Connect with us

Eduoto

PMJ ingatkan Cara Aman Mudik Bagi Pengendara Sepeda Motor

photo credit: @metro_tv/via twitter/pemudik pengendara sepeda motor

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombespol Argo Yuwono mengingatkan cara aman mudik yang menggunakan sepeda motor agar tidak menambah “aksesoris” seperti kayu panjang pada bagian belakang.

“Jangan menambah aksesoris artinya ada tambahan kayu panjang dikasih barang bawaan itu sangat berbahaya untuk keselamatan lalu lintas,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono, di Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Pemudik, lanjutnya, dimbau agar memeriksa dan melengkapi kendaraan roda empat dan roda dua, serta pengemudi menjaga kondisi fisik atau memanfaatkan tempat istirahat di sepanjang jalan tol.

“Jangan memaksakan untuk berangkat terus tapi berhenti ada beberapa rest area sudah bisa digunakan,” tutur Argo.

Argo mengatakan, terdapat beberapa rest area di sepanjang jalan tol yang masuk wilayah hukum Polda Metro Jaya akan ditempatkan sejumlah anggota kepolisian tidak berseragam resmi.

Argo menjelaskan keberadaan anggota tidak berseragam itu guna memeriksa dan mengatur keluar-masuk kendaraan milik pemudik di rest area.

“Jadi tidak semua pemudik tidur di rest area tapi diatur untuk menjaga barang bawaan,” ungkap Argo.

Argo juga mengingatkan pemudik yang meninggalkan rumah memeriksa saluran dan kabel listrik guna menghindari musibah kebakaran.

Terkait persiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2018, Argo mengatakan Polda Metro Jaya mengerahkan 5.200 personel.

Menurut Argo, aparat kepolisian dan petugas Jasa Marga telah menyiapkan rencana untuk mengatasi kemacetan di Jalan Tol Bekasi-Cikarang.

“Kalau tol macet itu sudah kita rencanakan semuanya itu sudah kita lakukan seperti tahun yang lalu,” ungkap Argo. [ant]

Baca selanjutnya
Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eduoto

Rivaldi Pengemudi Truck Volvo Terbaik Indonesia Asal Kalimantan Selatan

Published

on

photo credit: rivaldi pria asal kalsel, dinobatkan sebagai pengemudi truk volvo terbaik indonesia/dok. Mwc

JAKARTA – Setelah menempuh perjuangan berat di babak seleksi nasional dan final nasional Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018 di Sirkuit Internasional Sentul.

Akhirnya Rivaldi Pria Asal Provinsi Kalimantan Selatan (Kasel), berhasil membawa pulang gelar Pengemudi Truk Volvo terbaik di Indonesia tahun 2018 dan akan mewakili Indonesia di World Final di Gothenburg, Swedia, pada bulan September yang akan datang.

Ditemui saat pengumuman pemenang di Sentul, Rivaldi mengungkapkan keterkejutannya saat diumumkan sebagai pemenang di kompetisi ini.

“Memang pada dasarnya saya selalu sadar untuk tidak sembarangan saat menjalankan pekerjaan saya sebagai pengemudi truk, termasuk saat menggunakan bahan bakar. Saya senang ternyata kebiasaan ini banyak manfaatnya. Pastinya, saya akan terus melakukan latihan intensif untuk bisa memberikan penampilan terbaik bagi Indonesia di Final Kejuaraan Dunia Volvo Trucks Driver Challenge, September nanti,” kata Rivaldi, di Jakarta, Selasa (14/8/2018).

8 pengemudi truk terbaik dari Indonesia telah berkumpul di Sirkuit Internasional Sentul pada 26 Juli lalu untuk bersaing di ajang Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018 yang diselenggarakan oleh Volvo Truck Indonesia dan PT Wahana Inti Selaras. Kompetisi tahun ini menggantikan kompetisi Fuelwatch yang populer di tahun-tahun sebelumnya dan memperkenalkan perubahan baru di mana para peserta harus menyelesaikan misi transportasi.

Sebagai rekanan Volvo Indonesia, Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras (Indomobil Group) mengakui bahwa kompetisi tahun ini berusaha melakukan simulasi terhadap tantangan kerja sehari-hari para pengemudi.

