Connect with us

Eduoto

PMJ ingatkan Cara Aman Mudik Bagi Pengendara Sepeda Motor

photo credit: @metro_tv/via twitter/pemudik pengendara sepeda motor

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombespol Argo Yuwono mengingatkan cara aman mudik yang menggunakan sepeda motor agar tidak menambah “aksesoris” seperti kayu panjang pada bagian belakang.

“Jangan menambah aksesoris artinya ada tambahan kayu panjang dikasih barang bawaan itu sangat berbahaya untuk keselamatan lalu lintas,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono, di Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Pemudik, lanjutnya, dimbau agar memeriksa dan melengkapi kendaraan roda empat dan roda dua, serta pengemudi menjaga kondisi fisik atau memanfaatkan tempat istirahat di sepanjang jalan tol.

“Jangan memaksakan untuk berangkat terus tapi berhenti ada beberapa rest area sudah bisa digunakan,” tutur Argo.

Argo mengatakan, terdapat beberapa rest area di sepanjang jalan tol yang masuk wilayah hukum Polda Metro Jaya akan ditempatkan sejumlah anggota kepolisian tidak berseragam resmi.

Argo menjelaskan keberadaan anggota tidak berseragam itu guna memeriksa dan mengatur keluar-masuk kendaraan milik pemudik di rest area.

“Jadi tidak semua pemudik tidur di rest area tapi diatur untuk menjaga barang bawaan,” ungkap Argo.

Argo juga mengingatkan pemudik yang meninggalkan rumah memeriksa saluran dan kabel listrik guna menghindari musibah kebakaran.

Terkait persiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2018, Argo mengatakan Polda Metro Jaya mengerahkan 5.200 personel.

Menurut Argo, aparat kepolisian dan petugas Jasa Marga telah menyiapkan rencana untuk mengatasi kemacetan di Jalan Tol Bekasi-Cikarang.

“Kalau tol macet itu sudah kita rencanakan semuanya itu sudah kita lakukan seperti tahun yang lalu,” ungkap Argo. [ant]

Baca selanjutnya
Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eduoto

Benarkah Calon Pembeli Tesla Berpaling Ke Chevrolet Bolt, Ini Penjelasannya

Published

on

photo credit: tesla model 3/source: @teslaliving - via: twitter

EDUPUBLIK.COM, SAN FRANCISCO – Mobil listrik dari General Motors, Chevrolet Bolt, mendapatkan angin segar menyusul terus tertundanya produksi Tesla Model 3 yang menimbulkan kecemasan di kalangan calon pembeli sedan listrik tersebut.

Pada pekan lalu, Tesla mengatakan kepada beberapa pemesan Model 3 bahwa kendaraan listrik itu tidak akan dikirimkan sampai 2019. Hal itu menimbulkan keluhan dari calon pembeli yang khawatir akan kehilangan potongan pajak.

Dealer GM di California, pasar terbesar kendaraan listrik di AS, mengatakan ada permintaan yang meningkat untuk Chevrolet Bolt menyusul sikap pembeli Tesla yang takut kehilangan potongan pajak kendaraan listrik sebesar 7.500 dolar AS jika terus menunggu Tesla sampai 2019.

Masalah produksi Tesla ini telah membuka jalan kepada kompetitor untuk merebut calon pembeli. Tesla menyatakan pengembalian dana pemesanan senilai 1.000 dolar AS cukup stabil pada akhir tahun lalu, namun meningkat pada beberapa pekan belakangan karena sudah kehilangan kesabaran.

Seperti dikutip reuters, Yev Kaplinskiy dari diler Chevrolet San Francisco mengatakan telah menjual 15 unit Bolt setelah Tesla mengumumkan penundaan kembali.

“Kami mendapatkan orang yang menginginkan Model 3 mereka,” kata Kaplinskiy.

“Kami bertanya kepada mereka, ‘Mobil apa yang Anda minati?’ Mereka kebanyakan menjawab Tesla. Tapi mereka menginginkan mobil itu sekarang. Mereka tidak mau menunggu. Beberapa pembeli telah berpaling ke Chevy karena penundaan Tesla,” katanya.

