Connect with us

Edu Health

Susi Pudjiastuti Iringi Jokowi Jenguk Solihin GP – Pakailah Kebaya, Rambut Tidak Boleh Merah …

edupublik.Com, Bandung – Seturut Presiden Joko Widodo (Jokowi), menjenguk sesepuh Jawa Barat Solihin GP (92) pada Sabtu, 24 Juni 2017 di Cisitu Kecamatan Coblong Kota Bandung, tiba lebih dulu Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti.

Susi di kediaman Solihin GP yang akrab disapa Mang Ihin, mendampingi Presiden Jokowi kala menjenguk mantan Gubernur Jawa Barat ini. Diketahui sejak lama. Susi punya kedekatan khusus dengan keluarga Mang Ihin, terutama dalam hal aktivitasnya dibidang lingkungan hidup dan sosial-kemasyarakatan.

Paling fenomenal, Mang Ihin dan isteri mengantar Susi kala dilantik sebagai menteri Kelautan dan Perikanan oleh Presiden Jokowi. Susi pun kerap hadir dalam berbagai acara keluarga Mang Ihin. Terakhir, ia hadir pada acara ulang tahun Solihin GP ke-91.

Susi saat ditemui wartawan di rumah Mang Ihin, berucap:”Saya sama Pak Solihin sudah kenal baik dari dahulu. Yang mengantar saya dilantik jadi menteri Kelautan dan Perikanan juga kan Pak Solihin GP,” paparnya.

Menurut Susi sosok Solihin GP adalah tokoh besar bagi Jawa Barat, bahkan nasional. Kharisma Solihin masih terpancar kuat di Jawa Barat dan nasional.

“Pak Solihin masih sangat kuat peranannya sebagai pemersatu di Jawa Barat. Saya pikir secara nasional juga diakui sebagai salah satu tokoh yang konsisten, integritasnya tinggi. Bapak bangsa yang saya pikir saat ini luar biasa. Masih didengar dan masih punya kharisma. Masih punya keteguhan,” jelas Susi.

Jaga NKRI !

Susi juga mengatakan Solihin termasuk orang yang selalu mengingatkan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini pun disampaikan Solihin dalam pertemuan tersebut.

“Pesan-pesannya kita harus jaga NKRI, Pancasila. Itu yang utama saya dengar. Harus sayang dan cinta pada rakyat, harus empati pada rakyat. Hidup konsumtif harus disetop, karena itu yang membuat orang menjadi mudah korupsi. Itu pesan-pesannya,” katanya.

Wanita yang lahir di Pangandaran tersebut, mengaku diberi nasehat oleh Mang Ihin, untuk tidak boleh gagal dalam mengemban tugas sebagai menteri. “Dengan pesan gak boleh gagal (sebagai Menteri), harus pakai kebaya, terus rambut tidak boleh merah,” ungkap dia.

Kata Susi dalam pertemuan dengan Jokowi, Solihin banyak menyampaikan pesan tentang persatuan bangsa. Bahkan ada sesi khusus yang sifatnya pembicaraan pribadi antara Jokowi dan Solihin. Susi mengaku tidak ikut dalam perbincangan yang sifatnya pribadi tersebut. (SA/HS)

 

Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EduOto