”Oleh karena itu, kami menambahkan beberapa elemen baru untuk menyegarkan kompetisi ini. Kedelapan pengemudi ini harus menyetir Volvo FM370 (on road) dan Volvo FMX400 (off road) menempuh perjalanan sejauh 7 kilometer dengan misi untuk mencapai 5 pos pemeriksaan dalam waktu 45 menit. Semua ini harus dilakukan dengan menggunakan bahan bakar sesedikit mungkin. Untuk memenangkan kompetisi ini, para pengemudi harus menyetir dalam kondisi sangat terencana, memahami segala kondisi yang bisa/mungkin mereka temui dengan cara paling hemat bahan bakar,” jelas Bambang Prijono.

Kompetisi tahun ini terbukti menjadi kompetisi Volvo Trucks Indonesia yang paling luas dan paling menantang. Volvo Trucks Driver Challenge ini menggantikan konsep Volvo Trucks Fuelwatch Competition yang diadakan di tahun-tahun sebelumnya dan hadir dengan semangat baru untuk mengangkat peran para pengemudi truk dan menyoroti pentingnya mengemudi yang efisien dengan tema “The Driver Makes The Difference”.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kompetisi menguji keterampilan pengemudi di bidang efisiensi bahan bakar, keamanan, dan kemampuan manuver. Ketiga aspek tersebut menjadi penting untuk mempromosikan kebanggaan profesional dan keuntungan bagi para perusahaan yang menggunakan Volvo Truck sebagai armadanya.

”Mengemudi kendaraan berat memang membutuhkan keterampilan khusus, tetapi mengemudi dengan efisien adalah sebuah bentuk seni. Volvo Trucks Driver Challenge menjadikan para pengemudi ini sebagai fokus khusus dan menguatkan kembali pentingnya pengemudi yang terampil dan kompeten. Ini penting bagi pemilik truk-truk kami, karena teknik mengemudi yang efisien akan berdampak langsung pada keuntungan mereka,” ungkap Jurn Terpstra, Managing Directro Volvo Trucks Indonesia.

Jurn menambahkan, ”Dengan menyelenggarakan Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge, kami berkesempatan menunjukan deretan truk berkinerja tinggi milik Volvo bagi para pelanggan kami, serta menunjukan bagaimana pengemudi dengan keahlian tinggi seperti mereka bisa memberikan dampak positif dalam hal keselamatan, penghematan bahan bakar dan produktivitas tru. Melalui Driver Challenge ini,  kami ingin mendemonstrasikan bagaimana truk-truk Volvo akan mengantar para pelanggan kami, para pengemudi dan dunia industri di Indonesia pada kemajuan.”

80 orang pengemudi telah berpartisipasi di babak kualifikasi nasional dengan menyisakan 8 finalis yang hari ini berkumpul di Sentul untuk melanjutkan perjuangannya.

Poin-poin kemenangkan akan diberikan berdasarkan penghematan bahan bakar, kemampuan bermanuver dan kemampuan menjaga keamanan truk.

Pemenang akan dipilih dari pengemudi yang mendapatkan skor kombinasi tertinggi dari kategori on-road dan off-road. [mwc]

Continue Reading

Eduoto

Ini Pemenang Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018

Published

on

Rivaldi dari Propinsi Kalimantan Selatan berhasil membawa pulang gelar Pengemudi Truk Volvo terbaik di Indonesia tahun 2018/dok

JAKARTA – 8 pengemudi truk terbaik dari Indonesia berkumpul di Sirkuit Internasional Sentul untuk bersaing di ajang Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018 yang diselenggarakan oleh Volvo Truck Indonesia dan PT Wahana Inti Selaras.

Kompetisi tahun ini menggantikan kompetisi Fuelwatch yang populer dan memperkenalkan perubahan baru di mana para peserta harus menyelesaikan misi transportasi.

Ditemui di Sirkuit Internasional Sentul (26/07), Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras (Indomobil Group) mengakui bahwa kompetisi tahun ini berusaha melakukan simulasi terhadap tantangan kerja sehari-hari para pengemudi.