Chevrolet pun mengirimkan email kepada sejumlah pembeli potensial pada pekan ini dengan tulisan “Bolt EV: Now available.”

Bolt dan Model 3 merupakan kendaraan listrik yang dijual 35.000 dolar AS dan dapat menempuh perjalanan lebih dari 322 km dalam sekali pengisian daya listrik. [ant]

Continue Reading

Eduoto

SUV termewah Mazda Mengaspal di Bandung, Ini Targetnya

Published

on

mazda cx9 - foto source: @mazdafwd via: twitter

EDUPUBLIK.COM, BANDUNG – Distributor resmi Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), mulai memasarkan SUV termewah dalam jajaran produk Mazda, All-new CX-9, di wilayah Jawa Barat, setelah peluncuran perdana di Jakarta awal Februari 2018.

Pihak EMI mematok target penjualan All-New Mazda CX-9 secara nasional sebanyak 500-600 unit dan diharapkan mampu menyumbang 5-7 persen untuk penjualan di Jawa Barat.

“Di pasar otomotif yang kompetitif, tidak cukup hanya fokus pada fungsionalitas dan spesifikasi yang disempurnakan,” ujar President Direktur PT EMI Roy Arman Arfandy dalam keterangannya, (14/2/2018).

Mazda, lanjutnya, berusaha melibatkan indera dan meningkatkan pengalaman pengguna di setiap bagian kendaraan SUV crossover yang diilhami dengan daya tarik premium dan perbedaan dengan kompetitor di segmen SUV.

“Di Indonesia, visi kami untuk 2018 adalah untuk meningkatkan pangsa pasar Mazda, dan meningkatkan tolok ukur standar layanan pelanggan dan standar kepuasan penjualan,” katanya.

All-new CX-9, katanya, merupakan crossover SUV tiga-baris yang telah didesain ulang sesuai dengan bahasa desain Kodo-Soul of Motion dan menggabungkan teknologi SKYACTIV terbaru.

Dia menuturkan, All-new CX-9 menunjukkan keseimbangan tinggi antara desain menawan dengan kepraktisan harian untuk pengemudi modern. Mobil ini memiliki bobot yang ringan, teknologi efisien dan performa terbaik.

SUV terbaru dari Mazda ini, kata roy, memberikan tawaran menarik bagi konsumen  yang mencari SUV premium 7-seater dengan mesin bensin baru SKYACTIV 2.5 Liter Turbo yang dilengkapi dengan “Dynamic Pressure Turbo” untuk menghilangkan gejala “Lag” yang biasa terjadi pada mesin turbo.

“Mesin baru ini dipadu dengan transmisi SKYACTIV-DRIVE, 6 percepatan yang halus namun responsif. Ditambah dengan fitur kendali G-Vectoring Control (GVC) yang akan memberikan pengalaman berkendara tanpa kendala dan lebih nyaman,” katanya.

Dia menjelaskan, All-New CX-9 tersedia dalam warna Machine Grey Metallic, Soul Red Crystal Metallic, Snowflake White Pearl Mica, dan Jet Black Mica dan ditawarkan dengan harga Rp. 803.300.000,- (OTR Jawa Barat).

“Ada penambahan harga Rp 4 juta untuk warna khusus Soul Red dan Machine Grey,” jelas Roy. [ant]

Continue Reading

Eduoto

Sukses Memperkuat Penjualan, IGNIS Tampil Istimewa

Published

on

EDUPUBLIK.COM, Bandung – Peluncurannya pada April 2017 lalu mencuri perhatian pencinta otomotif di Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki lgnis, dari sisi penjualan, Suzuki lgnis sukses memperkuat penjualan Suzuki selama tahun 2017. Total lebih dari 14.000 unit (wholesale) telah terjual hingga Desember 2017.

Dalam sesi press conference tentang “launching news Ignis Suzuki Sport – Ignite The Sporty Side” yang dilaksanakn di Restauran Thai Palace, Festival Citylink Bandung Jalan Peta no. 241 Bandung, minggu (27/01/2018).

