Connect with us

EDUKASI

Soal Esai Pendek UN Ditambah, Begini Penjelasannya

Ilustrasi: ujian nasional

YOGYAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mewacanakan penambahan soal jenis esai pendek selain soal pilihan ganda yang selama ini sudah digunakan dalam Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.

“Jadi, pada pelaksanaan UN mendatang, peserta tidak hanya mengerjakan soal pilihan ganda, tetapi juga ada esai pendek,” ujar Mendikbud Muhadjir Effendy, di Yogyakarta, Sabtu (11/8/2018).

Dia mengatakan, bahwa soal High Order Thinking Skill (HOTS) yang sudah diterapkan pada UN 2018 akan tetap digunakan pada UN mendatang, bahkan kemungkinan dengan persentase yang lebih banyak.

“Selama ini, sudah sekitar 20 persen. Nanti akan ditingkatkan lagi,” katanya.

Sebelumnya, lanjut Dia, soal jenis esai porsinya baru sekitar 10 persen dari total soal ujian sekolah. Sebagian besar soal masih soal pilihan ganda.

Dia mengatakan, soal pilihan ganda tidak akan membuat siswa atau peserta didik berpikir kreatif karena hanya menjawab soal dengan memilih satu dari beberapa jawaban yang sudah disediakan.

“Padahal, siswa harus dilatih untuk terus kreatif, berpikir out of the box agar bisa berkreasi lebih baik di masa yang akan datang. Sisi kreativitas seseorang ini sangat penting untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan di lingkungan sekitarnya,” katanya.

Saat ini, lanjut dia, Pemerintah terus mengupayakan pengembangan pendidikan di berbagai bidang keterampilan yang berhubungan dengan sisi kreativitas masyarakat.

“Pendidikan keterampilan bidang kelautan atau kemaritiman, perhotelan dan pariwisata, pertanian serta industri kreatif, terus kita kembangkan dan upayakan,” tandasnya. [ant]

Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EduOto