Connect with us

Edu Health

Rahasia Panjang Umur Masyarakat Jepang

ilustrasi/foto source: via twitter

EDUPUBLIK.COM – Data WHO tahun 2017 menunjukan bahwa penduduk Jepang memiliki angka harapan hidup yang paling tinggi diseluruh dunia.

Para wanita di Jepang rata-rata memiliki angka harapan hidup dengan rata-rata 86,6 tahun; sedangkan pria jepang memiliki angka harapan hidup rata-rata 80,5 tahun.

Sebuah studi oleh Kayo Kurotani yang dipublikasikan tahun 2016 di British Medical Journal (BMJ) menemukan bahwa asupan makanan penduduk Jepang memiliki peran penting dalam menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Tingkat obesitas ditemukan hanya pada 3,5% dari total penduduk negara Jepang. Tingkat kanker payudara, kanker prostat, dan penyakit jantung pun juga lebih rendah dibandingan dengan populasi dunia.

ilustrasi/foto source: via twitter

Apa sebenarnya yang jadi rahasia umur panjang mereka? Berikut adalah beberapa kebiasaan ala Jepang yang bisa Anda adaptasi untuk dipraktekkan sehari-hari:
.
Pengaturan Pola Makan dan Masakan

Makanan tradisional Jepang sangatlah sederhana, yakni dengan direbus, dipanggang, atau ditumis sebentar.

Dengan cara masak seperti ini, makanan tidak akan melalui proses panjang memasak sehingga kerusakan yang terjadi maupun radikal bebas yang terbentuk dari setiap proses memasak akan menjadi sangat minimal.

Masyarakat Jepang juga cenderung memperhatikan estetika dan makanan disajikan dalam porsi kecil.

Selain itu, di Jepang konsumsi karbohidrat selain nasi sangat bervariasi; di antaranya udon / soba (jenis mie), dan roti gandum.

Kebiasaan ini membantu mengurangi asupan karbohidrat berlebihan pada tubuh sehingga mencegah obesitas, diabetes dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Teh hijau

Penduduk Jepang memiliki kebiasaan mengonsumsi teh hijau tanpa gula setiap hari. Teh hijau mengandung flavonoid, suatu kandungan dengan sifat antikarsinogenik dan antioksidatif.

Kebiasaan inilah yang diduga menjadi salah satu kunci untuk menurunkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan kanker.

Konsumsi Ikan dan Tofu

Menu ikan dan tofu (di Indonesia kita kenal dengan sebutan tahu) paling sering dijumpai di masyarakat Jepang.

Ikan merupakan sumber makanan ting0gi asam lemak Omega 3 yang penting untuk kesehatan otak dan jantung.

Sedangkan tahu merupakan sumber isoflavon tinggi yang baik untuk mekanisme hormon wanita dan bermanfaat dalam menurunkan risiko osteoporosis.

Aktivitas Fisik

Masyarakat Jepang lebih menyukai transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi karena pajak kendaraan bermotor yang cukup besar. Selain bersepeda, mereka juga rutin berjalan kaki dan berekreasi ke alam bebas.

Selain itu, Jepang memiliki tradisi “rajio taiso”, yaitu suatu rutinitas senam radio setiap pagi. Mayoritas anak-anak dan lansia ikut perpartisipasi.

Manfaatnya adalah peningkatan kesehatan bagi partisipan, di samping fleksibilitas dan fokus yang lebih baik disekolah serta jembatan komunikasi antar generasi.

Jadi jika Anda tertarik untuk hidup sehat demi umur panjang, yang harus Anda lakukan hanyalah mengubah sedikit gaya hidup Anda.

Sebagian besar dengan mengonsumsi makanan yang tepat, porsi kecil, ditambah dengan teh hijau tanpa gula dan jangan lupa meningkatkan aktivitas fisik dengan berolahraga. [mey]

Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EduOto