Setiawan Surya Deputy Managing Director 4W PT.SIS mengatakan
Melihat kondisi pasar yang positif menjadi alasan PT Suzuki lndomobil Sales (SIS) untuk menghadirkan lagi varian baru dari Suzuki lgnis yaitu, lgnis Sport Edition. lgnis Sport Edition hadir dengan 6 (enam) ubahan eksklusif yang menjadikan tampilan Iebih sporty, stylish sekaligus semakin memperkuat image Suzuki lgnis sebagai kendaraan masyarakat urban.

Juga Hadir pada acara tersebut Yulius purwanto head of product & Accessories, Miekewati Tanudiwidjaja Director PT.NJS, Andi widjaya General manager PT.NJS, Vicky Yusika Sales & Marketing Manager PT.NJS dan para Jurnalis yang biasa bertugas di kota Bandung, baik Cetak, Televisi, Online, blogger, dan vloger

”Dengan melihat animo yang besar mengenai Suzuki Ignis, pada hari ini kami memperkenalkan varian baru yaitu lgnis Sport Edition. Pembaruan pada Ignis Sport Edition tidak hanya dilakukan untuk memberikan tampilan lebih segar, tetapi juga mengakomodir kebutuhan masyarakat urban akan
kendaraan yang aman dan nyaman dengan berbagai fitur istimewa untuk mendukung kegiatan sehari-hari,” ujar Setiawan Surya Deputy Managing Director 4W PT.SIS

photo credit: (ki-ka) Yulius purwanto head of product & Accessories, Setiawan Surya Deputy Managing Director 4W PT.SIS, Miekewati Tanudiwidjaja Director PT.NJS, Andi widjaya General manager PT.NJS, Vicky Yusika Sales & Marketing Manager PT.NJS / dok. BI

Dalam lgnis Sport Edition, Suzuki menambahkan enam fitur khusus untuk memaksimalkan tampilan dan pengalaman berkendara yang berbeda. Walau secara dimensi masih sama, namun untuk bagian eksterior ada perubahan signifikan seperti tambahan Front Under Spoiler yang memperkuat tampilan sporty lgnis Sport Edition. Tidak hanya bagian depan, sisi samping kanan,kiri serta belakang juga dilengkapi dengan Side Under Spoiler, Rear Under Spoiler, dan Rear Upper Spoiler. Penambahan spoiler disisi samping dan belakang semakin membuat tampilan lgnis Sport Edition lebih menarik.

Bagian grill lgnis Sport Edition dilengkapi dengan Daytime Running Light (DRL) yang membuat tampilan depan lebih dinamis dan juga meningkatkan keamanan pengendara. Selain itu, Headlamp LED bisa disetel ketinggiannya secara manual sesuai dengan jarak pandang yang dibutuhkan pengendara. Headlamp dan DRL memberikan keamanan kepada pengendara saat mengemudi dikondisi siang ataupun malam hari.

Tak hanya tampilan eksterior yang tampak lebih sporty, bagian interior ‘lgnis Sport Edition juga dilengkapi dengan Head Unit Touch Screen berukuran tujuh ‘inchi sehingga tampak lebih modern dan mewah sekaligus mengakomodir kebutuhan entertainment selama berkendara. Head unit touch screeen pada interior lgnis Sport Edition juga telah dilengkapi fitur seperti Mechaless, Radio (AM/FM), MP3, WMA, Bluetooth Audio, dan Bluetooth phone call yang bisa terintegrasi pada smartphone.

lgnis Sport Edition memiliki empat warna pilihan yaitu Uptown Red Pearl, White Arctic Pearl, Tinsel Blue Pearl, dan Midnight Black Pearl. lgnis Sport Edition hadir dengan harga Rp. 161500.000 untuk transmisi AGS dan Rp. 151.500.000 untuk transmisi manual (MT) (on the road Jabodetabek).

photo credit: Suzuki Ignis / dok. BI

Untuk Wilayah Bandung dan sekitarnya Harga OTR Transmisi AGS Rp 164.500.000,dan Harga OTR Transmisi Manual (MT) Rp 154500.000, Di perkenalkan pada April 2017 lalu, Suzuki lgnis langsung melesat menjadi jawara di kelas City Car berdasarkan data GAlKlNDO dan menjadi kendaraan yang diminati masyarakat urban di Indonesia. Suzuki lgnis dilengkapi mesin K12M berkapasitas 1.197 cc dengan konfigurasi empat silinder, DOHC, WT serta memiliki material bodi yang ringan menjadikannya sangat irit bahan bakar.

