Connect with us

Edu Bisnis

Salurkan Kebutuhan Pendanaan UMKM, Ralali Kolaborasi dengan Partner Fintech

photo ilustrasi: ralali.com

JAKARTA – VP of Partnership & Monetizing Ralali.com, Alvin Aulia Akbar menyatakan Saat ini Ralali.com telah membantu pendanaan untuk pemenuhan kebutuhan bisnis lebih dari 200 UMKM yang tersebar di seluruh Jabodetabek dengan nilai setara Rp 3,2 miliar hanya dalam waktu sekitar 2 bulan.

Kolaborasi akses pendanaan bagi UMKM ini dimulai oleh penyediaan pinjaman modal bagi Sahabat Ralali.com (sebutan untuk buyer) di kategori usaha bangunan dan konstruksi, melalui kolaborasi antara Ralali.com sebagai platform, Pratama Supermarket sebagai supplier, Invoila dan Gradana sebagai fintech partner.

“Kerjasama dengan berbagai partner di sektor fintech agar dapat mempermudah pelaku UMKM mendapatkan akses pendanaan untuk mengembangkan usaha mereka,” ujar VP of Partnership & Monetizing Ralali.com, Alvin Aulia Akba, melalui keterangannya, di Jakarta Jumat, (19/07/2019).

“Akses pendanaan ini dimulai untuk pelaku usaha kategori bangunan dan akan terus dikembangkan untuk kategori segmen yang ada di platform Ralali.com yaitu industri jasa makanan, usaha perkantoran, usaha otomotif, kebutuhan FMCG dan untuk general merchandises,” Dia menambahkan.

Dia mengatakan, Pratama Supermarket Bahan Bangunan sebagai supplier sejak 2016 dan juga merupakan mitra pertama Ralali.com untuk proyek pendanaan kebutuhan usaha material ini telah mendapatkan 11 leads untuk UMKM dari segmen konstruksi dan bahan bangunan sejak Mei 2019.

“Keuntungan yang diperoleh Sahabat Ralali.com adalah dapat memperoleh pinjaman pendanaan maksimal hingga Rp 2 miliar selama satu tahun untuk pembelian produk-produk kebutuhan material di Pratama Bangunan Supermarket di Ralali.com,” katanya.

Alvin mengungkapkan, dengan kehadiran dan kemudahaan segala aspek yang ditawarkan Ralali.com melalui fitur bisnis BIG Home, Ralali.com mampu meyakinkan UMKM yang bergerak di segmen konstruksi bangunan guna memajukan bisnis mereka dengan mudah dan transparan.

Dia juga mengatakan, adanya pinjaman modal dari lembaga fintech yang baru bergabung dengan Ralali.com ini menunjukan komitmen bersama perusahaan-perusahaan terkini untuk memajukan UMKM di Indonesia.

Kolaborasi tersebut, lanjutnya, akan menjadi semakin kuat dan berdampak bagi kemajuan UMKM dengan dukungan beberapa fintech partner lainnya seperti BFI, Koinworks dan Investree.

“Solusi yang diberikan Ralali.com untuk pelaku UMKM akan semakin holistik melalui kemudahan bagi para pelaku usaha, baik dari akses pendanaan maupun akses logistik dan akses pemenuhan kebutuhan usaha lainnya. Ralali.com menargetkan dapat membantu lebih banyak UMKM dari berbagai sektor kategori usaha, demi terwujudnya pemberdayaan satu juta UMKM Indonesia di tahun 2019,” tandasnya.

Sementara itu, Dia menyebutkan, pertumbuhan UMKM di Indonesia memiliki potensi yang besar untuk terus digarap dan dikembangkan, dengan berbagai aspek pendukung salah satunya pendanaan.

Fakta di lapangan menunjukan hal yang bertolak belakang, akses pendanaan bagi UMKM di Indonesia masih sangat terbatas, tahun 2018 hanya ada 20% dari total alokasi pendanaan lembaga keuangan yang telah disalurkan kepada pelaku UMKM.

Persentase pendanaan UMKM yang masih rendah ini tidak sebanding dengan dampak yang diberikan UMKM terhadap total PDB Indonesia sebanyak 60.34% dan juga terhadap berbagai sektor lainnya.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Ralali.com dengan beberapa partner pendanaannya ingin memberikan angin segar bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia dengan menghadirkan solusi berupa bantuan modal usaha untuk pelaku UMKM. [ap]

penulis: A Popi Yolanda

editor: toha

Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EduOto