”Oleh karena itu, kami menambahkan beberapa elemen baru untuk menyegarkan kompetisi ini. Kedelapan pengemudi ini harus menyetir Volvo FM370 (on road) dan Volvo FMX400 (off road) menempuh perjalanan sejauh 7 kilometer dengan misi untuk mencapai 5 pos pemeriksaan dalam waktu 45 menit.

Semua ini harus dilakukan dengan menggunakan bahan bakar sesedikit mungkin. Untuk memenangkan kompetisi ini, para pengemudi harus menyetir dalam kondisi sangat terencana, memahami segala kondisi yang bisa/mungkin mereka temui dengan cara paling hemat bahan bakar,” jelas Bambang Prijono.

Tema kompetisi tahun ini adalah ”The Driver Makes the Difference”dan terbukti menjadi kompetisi paling besar dan paling menantang yang pernah ada.

Kompetisi ini bertujuan mengangkat peran pengemudi truk untuk mempromosikan kebanggaan profesional dan menekankan pentingnya mengemudi secara efisien bagi penghematan anggaran pemilik truk.

”Mengemudi kendaraan berat memang membutuhkan keterampilan khusus, tetapi mengemudi dengan efisien adalah sebuah bentuk seni.

Volvo Trucks Driver Challenge menjadikan para pengemudi ini sebagai fokus khusus dan menguatkan kembali pentingnya pengemudi yang terampil dan kompeten.

Ini penting bagi pemilik truk-truk kami, karena teknik mengemudi yang efisien akan berdampak langsung pada keuntungan mereka, ungkap Jurn Terpstra, Managing Director Volvo Trucks Indonesia.

Jurn menambahkan, ”Dengan menyelenggarakan Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge, kami berkesempatan menunjukan deretan truk berkinerja tinggi milik Volvo bagi para pelanggan kami, serta menunjukan bagaimana pengemudi dengan keahlian tinggi seperti mereka bisa memberikan dampak positif dalam hal keselamatan, penghematan bahan bakar dan produktivitas truk.

Melalui Driver Challenge ini, kami ingin mendemonstrasikan bagaimana truk-truk Volvo akan mengantar para pelanggan kami, para pengemudi dan dunia industri di Indonesia pada kemajuan.”

80 orang pengemudi telah berpartisipasi di babak kualifikasi nasional dengan menyisakan 8 finalis yang hari ini berkumpul di Sentul untuk melanjutkan perjuangannya.

Poin-poin kemenangkan akan diberikan berdasarkan penghematan bahan bakar, kemampuan bermanuver dan kemampuan menjaga keamanan truk.

Pemenang akan dipilih dari pengemudi yang mendapatkan skor kombinasi tertinggi dari kategori on-road dan off-road.

Setelah menempuh perjuangan berat hari ini, akhirnya Rivaldi dari Propinsi Kalimantan Selatan berhasil membawa pulang gelar Pengemudi Truk Volvo terbaik di Indonesia tahun 2018 dan akan mewakili Indonesia di World Final di Gothenburg, Swedia di Bulan September yang akan datang.

”Saya tidak percaya bisa memenangkan kompetisi ini. Memang pada dasarnya saya selalu sadar untuk tidak sembarangan saat menggunakan bahan bakar dan saya senang ternyata kebiasaan ini banyak manfaatnya.

Saya akan terus berlatih agar bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia di Final Kejuaraan Dunia nanti,” ungkap Rivaldi. [mc]

Continue Reading

Eduoto

Volvo tantang Pengemudi Truk Terbaik Indonesia, Tiket ke Swedia Menanti

Published

on

photo credit: Bambang Prijono - CEO PT Wahana Inti Selaras, Pak Dodo Suhanda - Peserta Driver Challenge 2018 dari PT Pancaran Darat Transport, Pak Jurn Terpstra - Managing Director PT Volvo Indonesia, Pak Isdanarto - Training Dept PT Indotruck Utama, Pak Steven Aguw - Training Dept PT Eka Dharma Jaya Sakti/dok. istimewa

JAKARTA – Volvo Truck Indonesia dan PT Wahana Inti Selaras menyelenggarakan Kompetisi langsung dengan mengemudikan Volvo FH, Volvo FM dan Volvo FMX di jalur on road dan off road sepanjang 7 km dengan menggunakan bahan bakar seminim mungkin.