Suzuki lgnis yang berdimensi 3.700 mm memiliki mesin yang ringan bermaterial alumunium dengan menghadirkan mesin 83 ps pada 6.000 rpm dan kekuatan torsi mencapai 113 Nm pada 4.200 rpm. Mobil yang mengusung sistem penggerak roda depan ini akan memberikan ketenangan dan kenyamanan selama berkendara jauh.

Dari sisi keamanan pun, Suzuki Ignis telah dibekali sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Dengan fitur tersebut akan memberikan rasa aman pada saat pengereman darurat. Suzuki lgnis telah menggunakan platform HEARTEC dan Total Effective Control Technology (TECT) Body yang memungkinkan secara efektif menyerap dampak tumbukan dan menyebarkan energi tumbukan tersebut keseluruh rangka sehingga mengurangi kerusakan pada mobil dan penumpangnya.

lgnis Sport Edition akan diluncurkan secara serentak pada 27 Januari 2018 di 5 kota besar Indonesia yaitu Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar dan Denpasar. Untuk setiap pembelian kredit lgnis Sport Edition, terdapat penawaran spesial dari Suzuki Finace Indonesia yaitu berupa bebas 1 (satu) bulan cicilan khusus jangka waktu 4-5 tahun. Promo ini berlaku di 5 kota peluncuran lgnis Sport Edition hingga 31 Januari 2018.[rls/BI]

Continue Reading

Eduoto

MCI Siap Promosikan Pariwisata dan Budaya Indonesia melalui Touring

Published

on

Edupublik.com, Jakarta – Ketua Moge Club Indonesia (MCI) Brader Indra menyatakan di Tahun 2017 ini MCI akan mengadakan Tour Pariwisata dan Budaya kebeberapa daerah di Indonesia, mulai dari Sumatera, Jawa dan Hingga Bali.

Pada event tour Sumatera kali ini sekaligus menghadiri Riau Bike Week, kemudian terus lanjut ke Medan dan lanjut lagi Ke Jawa seperti Jogyakarta dan Surabaya, guna mengenalkan Pariwisata kebeberapa daerah dengan menggunakan kendaraan motor besar yaitu Harley Davidson.

“Melalui tour pariwisata dan budaya ini nantinya, semoga MCI dapat memberikan kontribusi yang sangat bermanfaat untuk Indonesia,” ujar Ketua Moge Club Indonesia (MCI) Brader Indra, saat acara Jakarta Bike Week, di Senayan, Jakarta, Minggu, (11/6/2017).

Lebih lanjut, Pria kelahiran Garut ini juga menyampaikan, di Bulan Ramadhan ini, MCI Bersama rekan-rekan akan mengadakan Bakti Sosial ditiap kota yg memerlukan bantuan.

“rencana tanggal 18 Juni 2017 ini kita akan mengadakan acara baksos, membantu sesama yang membutuhkan,” kata Bro Indra.

Untuk diketahui, Bro Indra bersama Club-Club motor besar se Bekasi membentuk paguyuban motor besar yg dinamakan patriot Bikers tujuannya untuk mempersatukan kesamaan visi Bikers yg ada di Bekasi Khususnya.

Bro Indra selain sebagai Ketua Moge juga aktif di Harley Davidson Kota Bekasi, dan ini membuat Bikers Kota Bekasi lebih mengenal lagi All Bikers All Brader.

