Connect with us

Peristiwa

Nenek Jumanti 28 Tahun Hilang Di Arab Saudi Kini Pulang Ke Tanah Air

photo credit: Nenek Jumanti Binti Bejo Nurhadi alias Qibliyah (72) TKI Arab Saudi asal Bondowoso, Jawa Timur

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Nenek Jumanti Binti Bejo Nurhadi alias Qibliyah (72) TKI Arab Saudi asal Bondowoso, Jawa Timur tiba di Indonesia sore, (14/5). Jumanti merupakan TKI yang terpisah dari keluarga selama 28 tahun.

“Ya, selama 28 tahun bekerja di Arab, Jumanti tidak pernah berkomunikasi dengan keluarganya. Bahkan, sejauh ini pun saudaranya mengira, Jumanti sudah meninggal, namun tidak,” ujar Kabag Humas BNP2TKI Servulus Bobo Ruti, di Bandara International Soekarno Hatta, Cengkareng, Jakarta, Senin (14/5/2018).

Dia mengatakan, Nenek Jumanti mulai bekerja di Riyadh saat berumur 44 tahun. Selama 28 tahun bekerja di Arab, Ia (Jumanti) diketahui menjadi Pekerja Rumah Tangga (PRT).

Pemulangan Jumanti, lanjutnya didampingi oleh pejabat perwakilan RI di Arab Saudi.

“Dalam pemulangan kedubes yang mengantar. bukan karena dubesnya saja tetapi kehadiran negara yang nyata yang publik harus tau,” katanya.

“Kemudian Nenek Jumanti, langsung diantar hingga ke daerah asalnya di Bondowoso, Jawa Timur,” tambahnya.

Dia mengatakan, KBRI Riyadh telah memfasilitasi upaya penerbitan exit permit oleh Imigrasi Kerajaan Arab Saudi (KAS) untuk pemulangannya ke Indonesia.

Lalu, lanjutnya, KBRI juga telah memfasilitasi mediasi pembayaran hak-hak gaji Nenek Jumanti dari majikan terakhir sebesar SR 76.000 dan tambahan SR 1.500.

“Jumanti dipulangkan dengan penerbangan EK 818 dan EK 356,” pungkasnya. [dwi]

Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EduOto