“Bersiaplah menyaksikan 8 pengemudi truk terbaik dari Indonesia berkumpul di Sentul untuk berkompetisi di Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018, pada hari kamis, 26 Juli 2018 mendatang,” ujar Jurn Terpstra, Managing Director Volvo Trucks Indonesia, di Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Kompetisi tahun ini, lanjutnya, memasukkan putaran baru, dimana peserta harus menyelesaikan misi transportasi lebih dari 5 pos pemeriksaan, semuanya harus ditempuh dalam waktu 45 menit saja.

Dia mengakui bahwa mengemudi kendaraan berat memang membutuhkan keterampilan khusus, tetapi mengemudi dengan efisien adalah sebuah bentuk seni.

“Volvo Trucks Driver Challenge menjadikan para pengemudi ini sebagai fokus khusus dan menguatkan kembali pentingnya pengemudi yang terampil dan kompeten,” katanya.

Dia mengingatkan, ini penting bagi pengguna truk-truk kami, karena teknik mengemudi yang efisien akan berdampak langsung pada keuntungan mereka.

Dia mengungkapkan, kompetisi tahun ini terbukti menjadi kompetisi Volvo Trucks Indonesia yang paling luas dan paling menantang.

‘Challenge’ ini, lanjutnya, menggantikan konsep Volvo Trucks Fuelwatch Competition yang diadakan di tahun-tahun sebelumnya dan hadir dengan semangat baru untuk mengangkat peran para pengemudi truk dan menyoroti pentingnya mengemudi yang efisien dengan tema “The Driver Makes The Difference”.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, kompetisi akan menguji keterampilan pengemudi di bidang efisiensi bahan bakar, keamanan, dan kemampuan manuver,” kata Terpstra.

Dia mengatakan, ketiga aspek tersebut menjadi penting untuk mempromosikan kebanggaan profesional dan keuntungan bagi para perusahaan yang menggunakan Volvo Truck sebagai armadanya.

Jurn Terpstra menambahkan, melalui ‘challenge’ ini, volvo mencoba menampilkan bagaimana Volvo Trucks mendorong kemajuan bagi pelanggan maupun para pengguna truk, pengemudi dan industri Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras (INDOMOBIL Group), distributor tunggal Volvo Trucks di Indonesia, menjelaskan bahwa sekitar 80 pengemudi dari seluruh Indonesia telah berpartisipasi dalam kualifikasi nasional.

“Hanya 8 finalis teratas yang akan bersaing untuk memenangkan tiket untuk mewakili Indonesia di Final Dunia di negeri asal Volvo Trucks di Gothenburg, Swedia di bulan September yang akan datang,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, pemenang dari kompetisi tersebut, akan menjadi pengemudi dengan skor gabungan tertinggi dari kedua stasiun pengemudian on-road dan off-road.

Poin itu, lanjutnya, akan diberikan berdasarkan kriteria efisiensi bahan bakar, kemampuan manuver dan keamanan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

“Kami percaya keterampilan ini lebih praktis dan relevan dengan pekerjaan sehari-hari pengemudi,” ungkapnya.

Dia mengatakan, untuk dapat memenangkan kompetisi ini, pengemudi harus mengemudi dengan cara yang sangat terencana, dan hemat bahan bakar. Dengan demikian, pemenangnya adalah yang terbaik dari yang terbaik.

“Kami benar-benar ingin merayakan peran pengemudi dengan mengapresiasi mereka yang telah menjadikan keterampilan mengemudi yang efektif menjadi efisien, Kami percaya truk dan layanan kami memungkinkan pengemudi kami memanfaatkan keahlian mereka sebaik-baiknya dan menjadi yang terdepan,” tandasnya. [mc]

Continue Reading

Eduoto

Benarkah Calon Pembeli Tesla Berpaling Ke Chevrolet Bolt, Ini Penjelasannya

Published

on

photo credit: tesla model 3/source: @teslaliving - via: twitter

EDUPUBLIK.COM, SAN FRANCISCO – Mobil listrik dari General Motors, Chevrolet Bolt, mendapatkan angin segar menyusul terus tertundanya produksi Tesla Model 3 yang menimbulkan kecemasan di kalangan calon pembeli sedan listrik tersebut.