“Kita menyatukan visi, supaya lebih guyub lebih akur. Sekaligus Acara Charity Ramadhan bersama Muspida daerah Kota Bekasi dan Polres Metro Kota bekasi,” ujarnya. [dade]

Continue Reading

Eduoto

Ini Kata Jokowi Terkait Tingginya Biaya Administrasi STNK

Published

on

Edupublik.com, Pekalongan – Presiden Jokowi menepis sejumlah anggapan yang beredar bahwa terjadi kesimpangsiuran informasi yang masuk kepadanya terkait dengan penyesuaian biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak).

“Tidak ada (kesimpangsiuran). Kan sudah saya teken. Hanya saja pada saat rapat paripurna saya sampaikan, hati-hati untuk hal-hal yang berhubungan dengan masyarakat. Hati-hati untuk hal-hal yang bisa memberikan pembebanan yang lebih banyak kepada masyarakat. Hanya itu saja,” ujar Jokowi di Lapangan Masjid Al-Djunaid, Pekalongan (8/1/2017).

Sesungguhnya tak hanya berlaku untuk PNBP seperti biaya pengurusan STNK dan BPKB semata yang memang pada awal tahun ini mengalami penyesuaian. Terhadap semua kebijakan yang mengharuskan adanya penyesuaian tarif dan penerimaan bagi negara, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mewanti-wanti jajarannya agar melakukan penghitungan yang sangat cermat sebelum memutuskan penyesuaian. Hal tersebut dimaksudkan agar penyesuaian tersebut tidak terlalu memberikan beban yang terlampau besar bagi masyarakat.

“Apapun selalu saya sampaikan, kalkulasinya, perhitungannya itu harus semuanya dikalkulasi. Dan saya kira yang sekarang ini diramaikan ialah masalah biaya STNK. Tapi kan banyak yang tidak mengerti, belum juga bayar STNK, hanya mengomentari saja. Perlu saya tegaskan bahwa yang naik adalah biaya administrasi STNK dan BPKB,” ujar Jokowi.

Meski demikian, terkait dengan penyesuaian biaya administrasi STNK dan BPKB tersebut, Ia memastikan bahwa penyesuaian tersebut semata-mata bertujuan untuk memberikan pelayanan yang jauh lebih baik kepada masyarakat. Apalagi ditambah dengan fakta bahwa biaya administrasi tersebut tidak pernah mengalami penyesuaian sejak 2010 silam. Ia pun menjanjikan bahwa dirinya akan mengawal langsung perbaikan pelayanan dimaksud.

“Kenaikan itu bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat, yang lebih baik. Karena memang sejak 2010 di Polri belum pernah melakukan penyesuaian tarif. Saya kira setiap kenaikan itu akan saya ikuti untuk memastikan bahwa pelayanannya juga lebih baik dan lebih cepat,” pungkasnya. [azr]

Continue Reading

Eduoto

Ini Alasan Pemerintah Menaikan Biaya Administrasi STNK

Published

on

Edupublik.com, Jakarta – Pemerintah menaikan biaya administrasi pengurus STNK, SIM, dan BPKB. Beberapa poin peningkatan layanan menjadi keuntungan yang didapat masyarakat akibat kenaikan ini. Di sisi lain, biaya yang dibayarkan juga digunakan untuk peningkatan insentif petugas yang bertugas di Samsat dan Satpas.

“Perlu penyesuaian dengan insentif. Nah ini berkaitan dengan akuntabilitas transparansi petugas-petugas kita untuk meminimalisir pungli itu kita harus sesuaikan insentifnya,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta (6/1/2017).

Dengan adanya peningkatan insentif, tidak boleh lagi petugas mengutip biata tambahan dari masyarakat. Tambahan insentif ini juga bisa dijadikan alasan agar petugas terus meningkatkan pelayanan.

“Setelah kita penuhi, maka kewajibannya kita tuntut. Jadi tidak boleh lagi ada korupsi dari pelayanan publik. Ini jadi sesuatu harapan yang kita perjuangkan,” imbuh Boy.

Selama ini, petugas yang berdinas di Samsat dan Satpas mendapat insentif Rp 300 ribu per bulan. Sedangkan dengan adanya aturan ini, Polri belum menentukan nilai insentif yang akan diterima.

