi Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), mulai memasarkan SUV termewah dalam jajaran produk...

Eduoto7 bulan lalu

Sukses Memperkuat Penjualan, IGNIS Tampil Istimewa

EDUPUBLIK.COM, Bandung – Peluncurannya pada April 2017 lalu mencuri perhatian pencinta otomotif di Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki...

Eduoto1 tahun lalu

MCI Siap Promosikan Pariwisata dan Budaya Indonesia melalui Touring

Edupublik.com, Jakarta – Ketua Moge Club Indonesia (MCI) Brader Indra menyatakan di Tahun 2017 ini MCI akan mengadakan Tour Pariwisata...

Eduoto2 tahun lalu

Ini Kata Jokowi Terkait Tingginya Biaya Administrasi STNK

Edupublik.com, Pekalongan – Presiden Jokowi menepis sejumlah anggapan yang beredar bahwa terjadi kesimpangsiuran informasi yang masuk kepadanya terkait dengan penyesuaian...

Eduoto2 tahun lalu

Ini Alasan Pemerintah Menaikan Biaya Administrasi STNK

Edupublik.com, Jakarta – Pemerintah menaikan biaya administrasi pengurus STNK, SIM, dan BPKB. Beberapa poin peningkatan layanan menjadi keuntungan yang didapat...

Advertisement banner 300x250

Terpopuler