Pada pekan lalu, Tesla mengatakan kepada beberapa pemesan Model 3 bahwa kendaraan listrik itu tidak akan dikirimkan sampai 2019. Hal itu menimbulkan keluhan dari calon pembeli yang khawatir akan kehilangan potongan pajak.

Dealer GM di California, pasar terbesar kendaraan listrik di AS, mengatakan ada permintaan yang meningkat untuk Chevrolet Bolt menyusul sikap pembeli Tesla yang takut kehilangan potongan pajak kendaraan listrik sebesar 7.500 dolar AS jika terus menunggu Tesla sampai 2019.

Masalah produksi Tesla ini telah membuka jalan kepada kompetitor untuk merebut calon pembeli. Tesla menyatakan pengembalian dana pemesanan senilai 1.000 dolar AS cukup stabil pada akhir tahun lalu, namun meningkat pada beberapa pekan belakangan karena sudah kehilangan kesabaran.

Seperti dikutip reuters, Yev Kaplinskiy dari diler Chevrolet San Francisco mengatakan telah menjual 15 unit Bolt setelah Tesla mengumumkan penundaan kembali.

“Kami mendapatkan orang yang menginginkan Model 3 mereka,” kata Kaplinskiy.

“Kami bertanya kepada mereka, ‘Mobil apa yang Anda minati?’ Mereka kebanyakan menjawab Tesla. Tapi mereka menginginkan mobil itu sekarang. Mereka tidak mau menunggu. Beberapa pembeli telah berpaling ke Chevy karena penundaan Tesla,” katanya.

Chevrolet pun mengirimkan email kepada sejumlah pembeli potensial pada pekan ini dengan tulisan “Bolt EV: Now available.”

Bolt dan Model 3 merupakan kendaraan listrik yang dijual 35.000 dolar AS dan dapat menempuh perjalanan lebih dari 322 km dalam sekali pengisian daya listrik. [ant]

Continue Reading

Eduoto

SUV termewah Mazda Mengaspal di Bandung, Ini Targetnya

Published

on

mazda cx9 - foto source: @mazdafwd via: twitter

EDUPUBLIK.COM, BANDUNG – Distributor resmi Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), mulai memasarkan SUV termewah dalam jajaran produk Mazda, All-new CX-9, di wilayah Jawa Barat, setelah peluncuran perdana di Jakarta awal Februari 2018.

Pihak EMI mematok target penjualan All-New Mazda CX-9 secara nasional sebanyak 500-600 unit dan diharapkan mampu menyumbang 5-7 persen untuk penjualan di Jawa Barat.

“Di pasar otomotif yang kompetitif, tidak cukup hanya fokus pada fungsionalitas dan spesifikasi yang disempurnakan,” ujar President Direktur PT EMI Roy Arman Arfandy dalam keterangannya, (14/2/2018).

Mazda, lanjutnya, berusaha melibatkan indera dan meningkatkan pengalaman pengguna di setiap bagian kendaraan SUV crossover yang diilhami dengan daya tarik premium dan perbedaan dengan kompetitor di segmen SUV.

“Di Indonesia, visi kami untuk 2018 adalah untuk meningkatkan pangsa pasar Mazda, dan meningkatkan tolok ukur standar layanan pelanggan dan standar kepuasan penjualan,” katanya.

All-new CX-9, katanya, merupakan crossover SUV tiga-baris yang telah didesain ulang sesuai dengan bahasa desain Kodo-Soul of Motion dan menggabungkan teknologi SKYACTIV terbaru.

Dia menuturkan, All-new CX-9 menunjukkan keseimbangan tinggi antara desain menawan dengan kepraktisan harian untuk pengemudi modern. Mobil ini memiliki bobot yang ringan, teknologi efisien dan performa terbaik.