“Konsep yang baru ini masih belum dibicarakan dengan Kementerian Keuangan artinya belum difinalkan berapa konsep honor dengan adanya perubahan PNBP ini tapi gambarnya itu Rp 350 ribu per bulan,” jelas Boy.

Peningkatan biaya ini juga diikuti oleh pengawasan internal yang semakin ditingkatkan. Boy menargetkan pada Korps Lalu Lintas Polri untuk mencapai zero korupsi.

“Itu keinginan harus diyakini dan dilaksanakan untuk tercapainya suatu pelayanan publik yang akuntabel dan transparan,” pungkas Boy. [rizky]

Continue Reading

Eduoto

Kapolri : Kenaikan Tarif STNK Usulan DPR

Published

on

Edupublik.com, Jakarta – Kenaikan tarif STNK menuai berbagai kritik. Nilai kenaikan biaya yang terbilang besar membuat masyarakat resah. Di sisi lain, Presiden Joko Widodo juga mempertanyakan kenaikan itu.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, kenaikan ini berkaitan dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Kenaikan. Tarif ini juga merupakan bagian dari usulan Komisi III DPR dan Badan Anggaran DPR.

“Itu kan sudah lintas sektoral dan sudah dibicarakan cukup panjang dengan komisi III dan Banggar. Itu usulan itu banyak juga dari banggar. Intinya adalah untuk pelayanan publik lebih baik,” kata Tito di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Tito menjelaskan, sudah 6 tahun tidak ada kenaikan biaya padahal di waktu bersamaan harga material dalam mengurus perpanjangan surat-surat itu terus merangkak naik. Di sisi lain, peningkatan pelayanan berupa sistem pengurusan online juga sangat mempermudah warga.

Sebut saja pengurusan SIM. Dengan sistem online, masyarakat tidak perlu pulang ke Papua hanya untuk memperpanjang SIM. Bila dibandingkan dengan kenaikan tarif dengan ongkos pulang ke Papua tentu sangat jauh berbeda.

“Pulang pergi Rp 5,6 juta. Iya kan, dia harus perpanjang Rp 5,6 juta. Tapi sekarang kalau dengan SIM, dia online, dia bisa perpanjang ke Daan Mogot dengan bayar uang yang standar, sekitar Rp 200 ribu. Jadi bisa hemat dengan banyak dengan sistem online,” jelas Tito.

Hal serupa juga berlaku untuk STNK. Mantan Kepala BNPT itu menilai sistem online ini bisa menghindari penyalahgunaan wewenang karena biaya yang dibayarkan masyarakat langsung melalui bank.

“Otomatis biaya tambahan yang lebih dari itu membuat STNK motor diminta lebih dari itu dengan sekarang online yang kita buat otomatis akan bayar ke bank akan kurangi beban biaya tambahan,” imbuh Tito.

Aturan ini akan diberlukan pada Januari 2017. Jakarta dipilih menjadi pilot project dari aturan ini. Peningkatan pelayanan ini sebagai pengembangan dari sistem online pada SIM yang sudah berjalan dan diikuti oleh sistem e-tilang.

“Januari ini sudah mulai pilot project di jakarta. Kemudian setelah itu berkembang ke polda lain. Sama dengan SIM kan. SIM ini sudah online hampir di 33 kota kalau enggak salah. Nah kemudian e-tilang, elektronik tilang sudah enggak boleh lagi bayar ke polisi di jalan ke pengadilan. Kita butuh waktu tenaga, dengan e-tilang ini kita cukup bayar di bank selesai urusan,” pungkas Tito. [rizky]

Continue Reading

Eduoto

Standar Khusus Armada Bus Transjakarta

Published

on

Edupublik.com, Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana membuat standar atau klasifikasi khusus untuk seluruh armada bus yang akan dipesan dan dioperasikan di wilayah ibukota.

“Sekarang ini, kami sedang menyiapkan standar khusus untuk bus-bus yang akan dipesan kedepannya, terutama dari segi fitur keamanan,” kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono di Balai Kota, Jakarta Pusat, (14/12/2016).

