Site icon EDUPUBLIK – Media Edukasi Indonesia

Anwar Ansori Mahdum Khatib Salat Idul Adha: Tujuh Prinsip Kesadaran Dalam Kehidupan

Bekasi, edupublik.com – Tujuh prinsip kesadaran dalam kehidupan, itulah tema khotbah pada pelaksanaan Salat Idul Adha di Mesjid Jami’ Al Furqon Kota Harapan Indah (KHI) Kota Bekasi, senin (12/09/2016), khotbah tersebut dibawakan oleh Ustad Anwar Ansori Mahdum. Anwar Ansori menyampaikan materi khotbahnya dihadapan jamaah sholat Idul Adha bahwa pentingnya 7 prinsip kesadaran dalam bermasyarakat yang harus dipahami oleh umat Islam.

syeikh Ahmad Athailah mengatakan, ada dua kedudukan manusia dalam mengarungi hidup ini. pertama sebagai ‘Abid (penghamba) kepada ma’budnya (yang dihamba). dan Abid ini gelarnya adalah Abdullah (hamba Allah). kedua sebagai sesama hamba Allah dengan tugas menyelamatkan pemberian Allah dari kerusakan dan kemusnahan, gelarnya adalah khalifatullah.

tujuh prinsip yang harus direalisasikan agar kita mampu memaknai hidup dan menjalani hidup dengan penuh keyakinan dan keberkahan antara lain:

  1. Tujuan hidup kita adalah mencari ridho Allah SWT
  2. Fungsi Hidup kita adalah Khalifatullah
  3. Tugas hidup kita adalah hanya beribadah kepada Allah
  4. Pedoman hidup kita adalah Firman Allah (Al Qur’an)
  5. Tauladan hidup kita adalah Sunnah Rasulullah
  6. Alat hidup kita adalah Kenikmatan yang diberikan Allah SWT, dan
  7. Teman hidup kita adalah orang-orang yang selalu  berjuang di jalan Allah

dan pada akhirnya hidup akan memiliki arti apabila kita mampu menyadari secara hakiki bahwa dunia tempat kita berpijak adalah amanah dari Allah SWT yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk diri dan keluarganya dikemudian mempertanggung jawabkan di akhirat nanti, kata ustad Anwar Ansori.

diakhir khotbah Anwar Ansori mengajak seluruh jamaah Sholat Idul Adha di mesjid Jami’ Al Furqon menundukkan kepala untuk memaknai hidup dan kehidupan. sebab dunia adalah proses singkat dalam menuju kehidupan yang abadi. kata ustad Anwar Ansori.

(WA)

 

 

Exit mobile version