SUV terbaru dari Mazda ini, kata roy, memberikan tawaran menarik bagi konsumen  yang mencari SUV premium 7-seater dengan mesin bensin baru SKYACTIV 2.5 Liter Turbo yang dilengkapi dengan “Dynamic Pressure Turbo” untuk menghilangkan gejala “Lag” yang biasa terjadi pada mesin turbo.

“Mesin baru ini dipadu dengan transmisi SKYACTIV-DRIVE, 6 percepatan yang halus namun responsif. Ditambah dengan fitur kendali G-Vectoring Control (GVC) yang akan memberikan pengalaman berkendara tanpa kendala dan lebih nyaman,” katanya.

Dia menjelaskan, All-New CX-9 tersedia dalam warna Machine Grey Metallic, Soul Red Crystal Metallic, Snowflake White Pearl Mica, dan Jet Black Mica dan ditawarkan dengan harga Rp. 803.300.000,- (OTR Jawa Barat).

“Ada penambahan harga Rp 4 juta untuk warna khusus Soul Red dan Machine Grey,” jelas Roy. [ant]

Continue Reading

EduOto

Eduoto7 hari lalu

Rivaldi Pengemudi Truck Volvo Terbaik Indonesia Asal Kalimantan Selatan

JAKARTA – Setelah menempuh perjuangan berat di babak seleksi nasional dan final nasional Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018 di...

Eduoto3 minggu lalu

Ini Pemenang Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018

JAKARTA – 8 pengemudi truk terbaik dari Indonesia berkumpul di Sirkuit Internasional Sentul untuk bersaing di ajang Volvo Trucks Indonesia...

Eduoto4 minggu lalu

Volvo tantang Pengemudi Truk Terbaik Indonesia, Tiket ke Swedia Menanti

JAKARTA – Volvo Truck Indonesia dan PT Wahana Inti Selaras menyelenggarakan Kompetisi langsung dengan mengemudikan Volvo FH, Volvo FM dan...

Eduoto3 bulan lalu

PMJ ingatkan Cara Aman Mudik Bagi Pengendara Sepeda Motor

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombespol Argo Yuwono mengingatkan cara aman mudik yang menggunakan sepeda...

Eduoto6 bulan lalu

Benarkah Calon Pembeli Tesla Berpaling Ke Chevrolet Bolt, Ini Penjelasannya

EDUPUBLIK.COM, SAN FRANCISCO – Mobil listrik dari General Motors, Chevrolet Bolt, mendapatkan angin segar menyusul terus tertundanya produksi Tesla Model...

Eduoto6 bulan lalu

SUV termewah Mazda Mengaspal di Bandung, Ini Targetnya

EDUPUBLIK.COM, BANDUNG – Distributor resmi Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), mulai memasarkan SUV termewah dalam jajaran produk...

Eduoto7 bulan lalu

Sukses Memperkuat Penjualan, IGNIS Tampil Istimewa

EDUPUBLIK.COM, Bandung – Peluncurannya pada April 2017 lalu mencuri perhatian pencinta otomotif di Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki...

Eduoto1 tahun lalu

MCI Siap Promosikan Pariwisata dan Budaya Indonesia melalui Touring

Edupublik.com, Jakarta – Ketua Moge Club Indonesia (MCI) Brader Indra menyatakan di Tahun 2017 ini MCI akan mengadakan Tour Pariwisata...

Eduoto2 tahun lalu

Ini Kata Jokowi Terkait Tingginya Biaya Administrasi STNK

Edupublik.com, Pekalongan – Presiden Jokowi menepis sejumlah anggapan yang beredar bahwa terjadi kesimpangsiuran informasi yang masuk kepadanya terkait dengan penyesuaian...

Eduoto2 tahun lalu

Ini Alasan Pemerintah Menaikan Biaya Administrasi STNK

Edupublik.com, Jakarta – Pemerintah menaikan biaya administrasi pengurus STNK, SIM, dan BPKB. Beberapa poin peningkatan layanan menjadi keuntungan yang didapat...

Advertisement banner 300x250

Terpopuler