Menurut dia, salah satu standar khusus terkait segi keamanan tersebut, yakni sistem perkabelan yang lebih baik serta fitur tombol darurat dengan sistem pemutus daya untuk meningkatkan keamanan selama berkendara.

“Khusus untuk sistem perkabelan, kami akan buat standar khusus atau wiring system yang terintegrasi dengan mesin bus, badan bus dan pendingin ruangan (AC). Dalam hal ini, kami libatkan sejumlah pabrik karoseri,” ujar Budi.

Dia menuturkan seluruh bus Transjakarta yang dipesan nantinya juga harus dilengkapi dengan tombol darurat untuk pemutus data. Sehingga, apabila terjadi suatu kondisi gawat darurat, dapat diminimalisir dampaknya.

“Tombol darurat itu diletakkan di tempat yang mudah dijangkau, baik oleh pramudi maupun petugas on board, yaitu di ruang kabin, ruang mesin dan sumber daya aki, sehingga arus listrik bisa diputus dengan cepat,” tutur Budi.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan standar tersebut dirancang mengingat bus-bus Transjakarta dipesan dari berbagai merk dan karoseri yang berbeda, sehingga dibutuhkan suatu standar yang sama.

“Selanjutnya, kami juga berencana mengusulkan standar tersebut kepada Kementerian Perhubungan. Sehingga diharapkan nantinya tidak hanya menjadi standar untuk bus Transjakarta saja, tetapi juga untuk bus-bus lainnya,” ungkap Budi. [RY-1]

Continue Reading

EduOto

Eduoto2 minggu lalu

PMJ ingatkan Cara Aman Mudik Bagi Pengendara Sepeda Motor

EDUPUBLIK.COM, JAKARTA – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombespol Argo Yuwono mengingatkan cara aman mudik yang menggunakan sepeda...

Eduoto4 bulan lalu

Benarkah Calon Pembeli Tesla Berpaling Ke Chevrolet Bolt, Ini Penjelasannya

EDUPUBLIK.COM, SAN FRANCISCO – Mobil listrik dari General Motors, Chevrolet Bolt, mendapatkan angin segar menyusul terus tertundanya produksi Tesla Model...

Eduoto4 bulan lalu

SUV termewah Mazda Mengaspal di Bandung, Ini Targetnya

EDUPUBLIK.COM, BANDUNG – Distributor resmi Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), mulai memasarkan SUV termewah dalam jajaran produk...

Eduoto5 bulan lalu

Sukses Memperkuat Penjualan, IGNIS Tampil Istimewa

EDUPUBLIK.COM, Bandung – Peluncurannya pada April 2017 lalu mencuri perhatian pencinta otomotif di Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki...

Eduoto1 tahun lalu

MCI Siap Promosikan Pariwisata dan Budaya Indonesia melalui Touring

Edupublik.com, Jakarta – Ketua Moge Club Indonesia (MCI) Brader Indra menyatakan di Tahun 2017 ini MCI akan mengadakan Tour Pariwisata...

Eduoto1 tahun lalu

Ini Kata Jokowi Terkait Tingginya Biaya Administrasi STNK

Edupublik.com, Pekalongan – Presiden Jokowi menepis sejumlah anggapan yang beredar bahwa terjadi kesimpangsiuran informasi yang masuk kepadanya terkait dengan penyesuaian...

Eduoto1 tahun lalu

Ini Alasan Pemerintah Menaikan Biaya Administrasi STNK

Edupublik.com, Jakarta – Pemerintah menaikan biaya administrasi pengurus STNK, SIM, dan BPKB. Beberapa poin peningkatan layanan menjadi keuntungan yang didapat...

Eduoto1 tahun lalu

Kapolri : Kenaikan Tarif STNK Usulan DPR

Edupublik.com, Jakarta – Kenaikan tarif STNK menuai berbagai kritik. Nilai kenaikan biaya yang terbilang besar membuat masyarakat resah. Di sisi...

Eduoto2 tahun lalu

Standar Khusus Armada Bus Transjakarta

Edupublik.com, Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana membuat standar atau klasifikasi khusus untuk seluruh armada bus yang akan dipesan...

Terpopuler