Connect with us

Nasional

UPDATE: Tsunami Selat Sunda, 373 Tewas, 1.459 Luka-luka dan 128 Orang Hilang

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus memperbarui jumlah korban akibat tsunami di Selat Sunda. Info terkini sebanyak 373 orang meninggal, 1.459 orang luka-luka, 128 orang hilang dan 5.665 orang mengungsi.

“Data sementara dampak bencana tsunami yang menerjang pantai di Selat Sunda hingga Senin (24/12) pukul 17.00 WIB, tercatat 373 orang meninggal dunia,” kata Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (24/12/2018).

Kerugian fisik akibat tsunami, lanjutnya, meliputi 681 unit rumah rusak, 69 unit hotel dan villa rusak, 420 unit perahu dan kapal rusak, 60 unit warung dan toko rusak serta puluhan kendaraan rusak.

“Tim SAR gabungan terus melakukan penyisiran, evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban bencana tsunami di sepanjang daerah terdampak landaan tsunami di Selat Sunda,” katanya.

Dia mengatakan, beberapa daerah yang sebelumnya sulit dijangkau karena akses jalan rusak dan tertutup oleh material hanyutan tsunami, kini sebagian sudah dapat  dijangkau petugas beserta kendaraan dan alat berat.

“Hal itu menyebabkan korban terus ditemukan oleh petugas tim SAR gabungan,” kata dia.

Dia mengatakan dampak bencana tsunami Selat Sunda melanda daerah pesisir di pantai barat Provinsi Banten yaitu Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang dan di pantai selatan Provinsi Lampung meliputi Kabupaten Lampung Selatan, Tanggamus dan Pesawaran. [ant]

EDUPUBLIK- BERITA TERBARU INDONESIA, DUNIA DAN PENDIDIKAN

Comodo SSL
Klik untuk komentar

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EduOto